Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Bima RAMAH Berkelanjutan, Salah Satu Prioritasnya Penguatan Karakter dan Literasi

Pertemuan Forum Perangkat Daerah Kabupaten Bima, Senin.

Bima, Bimakini.- Forum Perangkat Daerah Kabupaten Bima tahun 2022 untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 dengan Tema  “Pemanfaatan Sumber Daya Manusia dan Kawasan Strategis untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi yang berkelanjutan berlangsung  Senin –  Selasa (21-22/3/2022) di Gedung PKK Kabupaten Bima.

Forum tersebut mengundang Pimpinan dan Komisi DPRD, Staf Ahli, Asisten, Kepala Perangkat Daerah,  Kabag Setda dan para Camat lingkungan Kabupaten Bima  dan Senin (21/3) dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bima Drs.H.M.Taufik HAK M.Si.

“Untuk menjabarkan Visi mewujudkan Kabupaten Bima RAMAH Berkelanjutan, berapa prioritas rencana kerja pemerintah daerah tahun 2023  mencakup beberapa aspek yaitu penguatan karakter dan peningkatan kemampuan literasi, percepatan pemerataan infrastruktur yang berkualitas, peningkatan kontribusi produktivitas pertanian dan perikanan untuk percepatan penanggulangan kemiskinan  serta perluasan lapangan kerja yang berkualitas,” ujarnya.

Sekda yang juga Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) tersebut mengemukakan,  kebijakan pemerintah tersebut diarahkan untuk mendukung pencapaian 7 prioritas daerah sesuai amanat RPJMD Kabupaten Bima 2021-2026 yaitu menguatkan karakter masyarakat Bima yang religius melalui peningkatan kegiatan keagamaan.

Mendorong terciptanya kondisi masyarakat yang aman dan harmonis serta meningkatkan kontribusi sektor pertanian, peternakan, perikanan dan pertambangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berkelanjutan.
Aspek prioritas lainnya terang Sekda, yaitu pembangunan kawasan pariwisata prioritas, kawasan ibukota kabupaten dan kawasan strategis lainnya untuk percepatan pembangunan dan pengembangan wilayah.

Disamping juga meningkatkan kualitas lingkungan hidup untuk memperkuat mitigasi bencana. Demikian halnya peningkatan tata kelola pemerintahan yang inovatif dan melayani serta  peningkatan daya saing SDM Kabupaten Bima yang sehat dan unggul menjadi prioritas.

Kepala Bappeda  Suwandi ST, MT mengungkapkan, proses perencanaan pembangunan daerah harus terintegrasi antara informasi perencanaan pembangunan, informasi keuangan daerah dan informasi pemerintahan daerah lainnya yang disebut Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

“Integrasi ini penting dalam rangka sinkronisasi dan harmonisasi rencana pembangunan dan rencana keuangan daerah sebagai acuan dalam menentukan arah kebijakan pembangunan daerah,  ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong terwujudnya pencapaian tujuan pembangunan daerah sebagai bagian integral tujuan pembangunan nasional,” kata Suwandi.

Lebih lanjut, Suwandi memaparkan, progres yang sudah dicapai  dalam penyelarasan  semua usulan untuk disesuaikan dengan rencana kerja perangkat daerah sebanyak 1.049 usulan yang sudah diinput dalam SIPD. Untuk mewujudkan keselarasan itu, pemerintah daerah membutuhkan komitmen dari semua pihak termasuk OPD sebagai upaya mewujudkan rencana pembangunan daerah yang berkualitas. (BE04)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Rapat Fasilitasi Penyelesaian Aset, Personel, Pembiayaan, Sarana dan prasarana serta Dokumen (P3D)  Pemerintah Kabupaten Bima kepada Pemerintah Kota Bima  berlangsung Senin (20/6/2022)...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wabup Bima, Drs H Dahlan M Noer, MPd menekankan pentingnya pimpinan unit kerja tanggap terhadap aspirasi  terkait pelayanan publik. “Pimpinan OPD harus...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima menggelar rapat koordinasi (Rakor) penanganan bencana pascabanjir, Ahad (4/4). Rakor dipimpin Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota dan Kabupaten Bima sepakat untuk pembentukan PDAM Regional Bima. Hal itu mengemuka dalam pertemuan Wali Kota Bima, H. Muhammad...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten Bima menghibahkan tanah seluas 4,93 Ha untuk pembangunan Mako Brimob. Lokasinya  di Desa Sanolo, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima. Bupati Bima...