Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Penanganan Terorisme, BNPT Rencana  Bangun Kawasan Terpadu Nusantara di Bima

Pertemuan BNPT Wilayah NTB dengan Pemda Bima.

Bima, Bimakini.- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Wilayah NTB dan Pemerintah Kabupaten Bima membahas Pembangunan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN), Senin (31/1/2022). Pembahasan dilakikan Kepala BNPT NTB,  Letkol (Sus)  Harianto dan Sekda Kabupaten Bima, Drs H Taufik HAK, MSi.

Pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat Sekretaris Daerah dihadiri juga Sub Koordinator Pelaporan BNPT, Eddy Purwanto.

Tatapmuka tersebut secara khusus membahas pembangunan KTN sebagai salah satu bentuk upaya penanggulangan radikal terorisme melalui pendekatan lunak (soft approach). Wadah ini sebagai  wadah kolaborasi dan terbukanya kemitraan terpadu dalam penanggulangan terorisme dari hulu ke hilir.

Pada Pertemuan tersebut Sekda didampingi Kepala Badan  Kesbangpol kabupaten Bima, Drs. H. Arifudin dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda.

Sekda  Kabupaten Bima, Drs H Taufik HAK, MSi mengatakan, dalam upaya deradikalisasi dan mengurangi paham radikal terorisme, maka pemerintah daerah dan semua pihak perlu merangkul semua elemen yang terpapar faham tersebut untuk membangun daerah. Berkaitan dengan hal ini Badan  Kesbangpol diminta untuk meningkatkan pembinaan kepada masyarakat dan juga pada saat yang sama melakukan pengawasan.

“KTN merupakan satu langkah strategis untuk  meminimalisasi radikalisme. Oleh karena itu pihak-pihak terkait, baik pemerintah daerah, BNPT maupun perangkat daerah terkait perlu duduk bersama agar implementasi program KTN ini dapat berjalan efektif sesuai harapan dan juga dipahami oleh masyarakat. Dengan demikian maka perlu pendekatan humanis dan pembinaan berkelanjutan serta pendampingan di tingkat masyarakat yang terpapar agar mereka memahami pendekatan yang dilakukan,” ujarnya.

Kasubag Satgas Letkol Harianto mengatakan, sinergitas antar kementerian dan lembaga yang telag dibangun BNPT dimulai pada tahun 2016 dengan 17 kementerian dan hingga tahun 2020 telah mendapatkan dukungan penuh 38 kementeriaan/lembaga melalui realisasi 478 kegiatab pada 14 daerah kabupaten/kota di  NTB, Sulawesi Tengah dan Jawa Tengah.

KTN akan dapat dioptimalkan keberadaannya sesuai rekomendasi pemerintah daerah secara sektoral pada beragam aktifitas ekonomo baik pariwisata, peternakan, pertanian maupun sektor ekonomi lainnya. “Belanja (penjajakan) permasalahan dan potensi di tingkat daerah oleh Tim Satgas BNPT merupakan tahapan untuk mensinergikan dengan program di tingkat pusat, mengingat potensi dan dinamika masing-masing wilayah berbeda dan memerlukan pemndekatan yang berbeda pula,” ujarnya. (BE04)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Dit Binmas Polda NTB menggelar kegiatan sosialisasi dengan tema “Bahaya Faham Intoleransi, Radikalisme, Terorisme, dan Faham Anti Pancasila.” Acara ini diadakan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Detasemen khusus (Densus) 88 mengamankan tiga warga Kelurahan Penatoi, Kota Bima, terkait dugaan terorisme, Minggu (19/06/2022). Penangkapan sekitar  Pukul 09 30...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beserta Pemerintah Kabupaten Dompu meresmikan pembangunan Rumah Susun...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Gerimis  tidak menghalangi semangat Suhail, salah satu eks Napiter menjajakkan dagangannya siang menjelang sore hari itu. Terlebih setelah lima tahun silam, ia...

Pendidikan

Bima, Bimakini.-Paham radikalisme dan terorisme yang banyak disalahartikan hingga berujung maut, terus disosialisasikan pihak Polres Bima. Melalui Satuan Binmas-nya, Senin (10/01) kemarin mereka menyasar...