Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Mengelola Perpustakaan Penting

Peresmian gedung perpustakaan Kabupaten Bima.

Bima, Bimakini.- Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bima Rabu (23/3) diresmikan oleh Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE dan Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs Muhammad Syarif Bando, MM, dengan menggunting pita.

Peresmian Gedung berlantai dua tersebut dihadiri juga unsur FORKOMPIMDA, Sekretaris Daerah Drs.H.M.Taufik HAK M.Si, Para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Kabag Lingkup Setda, Camat dan para kepala desa Se- Kecamatan Palibelo.

Bupati Bima menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Presiden RI dan Kepala Perpustakaan Nasional yang telah mengalokasikan anggaran pembangunan fasilitas tersebut. “Alhamdulillah, Kabupaten Bima bersama dua daerah lainnya di NTB yang mendapatkan alokasi dana bagi pembangunan gedung perpustakaan dari pemerintah,” ujarnya.

Sebagai wujud komitmen mendorong minat baca dan budaya literasi, Pemerintah daerah terus bergerak membangun dan mempersiapkan infrastruktur pendukung kemajuan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.
Bupati menitip pesan kepada jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima untuk menjaga dan merawat fasilitas yang sudah dibangun. Fasilitas ini untuk dimanfaatkan secara bersama karena milik seluruh lapisan masyarakat, maka semua pihak dapat memanfaatkan fasilitas bacaan yang disediakan.

“Saya ingin memastikan perawatan dan kebersihan fasilitas sehingga tidak hanya terlihat terlihat megah, tetapi juga menjadi kebanggaan,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs Muhammad Syarif Bando, MM, menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan perpustakaan. Hal ini sesuai perintah Presiden RI yang mengungkapkan pentingnya transformasi digital.

“Dalam kurun waktu tiga tahun sejak dilantik sebagai Kepala Perpustakaan Nasional pada tahun 2017 hingga 2019, Perpustakaan Nasional telah menjadi perpustakaan digital terbaik di dunia dengan 3 milyar artikel yang bisa diunduh online,” terangnya.

Disamping itu, telah dijalin kerjasama dengan 800 penerbit untuk digitalisasi full text dan saat ini ada 800.000 teks yang bisa diakses melalui aplikasi e-perpustnas.

Syarif Bando berharap, Gedung Perpustakaan Kabupaten Bima dapat menjadi simbol yang melahirkan ilmu pengetahuan dan pemimpin besar. (BE04)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait