Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Bupati Bima Canangkan Gerakan Seribu Wirausaha Dicanangkan Lewat Program SI PERKASA Plus

Peserta Program Wirausaha Baru.

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE meluncurkan Program Sistem Pelatihan Berbasis Kompetensi, Pendampingan dan Pemberian Sarana dan Prasarana (Si PERKASA Plus), Gerakan Menciptakan Seribu Wirausaha Baru, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima, Rabu (16/3/2022). Kegiatan diikuti 128 peserta di Loka Latihan Kerja (LLK) Kabupaten Bima – Jatiwangi.

“Si Perkasa Plus  merupakan salah satu mimpi dalam visi Bima RAMAH yang Alhamdulilah pada hari ini dapat terwujud atas dukungan seluruh Perangkat Daerah khususnya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi,” ujar Bupati.

Lanjutnya, untuk mewujudkan 1.000 wirausaha ini tidak hanya oleh Disnakertrans. Tetapi juga oleh beberapa OPD antara lain Dinas Perindag,  Dinas Koperasi UMKM dan OPD terkait.

Kadis Nakertrans Kabupaten Bima, Fatahullah S.Pd memaparkan, Si PERKASA Plus mengadopsi kurikulum Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)  dan untuk mencapai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Si Perkasa ditujukan untuk merealisasikan Visi dan Misi Bupati Bima dalam upaya menciptakan 1.000 wirausaha baru, juga upaya mengurangi angka pengangguran yang dengan sendirinya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Pola lainnya adalah kegiatan inkubasi bisnis untuk meningkatkan  kompetensi tenaga kerja yang sudah mempunya bidang usaha. “Setelah mendapatkan kompetensi, para peserta pelatihan akan mendapatkan sarana usaha atau tolkit dan untuk memastikan keberhasilan menjadi wirausaha baru akan didampingi oleh Disnakertrans,” ujarnya.

Untuk memastikan keahlian, peserta akan diberikan kurikulum dengan  70 % porsi  praktek dan 30% teori selama 240 sampai 360 jam atau 43 hari pelatihan. Untuk mengoptimalkan  keahlian peserta dibatasi maksimal 16 peserta per kelas. (BE04)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.-  Anggaran bantuan wirausaha muda yang sempat tertunda tahun 2019 ini dapat direaliasikan tahun 2020. Hanya saja jumlahnya Rp7,5 Miliar. Jumlah itu...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Yayat Chandra Utama, seorang pegawai honorer daerah yang memutuskan  mandiri dan membuka usaha kuliner. Meninggalkan pekerjannya di BPBD Kabupaten Bima yang dijalaninya...

Ekonomi

Bima, Bimakini.com.- Dua tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) telah mendidik sekitar 8.080 wirausa baru. Jumlah itu dari...