Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Gercepnya Vaksinasi Mobile Kodim Bima Gencarkan Vaksin Booster

Kegiatan vaksin booster.

Bima, Bimakini.-Tim vaksinasi mobile Komando Distrik Militer (Kodim) 1608/Bima, terus bergerak menggencarkan vaksin booster selama Ramadhan. Upaya ini dilakukan untuk mendukung dan mensukseskan program percepatan vaksinasi, guna meningkatkan herd immunity serta terhindar dari penularan Covid-19.

Sejak Rabu (06/04) kemarin, tim vaksinasi mobile yang terdiri Tenaga Kesehatan (Nakes) Poliklinik Kesehatan (Polkes) Kodim Bima, bersinergi dengan relawan kesehatan Pemkot/Pemkab Bima, bersama Babinsa Jajaran Koramil Kodim Bima, menggelar Serbuan Vaksinasi di gerai sesuai titik vaksinasi.

Dandim Bima mengatakan, untuk melaksanakan percepatan Vaksinasi di Bulan Suci Ramadhan ini, sesuai perintah langsung dari Panglima TNI yang harus dilaksanakan. ‘’Malam Ini Jajaran Koramil Juga melaksanakan Vaksinasi bersama Tim Klinik Kodim Bima serta Nakes baik Pemerintah Kota / Kab.Bima. Apabila masyarakat mungkin banyak yang beranggapan jika Vaksinasi di bulan Suci Ramadhan akan membatalkan puasa, itu tidak,’’ ujarnya.

Kepada masyarakat yang berminat untuk Vaksin di bulan suci ini imbuhnya, pihaknya akan mengakomodir dam melaksanakan malam hari, setelah berbuka puasa. Dan tempat Vaksinasi juga katanya bisa dilaksanakan dimana saja.
‘’Misalnya di tempat ibadah seperti di masjid, mall, terminal, pelabuhan, bandara, pelabuhan dan tempat tempat yang sekiranya banyak dikunjungi masyarakat,” papar pria asal Bima tersebut.

Untuk diketahui, jajaran vaksinasi secara mobile digelar di semua Koramil Jajaran Kodim 1608/Bima, dengan berpindah-pindah di tempat, serta tempat dimana banyaknya berkumpul masyarakat sesuai jadwal setiap harinya selama Bulan Suci Ramadhan atau sejak tanggal 5 hingga 30 April 2022 ini mendatang.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dandim Bima menyampaikan, selama Ramadhan ini Satgas Covid-19 Pusat sejak 2021 melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan fatwa terkait vaksinasi Covid-19 dan tes swab selama menjalankan ibadah puasa. “Yakni bahwa keduanya tidak membatalkan puasa,” jelasnya mengutip pernyataan Tim Satgas beberapa hari lalu.

Dalam Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 itu ulasnya, jika vaksinasi Covid-19 dengan injeksi intramuskular (suntikan pada otot) tidak membatalkan puasa, begitu juga dengan test swab sebagaimana disebutkan di dalam Fatwa Nomor 23 Tahun 2021.

‘’Jadi MUI menghimbau umat Islam agar menjalankan puasa Ramadhan dengan memenuhi kaidah keagamaan, juga mendukung dan berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19,” Tegas Dandim Bima

Dandim Bima juga membeberkan hasil vaksinasi di Jajarannya saat ini dari laporan Pos Ramil Lambu Koramil 1608-03/Sape bersama Nakes PKM Kecamatan Lambu, yang di Registrasi 175 orang dan telah diaksin sebanyak 175 orang dengan Dosis-1 sebanyak 11 orang, Dosis-2 sebanyak 19 orang, serta Dosis-3 sebanyak 145 orang menggunakan vaksin moderna sebanyak 18 vial.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sedangkan pelayanan vaksinasi di Puskesmas Ngali – Belo rincinya, total divaksin 78 orang dengan dosis 1 sebanyak 47 orang, dosis 2 sebanyak 8 orang dan dosis 3 sebanyak 23 orang menggunakan vaksin biofarma 2 dosis 4 vial serta vaksin pfizer 10 vial.

“Selaku Dandim Bima Mada Doho (Saya Pribadi, Red) untuk Masyarakat tetap menjaga kondisi kesehatan saat berpuasa. Juga disiplin prokes, sehingga aman dari sebaran covid-19,” tutupnya. IKR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Badan Intelijen Negara (BIN) kembali melaksanakan vaksinasi massal serentak seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Selasa (21/6/2022). Vaksinasi massal...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-Bagi anda yang bertanya-tanya serta was-was akan suntikan vaksinasi Covid-19, yang dilakukan saat menjalankan puasa, kini terjawab sudah. Yakni tidak membatalkan puasa anda....

Peristiwa

Bima, Bimakini.-Polsek Madapangga Polres Bima, kembali menggelar vaksinasi tahap 1, 2 dan booster di wilayahnya, Rabu (20/04) malam kemarin. Vaksinasi lanjutan ini diikuti sebanyak...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-Untuk mengejar target vaksinasi mulai dari tahap satu terlebih vaksinasi booster, Polres Bima terus melakukan kegiatan dengan membuka gerai vaksin di Mapolres Bima....