Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Mi6 Nilai Tiga Langkah Manuver Ketua DPD PDIP NTB Kental dengan Pesan


Direktur Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6, Bambang Mei Finarwanto, SH

Mataram, Bimakini.- Mi6 menilai tiga langkah manuver Ketua DPD PDIP NTB , H Rachmat Hidayat akhir-akhir ini merupakan pesan politik yang tidak sederhana  dari sisi front stage. Hal ini bisa dilihat dari serangkaian momentum  yang terjadi.

Meskipun manuver yang dilakukan oleh petinggi PDIP NTB seolah-olah tidak berkaitkan satu sama lain, tetapi Mi6 memandang rangkaian tetrikal politik yg diperagakan politisi gaek  H Rachmat Hidayat sesungguhnya satu rangkaian yang tak terpisahkan,  kental bermuatan pesan humanis dan saling memanusiakan.

“PDIP NTB sedang  memberikan pesan sekaligus teka teki moral dan politik dengan cara yang tidak biasa. Hal ini tentu ( baca : message PDIP ) hanya dipahami oleh politisi yang paham maksud,” kata Direktur Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6, Bambang Mei Finarwanto, SH melalui siaran pers , Rabu ( 5/1/22) .

Menurut laki-laki yang akrab disapa didu mengatakan, ayunan  manuver Ketua DPD PDIP NTB , H Rachmat Hidayat yang tidak sederhana dipahami yakni,  pertama pada medio pertengahan desember 2021 saat hadir di kantor Bupati Lombok Tengah dengan baju merah khas Partai untuk mendengarkan aspirasi dan ucapan terima kasih dari masyarakat Lombok Tengah kepada Presiden Jokowi dan Megawati Soekarno Putri terkait perhatian Jakarta kepada Lombok Tengah, termasuk Pembangunan Sirkuit Mandalika.

Didu menambahkan dihadapan petinggi lombok tengah ( Bupati, wakil bupati, ketua DPRD loteng beserta puluhan Tuan Guru ), Mantan Bupati Lombok Tengah, H Suhaili secara tegas mengulas kronologi secara terang benderang dan  dramatis bagaimana Jasa dan Perhatian Pemerintahan Jokowi dan Megawati Soekarno Putri untuk masyarakat dan pembangunan di Lombok Tengah.

“Tentu Penyampaian aspirasi dan ucapan terima kasih elemen masyarakat lombok tengah kepada Jokowi dan Megawati tidak berdiri sendiri dan bebas nilai. Pasti ada peristiwa yang melatarbelakanginya. Seolah-olah Lombok Tengah ingin meluruskan  kisah sejarah yang sesungguhnya agar publik tidak a historis dan mudah dikelabui oleh aneka pencitraan yang melupakan tonggak awal,” ucap Dir Mi6.

Direktur Mi6 menambahkan Sebagai Politisi Gaek , H Rachmat Hidayat dan Mantan Bupati Lombok Tengah Suhaili yang paham kisah,  tentu tidak ingin sejarah masa lalu  lombok tengah terkait mandalika resort , dan lain-lain dilupakan dan dinafikan oleh sajian aneka drakor politik ( drama korea ) oleh berbagai kepentingan  sesaat.

“Para pemangku Lombok Tengah dan Ketua PDIP NTB sesungguhnya hanya ingin sejarah diluruskan agar off sidenya tidak keterusan,” imbuhnya.

Selanjutnya didu mengatakan ayunan langkah Ketua DPD PDIP NTB H Rachmat Hidayat Kedua yakni saat menghadiri undangan Pelantikan Ketua DPD Partai Gerindra NTB yang baru HL Pathul Bahri tanggal 29 Desember 2021 silam. Ternyata diacara tersebut H Rachmat Hidayat menjadi satu satu Ketua Partai yg menghadiri acara pelantikan tersebut. Menariknya lagi dalam acara tersebut di declare masuknya gerbong NW Anjani dalam Lokomotif Partai Gerindra NTB. Hal ini ditandai dng masuknya petinggi NW dalam kepengurusan Partai Gerindra NTB.

“Kehadiran H Rachmat Hidayat sebagai simbol PDIP diacara Pelantikan Pathul Bahri bisa jadi merupakan sinyal awal tentang koalisi politik linear antara Gerindra dan PDIP menyongsong kontestasi elektoral 2024 mendatang,” ujar mantan ketua Eksekutif Daerah Walhi NTB.

