Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Event SMKN 1 Kota Bima Berakhir, Bank Mini Syariah Diresmikan

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, saat menghadiri penutupan kegiatan di SMKN 1 Kota Bima.

Kota Bima, Bimakini.- Event di SMKN 1 Kota Bima Tahun 2022 telah berakhir, Minggu (20/2/2022) kemarin. Berbabagi lomba telah digelar seperti Basket Ball, Senam Gemar Gatra dan Senam Pelajar Indonesia.

Lomba Basket Ball Putra/Putri  diikuti oleh berbagai sekolah baik pada tingkat SMP/MTs maupun tingkat SMA/SMK/MA se Kota dan Kabupaten Bima. Sedangkan Senam Gemar Gatra diikuti oleh sekolah-sekolah pada jenjang SMA/SMK/MA dan Senam Pelajar Indonesia (SPI) diikuti oleh pelajar pada tingkat SMP/MTs se Kota Bima. Penutupan oleh Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, ditandai dengan peresmian Bank Mini Syariah.

Penutupan diisi dengan berbagai atraksi, seperti penampilan Juara Lomba Senam Pelajar Indonesia (SPI), yaitu tim senam SMP Negeri 1 Kota Bima dan atraksi pencak silat SMKN 1 Kota Bima. Walikota dan undangan juga berkesempatan menyaksikan pertandingan grand final lomba Basket Putra antara Tim MAN 2 Kota Bima Vs Tim SMA N 4 Kota Bima, yang dimenangkan oleh MAN 2 Kota Bima.

Penutupan event juga dihadiri oleh Asisten 1 Setda Kota Bima, Dandim 1608 Bima, KCD Bima dan Kota Bima Dikbud NTB, Kepala Bank NTB Syariah KC. Bima, Kepala BNN Bima, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bima, Kapolsek Rasanae Barat, Camat Rasanae Barat, Kepala-kepala sekolah, sponsor, tokoh masyarakat dan undangan lainnya

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE mengapresiasi event yang dilaksanakan dan mengatakan, satu harapan dari pemerintah daerah agar dapat meningkatkan vaksin tahap kedua, mengingat vaksin ditingkat pelajar masih minim. Jangan sia-siakan kesempatan dan waktu untuk melakukan vaksin, karena dengan vaksinasi kita bisa membangun herd immunity di Kota Bima sehingga kita semua dapat mencegah penyebaran Covid-19.

“Ayo para pelajar mari kita sukseskan vaksinasi secara bersama-sama, demi pencegahan virus berbahaya ini, apalagi dengan vaksin kita dapat meningkatkan dan menjaga imun,” katanya dengan mantap.

Sementara ketua panitia Event, Sanaz menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari praktek pembelajaran bagi siswa Usaha Perjalanan Wisata (UPW) untuk Mata Pelajaran Pengelolaan MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) dan Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Melalui event ini kami menerapkan model pembelajaran Production Based Training (Production Based Education and Training).  Event ini juga merupakan kolaborasi antara Pengurus OSIS sekolah dengan UPW Event Organizer serta dukungan dari berbagai sponsor.

“Pelaksanaan Event ini tidak akan terlaksana dengan baik tanpa dukungan dari Kepala SMKN 1 Kota Bima Ibu Ratnah, S. Pi, M. Pd, serta dukungan berbagai sponsor, seperti Bank NTB Syariah, Kampus STIE Bima, Sentral Muslim, Kampus STKIP Tamsis Bima, Good Day, Kampus STISIP Mbojo Bima, Astra Motor Bima, Localate Nutrifood, Kampus STIH Muhammadiyah Bima, Sosro, Kampus STIPAR Soromandi Bima, Dunia Cell, KPRI Ekonomi,  Unit Produksi SMKN 1 Kota Bima dan berbagai pihak lainnya yang mensukseskan pelaksanaan event ini,” kata Sanaz yang merupakan siswa Kelas XII jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW).

Pada kesempatan yang sama, Dandim 1608 Bima Letkol. Inf. Muhammad Zia Ulhaq, S. Sos yang merupakan putra asli Bima juga menyampaikan sambutan sekaligus memotivasi pelajar dan penonton yang menghadiri penutupan event, katanya saya lahir di Tente dan besar di Kota Bima (SD, SMP dan SMA). Dirinya sebelum bertugas sebagai Dandim di Bima sempat bertugas di Jawa, Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatra Utara.

“Saya berharap khusus pada pelajar dan khususnya siswa SMKN 1 Kota Bima, mudah-mudahan ada yang mencalonkan diri sebagai calon TNI dan saya berharap semoga Dandim Bima di masa yang akan datang adalah putra daerah dari Bima,” ujarnya dengan penuh harap.

Pada kesempatan terpisah Adi Hidayat Argubi, SST.Par, M.Si selaku guru mata pelajaran pengelolaan MICE dan Produk Kreatif Kewirausahaan Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dan pembina Event SMK Negeri 1 Kota Bima Tahun 2022 menyatakan bahwa pelaksanaan event ini merupakan implementasi dari praktek pembelajaran siswa UPW kelas XII dan didukung oleh OSIS SMK Negeri 1 Kota Bima.

“Pendekatan model pembelajaran yang saya gunakan melalui event ini adalah model pembelajaran Production Based Training (Production Based Education and Training) sesuai tuntutan Kompetensi Dasarnya, di mana siswa saya arahkan untuk merencanakan produk jasa event MICE untuk exhibition, melaksanakan proses produksi event sesuai dengan rancana yang dibuat dalam proposal event, mengevaluasi produk jasa event yang dilaksanakan, dan mengembangkan rencana pemasaran, baik secara daring maupun luring berbentuk brosur /pamflet atau poster dan kemudian mempresentasikannya. Pengelolaan event dilaksanakan secara profesional layaknya EO profesional, mulai dari pengelolaan venue, tiket masuk, bazar wirausaha, parkir, penjajakan kerjasama sponsor dan sebagainya. Semua penyelenggaraan event dikelola dengan dana dari sponsor dan pemasukan lain, seperti tiket, parkir masuk, dan retribusi lapak-lapak wirausaha yang harapannya ke depan siswa UPW dapat mendirikan usaha jasa Event Organizer profesional sesuai kompetensi keahlian yang dimiliki,” tuturnya bangga. (*/)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Event  Basketball dan Senam Gemar Gatra di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Bima Tahun 2022 berlangsung meriah, Sabtu (5/2/2022)....

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- SMK Negeri 1 Kota Bima terus mengiatkan upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dengan berbagai program peningkatan melalui kepala sekolah baru,...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini. – Siswa SMK Negeri 1 Kota Bima mengukir prestasi hebat dan membanggakan pada ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Provinsi...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- SMKN 1 Kota Bima unjuk prestasi nasional dalam lomba Kihajar STEM Kemendikbud dengan meloloskan enam siswa berprestasi ke tahapan Final 2021....

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Bima, mewakili NTB untuk lomba Kuis Kita Harus Belajar (Kihajar) Sains, Technology, Engineering, and...