Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Lokasi Razia Tergantung Tingkat Kerawanan Pelanggaran dan Kejahatan

Kasat Lantas Iptu Niko Hardyanto, S.T.K.,S.I.K.

Bima, Bimakini.-Menyusul banyaknya kritikan yang dilayangkan masyarakat di media sosial belakangan ini, terkait pemilihan lokasi razia oleh Satlantas Polres Bima, ternyata melihat dari tingkat kerawanan pelanggaran dan kejahatan yang terjadi.

“Dalam pemilihan lokasi razia, kami lebih mempertimbangkan titik rawan tindak pidana yang kerap meresahkan para pengguna jalan. Apalagi pelanggaran lalu lintas,” jelas Kapolres Bima melalui Kasat Lantas Iptu Niko Hardyanto, S.T.K.,S.I.K.

Karena kata Niko, dalam setiap operasi, para petugas bukan hanya menindak pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat yang melanggar aturan berlalu-lintas, tetapi juga untuk mencegah terjadinya tindak pidana yang kerap meresahkan para pengguna jalan.

‘’Freestyle, ajang balap liar, jambret. Itu kan meresahkan warga. Bahkan tidak hanya sekali para petugas operasi menciduk pengedar narkoba saat operasi,” ujar Niko, Jum’at (11/03).

Tujuan razia kembali ditekankan Niko, semata-mata untuk mengurangi angka kecelakaan dan tindakan kejahatan di jalan. Baik katanya lewat razia yang berupa Operasi Khusus maupun Operasi Rutin.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Seringnya dilakukan razia atau operasi yang dimaksud tekan Niko, untuk menertibkan para pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat, disertai juga dengan mendukung program pemerintah dalam penanganan dan percepatan vaksinasi Covid-19 di Wilayah Hukum Polres Bima.

Dalam kurun waktu 2 bulan ini saja beber Niko, Pihaknya telah menjaring lebih dari 800 kendaraan. Diantaranya ada beberapa roda 4, namun tetapi didominasi pelanggaran roda 2 atau Sepeda Motor.

“Pelanggaran yang ditemui saat operasi, didominasi oleh pengendara roda dua. Seperti tidak menggunakan Helm Standar, tanpa SIM dan STNK, serta kelengkapan kendaraan seperti spion, dan Knalpot Brong,” tukasnya.

Pihaknya mengimbau, kepada para pengguna jalan agar melengkapi surat-surat dan fisik kendaraan sebelum melakukan perjalanan, agar terhindar dari kecelakaan.
“Terlebih saat ini musim penghujan,” pungkasnya. IKR

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, Satuan Lalu Lintas Polres Bima Polda NTB, kini mulai memberikan imbauan...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Ada-ada saja kelakuan para pengendara yang terpantau saat digelar Operasi Zebra Rinjani 2022 oleh Polres Bima dan stakeholdernya. Seperti yang terjadi Jum’at...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Dua pria yang kedapatan membawa senjata tajam jenis golok terpaksa diamankan anggota Sat Lantas Polres Bima. Kedua pria tersebut papar Kasi Humas...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Sebanyak 285 pelanggar lalu lintas, terjaring dalam Operasi Patuh Gatarin 2022, yang digelar Satlantas Polres Bima Polda NTB. Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko,...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Polres Bima Kota melalui Satuan Lalu Lintas beberapa hari belakangan ini, gencar melakukan razia pada sejumlah lokasi yang dianggap rawan. “Karena...