Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Soal Serapan Gabah, Ini Kebijakan Kantor Wilayah dan Pusat Jadi Acuan Bulog Bima

Pimpinan Cabang (Pinca) Perum Bulog Bima – Dompu, Wilya Fatayani.

Dompu, Bimakini. – Beredar kabar, pasca Bupati Kabupaten Dompu, Kader Jaelani bertemu langsung Kepala Badan Pangan Nasional (BPN), DR. Arif Prasetyo Adi, membahas anjloknya gabah petani.

Didapatkan hasil bahwa Badan Pengan Nasional (BPN) langsung memerintahkan Bulog Pusat untuk mempercepat penyerapan gabah petani di Dompu. Kemudian, Direktur Bulog Pusat menyampaikan mulai pada Jum’at dan atau Sabtu dalam Minggu ini, penyerapan gabah petani di Dompu akan segera dilakukan.

Menanggapi hal tersebut, Pimpinan Cabang (Pinca) Perum Bulog Bima – Dompu, Wilya Fatayani., kepada media ini Jum’at (18/03/2022) malam menegaskan bahwa, Bulog Bima tetap mematuhi kebijakan dari Bulog Kantor Wilayah dan Bulog Kantor Pusat.

Ditegaskannya, kebijakan Bulog Kantor Wilayah dan Bulog Kantor Pusat yang menjadi acuan dan yang akan diterapkannya di Dompu diantaranya, pertama : Bulog siap serap Gabah Kering Giling (GKG) dan beras dimuka pintu gudang Bulog.

Kedua, GKG tersebut dengan kualitas Kadar Air (KA) maksimal 14% dan butir hampa/kotoran maksimal 3% didepan pintu gudang Bulog.

Ketiga, beras dengan kualitas Kadar Air (KA) maksimal 14%, butir patah maksimal 20%, menir maksimal 2%, derajat sosoh minimal 95% didepan pintu gudang Bulog dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP).

“Bulog Bima tetap mematuhi kebijakan dari Bulog Kantor Wilayah dan Bulog Kantor Pusat,” tegasnya menjawab pertanyaan wartawan via WaAtshap.

Katanya, saat ini Bulog Bima sudah mendapat droping dana untuk penyerapan Gabah Kering Giling (GKG) dan beras dari Kantor Wilayah. Mulai besok hari Sabtu, katanya akan masuk GKG di gudang Bulog.

“Bulog Bima tidak mungkin membuat kebijakan sendiri tanpa menghiraukan kebijakan Kantor Wilayah dan Kantor pusat,” tegasnya lagi.

Dijelaskanya, Bulog Bima juga telah memiliki kontrak beras dengan mitra kerja Bulog. Untuk sementara ini, katanya mitra kerja Bulog ada yang masih melakukan giling gabah milik Bulog yang ada di gudang mereka untuk disimpan digudang Bulog.

“Mereka (Mitra Bulog) sudah ada penyerapan gabah petani, itu terlihat antrian truk di depan gudang mereka,” ungkapnya. AZW

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Dompu, Bimakini. – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Bima kembali menggelar operasi pasar minyak goreng curah bersubsidi di Kabupaten Dompu. Kali ini, mereka...

Ekonomi

Dompu, Bimakini. – Perum Bulog Bima dan Pemerintah Kabupaten Dompu, bersama BRI Cabang Dompu, Gapoktan serta perwakilan Bumdes menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang...

Ekonomi

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Industri dan Perdagangan Kabupaten Dompu, dan Satgas Pangan, menggandeng Perum Badan Urusan Logistik...

Ekonomi

Dompu, Bimakini. – Upaya meringankan beban petani dibulan suci ramadhan, dan ditengah anjloknya harga jual gabah. Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Dompu mendesak Pemerintah...

Ekonomi

Dompu, Bimakini. – Upaya menuntut harga jual Gabah Kering Panen (GKP) tingkat petani agar diserap Rp4.200 per Kilogram atau sesuai dengan Harga Pembelian Pemerintah...