Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Tim Puma Polres Bima Gulung Pembobol Ruko di Dore

Pelaku yang diamankan dengan barang bukti.

Bima, Bimakini.-Tim Puma Polres Bima kembali berhasil mengungkap kasus Curat atau Pencurian dengan Pemberatan, pada pelaksanaan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) yang di mulai Minggu (30/1) hingga Senin (31/1) lalu.

Dalam kegiatan tersebut, tim Puma mengamankan terduga pelaku Curat berinisial JD alias Tujuh, warga Dusun Embung Desa Roka Kecamatan Belo Kabupaten Bima.

Kapolres Bima, AKBP Heru Sasongko, SIK, lewat Kasi Humas, Iptu Adib Widayaka, JD diamankan karena mencuri berbagai merek rokok dari dalam Ruko milik salah seorang wiraswasta yang juga warga Desa Dore yang dilakukannya, Sabtu (22/1) sekitar Pukul 02.30 Wita dini hari.

Adib Menuturkan, awalnya korban tidak mengetahui kejadian pencurian tersebut. Namun saat korban masuk di Ruko miliknya, korban melihat etalase tempat penyimpanan rokok tersebut dalam keadaan berantakan.

Korbanpun, lanjutnya, langsung mengecek rekaman CCTV, dan terlihat dalam rekaman CCTV salah satu pelaku yang masuk ke dalam Ruko miliknya melalui atap dengan menggunakan 1 buah tangga, dan membongkar etalase kaca. Pelaku kemudian mengambil dan memasukan tumpuan rokok berbagai merek kedalam karung.

“Berdasrkan rekaman itu juga, pelaku kemudian membawa keluar karung yang berisi barang curian tersebut melalui atap Ruko dengan kembli memanjat tangga,” bebernya.

Usai melihat rekaman CCTV lanjutnya, untuk memastikannya korban memeriksa atap bangunan tersebut dan melihat atap bangunan tersebut dalam keadaan terbuka karena sengnya telah dipotong dan dilipat.

Adib membebernya proses penangkapan tersebut, berawal dari laporan adanya kasus Curat itu, Kasat Reskrim Polres Bima, Iptu Masdidin, SH memerintahkan Tim Puma Polres Bima di bawah kendali Katim Puma, Aiptu Gatot Wahyudin, SH agar melakukan penyelidikan terkait kasus Curat tersebut.

“Setelah itu tim puma melakukan penyelidikan dengan cek TKP dan memeriksa CCTV di TKP. Setelah mengecek CCTV tersebut, Tim Puma melakukan penyelidikan lebih lanjut dengan mencari petunjuk lain. Seperti saksi yang melihat dan atau barang bukti rokok yang dicuri,” urainya.

Beberapa hari kemudian, tepatnya Minggu (30/1), sekitar pukul 18.30 Wita, bertempat di Desa Roi Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima, berdasarkan hasil penyelidikan, Tim Puma mengamankan seorang pria berinisial JN.

Hasil interogasi, JN mengaku telah diajak JD untuk mengantarnya Ke Cabang Dore. Namun JN menolak karena isterinya tengah hamil.

JN pun kembali diajak JD yang kala itu datang bersama temannya, HF Alias FI untuk mengantarkan mereka ke tempat yang sama. Dan untuk kedu kalinya JN kembali menolak.

“Dari hasil penyelidikan dan penyidikan (mendapatkan 2 alat bukti yang cukup) bahwa terduga pelaku Curat tersebut dilakukan oleh saudara JD,” ujar Adib.

JD pun lanjutnya, akhirnya diringkus Tim Puma pada Pukul 22.30 Wita, dan digiring ke Mako Polres Bima. Dari hasil introgasi awal, JD mengaku dirinya telah melakukan pencurian di ruko milik korban bersama dengan rekannya saudara HN. Dan alat yang digunakan oleh pelaku untuk membongkar ruko tersebut yaitu 1 buah linggis dengan panjang sekitar 1,5 meter.

“Tim Puma juga melakukan penggeledahan di rumah terduga, pada Senin kemarin dan menyita dan mengamankan sejumlah barang bukti yang 1 buah linggis, 1 buah karung yang berisi sekitar 140 bungkus rokok berbagai merek,” pungkasnya. IKR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Seorang pria berinisial IM, warga Desa Woro Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima ini, nyaris menjadi bulan-bulanan massa setelah ketangkap basah hendak mencuri Bahan Bakar...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim Puma I Polres Bima mengamankan satu terduga pelaku pencurian handphone beserta barang bukti. Penangkapan dilakukan di Dusun Moti, Desa Soro,...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Kawanan pelaku diduga terlibat dalam aksi pencurian di gudang meubel di wilayah Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, diringkus Personil Unit Reskrim Polsek...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim Opsnal Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) PUMA II Polres Bima Kota berhasil melakukan pengungkapan dan penangkapan terhadap pelaku pencurian dan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim Puma 1 Sat Reskrim Polres Bima Kota berhasil mengungkap dan menangkap dua remaja yang menjadi pelaku pembobolan SDN di Lambu,...