Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Kapolres Ingatkan Bhabinkantibmas Harus Dekat dan Diakui Masyarakat

AKBP Heru Sasongko, S.I.K., mengumpulkan para Bhabinkantibmas untuk diberikan pengarahan, pada Senin (14/03).

Bima, Bimakini.-Keberadaan Bhabinkantibmas pada masing-masing desa dan kelurahan, menjadi ujung tombak yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Untuk itu, Kapolres Bima  AKBP Heru Sasongko, S.I.K., mengumpulkan para Bhabinkantibmas untuk diberikan pengarahan, pada Senin (14/03).

Dalam arahannya Kapolres menekankan kepada segenap Bhabinkamtibmas untuk memiliki kepekaan dan ilmu yang mumpuni, sehingga keberadaannya bermanfaat, dan dapat dirasakan baik oleh masyarakat desa binaannya sendiri maupun jajaran pimpinan.

“Keberadaan Bhabinkamtibmas di Desa binaannya harus dapat diakui dan lebih dekat dengan masyarakatnya,” ujar Kapolres dirilis Kasi Humas Iptu Adib Widayaka.

Caranya kata Kapolres, dengan tetap menjalin komunikasi yang efektif dan berjenjang dengan warga binaan, sehingga bilamana terjadi suatu permasalahan dapat diantisipasi sedini mungkin.

Hal lainnya, Kapolres menegaskan kepada para Bhabinkamtibmas agar dapat menekan terjadinya gangguan Kamtibmas tingkat 3, yaitu aksi blokade jalan.

Sementara itu, Kabag Ops Kompol Herman menyampaikan, agar para Bhabinkamtibmas Polres Bima lebih disiplin dalam pelaksanaan tugas, dan segera melaporkan sedini mungkin bilamana terjadi permasalahan yang tidak dapat diselesaikan ditingkat Desa.

“Sehingga permasalahan tidak meluas dan tidak ada lagi terjadi aksi pemblokiran jalan, ataupun perang kampung dengan cara intens melaksanakan patroli dan sambang ke masyarakat binaannya,” imbuhnya.

Setali tiga uang diungkapkan Kabag SDM pada gilirannya, menyampaikan kepada para Bhabinkamtibmas agar para Bhabinkamtibmas selalu siap sedia bilamana pimpinan meminta data ataupun perintah lain perihal tupoksinya masing-masing sehingga keberadaan Bhabinkamtibmas dapat dirasakan oleh seluruh elemen.

Sedangkan Kasat Binmas menekankan kepada segenap Bhabinkamtibmas yang hadir untuk intens melaksanakan sambang dan patroli Kepada masyarakat binaannya sekaligus wajib mendata jumlah penduduk, jumlah Toga, Toma, dan Pemuda, data masyarakat yang bermasalah atau residivis, data kerawanan masing-masing desa binaannya.

Sementara, KBO Binmas Kasat Binmas, IPTU Suhermansyah mengatakan, agar masing-masing Bhabinkamtibmas membuat tabel data kerawanan, seperti data kerawanan di bidang ekonomi yaitu perihal melonjaknya harga minyak goreng dan turunnya harga jual gabah.

“Di bidang politik agar Bhabinkamtibmas mendata kerawanan menjelang Pilkades, dan data tokoh tokoh yang berpengaruh di Desanya, serta di bidang sosial budaya dan keamanan,” urainya.

Terakhir Kanit Laka Kanit Laka, IPDA Ferdi Miharja menyampaikan setiap permasalahan atau kejadian kecelakaan lalu lintas di wilayah desa binaannya, kirannya Bhabinkamtibmas bisa langsung berkoordinasi dengan Kanit Laka atau anggota sehingga meminimalisir permasalahan tersebut agar tidak meluas. IKR

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Menjelang pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 57 desa yang tersebar di 18 kecamatan di Kabupaten Bima, 6 Juli 2022...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Seorang remaja sindikat spesialis pencuri sepeda motor, asal Desa Lewintana Kecamatan Soromandi, akhirnya berhasil digulung Tim Puma Polres Jumat (24/06/22) kemarin. Aksi...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bima yang tinggal beberapa, Polres Bima kini terus mengencangkan Patroli Rutin mereka di wilayah...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Dalam satu hari, Minggu (19/6/22) kemarin, personel Polres Bima berhasil membubarkan empat lokasi, terhadap salah satu penyakit masyarakat yang kian marak bernama...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-Menyambut hari jadi Kepolisian Republik Indonesia yang di peringati saban 1 Juli atau HUT Bhayangkara Ke-76, Kepolisian Resort Bima Polda NTB melakukan berbagai...