Didu melanjutkan, dalam momentum tersebut seolah-olah Gerindra dan PDIP NTB ingin memberikan message di awal kepada publik bahwa koalisi Gerindra dan PDIP kedepan tidak terpisahkan dan tidak tergoyahkan menyambut pesta demokrasi 2024.

“Sebagai Partai yang sama-sama menyusung platform Nasionalis , koalisi Gerindra dan PDIP nantinya  lebih mudah merawatnya dari benturan perbedaan maqom ideologi,” Kata didu sembari menambahkan jika koalisi linier Gerindra dan PDIP dalam Pilkada serentak di NTB terjadi, target pragmatisnya menciptakan koalisi ramping untuk mengurangi / menekan beban cost politik.

Manuver ketiga  H Rachmat Hidayat saat di awal tahun 2022 memberikan Kado yang indah mengapresiasi Kinerja  Kepempinan Walikota , H Mohan Roliskana yang juga Ketua DPD Partai Golkar NTB. Statement Ketua DPD PDIP NTB yang ujug-ujug memberikan  penilaian positif untuk Mohan Roliskana dari Perspektif moral dan politik sudah pasti akan berdampak menaikkan citra baik pemimpin kota mataram dimata publik.

“Apalagi dalam konstestasi pilkada kota mataram 2020 silam , PDIP dan Golkar saling berhadapan mengusung calon kepala daerah yang berbeda,” Kata Didu.

Lebih jauh Didu mengulas melalui statementnya tersebut H Rachmat Hidayat ingin fairness dan adil dalam melakukan penilaian terhadap kinerja baik Mohan Roliskana yang luput dari atensi dan perhatian publik.

“Kado awal Tahun statement Ketua PDI NTB ini sedang memberikan spirit moral kepada kepemimpinan Mohan Roliskana yang mampu move on dan menghilangkan dendam politik dalam memimpin kota,” ungkap Direktur Mi6

Selanjutnya tiga Langkah Politik PDIP NTB ini tentu tidak akan berhenti dan pasti akan mendapat kontraksi politik  untuk mengimbanginya.

“Bisa jadi akan ada rangkaian parabellum sebagai perimbangan bandul politik agar publik mendapatkan second opini, dari sudut pandang yang berbeda, ” imbuhnya.

Terakhir didu mengatakan tiga langkah ataupun manuver ketua pdip ntb bisa ditafsirkan sebagai upaya PDIP membangun persepsi politik yg baik di mata publik ditengah apatisme dan persepsi negatif masyarakat terhadap praktek politik yang terjadi.

“PDIP sadar bahwa publik perlu disadarkan pencerahannya agar mindsetnya tidak mudah  menyederhanakan masalah dengan melakukan stigma yg kontra produktif terhadap perbedaan,” tandas didu sembari mengatakan tiga langkah PDIP bisa juga ditafsirkan bagaimana sesama Partai berideologi Nasionalis , PDIP sedang merawat dan menyemai kebersamaan dalam menyongsong Kepeminpinan Masa Depan dlm konstestasi 2024.. (BE04)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Politik

Mataram, Bimakini.- Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6 haqqulyakin, H Zulkieflimansyah dan Hj Sitti Rohmi Djalilah, akan kembali berpasangan dan melenggang mulus dalam perhelatan...

Politik

Mataram, Bimakini.- Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6 menilai kemunculan paket H Mahmud Abdullah dan Abdul Rofiq atau pasangan MOFIQ di Pilkada Kabupaten Sumbawa...

Politik

Mataram, Bimakini.- Lembaga kajian sosial politik mi6 memprediksi Pemilihan Gubernur [ Pilgub ] NTB, November 2024 akan diwarnai perang bintang kader parpol yang maju...

Politik

Sumbawa Besar, Bimakini.- Satukan tekad songsong Kemenangan Pilpres dan Pileg 2024, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Nusa Tenggara Barat...

Politik

Mataram, Bimakini.- Lembaga Kajian Sosial dan Politik NTB, Mi6 menilai sudah saatnya para Kepala Desa di Bumi Gora tampil di panggung Pilkada NTB 2024....