Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

HUT ke-20 Kota Bima, Wali Kota Beberkan Sejumlah Capaian dan Penghargaan

Pose bersama Wali Kota Bima, Anggota DPR RI, Bupati Bima, Bupati Dompu, Ketua DPRD Kota Bima dan Forkopimda saat peringatan HUT ke-20 Kota Bima, Minggu.

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota Bima, menggelar upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 di halaman Kantor Wali Kota Bima, Minggu 10 April 2020. Upacara yang berlangsung sore hari itu, dihadiri oleh Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, Bupati Dompu, Kader Jalelani, Anggota DPR RI, H Muhammad Syafruddin, Pimpinan dan Anggota Dewan, Forkopimda Kota Bima, dan lainnya.

Di HUT ke-20 Kota Bima ini mengusung Tema “Membangun Bersama Rakyat, Menuju Kota Bima Setara dan Mandiri”.

Wali Kota Bima yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, membeberkan tentang sejumlah kemajuan Pembangun kota Bima. Disamping itu sejumlah penghargaan yang diterima atas sejumlah prestasi.

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE,  menyampaikan, bahwa tradisi peringatan hari ulang tahun menjadi momen untuk menapak tilas pencapaian dan tantangan selama setahun terakhir. Demikian pula pada peringatan hut ke-20 ini.

“Namun, jika kita harus menghitung antara pencapaian dan tantangan antara nikmat dan cobaan maka nikmat Allah untuk Kota Bima sudah tak terhitung,” ujarnya.

Meski demikian, kata dia, ujian pandemik yang belum berakhir dan menguras seluruh tenaga, Pikiran dan juga mempengaruhi kemampuan finansial kita selama tahun 2020 hingga 2022 ini. Namun beberapa agenda pembangunan masih berhasil dilaksanakan dengan baik meski di tahun 2021, keluasan fiskal yang tidak memadai, tetapi kota Bima mampu menghadirkan pembangunan megah luar biasa, yakni sayap kantor Pemkot Bima.

“Dimana ini adalah mimpi yang diharapkan oleh pendahulu pendiri Kota Bima 20 tahun silam. Tentunya dengan penuh kebanggaan, kantor ini kita persembahkan untuk seluruh masyarakat kota Bima agar kota Bima semakin melaju setara dengan kota lainnya dalam kinerja dsn juga pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Wali Kota juga menyampaikan, telah mampu membuat satu gedung perpustakaan yang representatif, yang sangat memukau dan diakui oleh Kepala Perpusnas RI sebagai bangunan perpustakaan terbaik se-Indonesia.

“Selain itu Kota Bima bersolek menjadi lebih indah dengan mengembangkan beberapa destinasi wisata sebagai sektor pengungkit perkembangan di sektor pariwisata. Salah satunya pembangunan pondok wisata Kolo yang Saat ini menjadi destinasi wisata baru di Kota Bima,” ujarnya.

Lanjutnya, ada pula berbagai program pemberdayaan masyarakat yang diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja baru. Juga program pembangunan di bidang keagamaan dengan alokasi bantuan pembangunan pada masjid dan musholla yang ada diseluruh Kota Bima dengan nilai cukup fantastis.

“Pembangunan yang ada ini tentunya tak serta merta menjadikan kita berbesar hati, semua ini terealiasi karena dukungan dari berbagai pihak. Itulah salah satu dasar pemilihan tema hari ulang tahun kota Bima ke-20  Membangun Bersama Menuju Kota Bima Setara dan Mandiri,” urainya.

Tema ini, kata dia, sekaligus pengingat, bahwa tujuan dibentuknya kota bima salah satunya, adalah mewujudkan masyarakat mandiri dan dapat bersaing setara dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

“Kita harapkan seluruh masyarakat Kota Bima dengan bergandengan tangan bangkit menjadi salah satu kota besar yang berkarakter dan mendunia,” harap Wali Kota Bima.

Apa yang telah dihasilkan selama 20 tahun terakhir ini, kata dia, ibaratnya barulah seujung kuku pada badan, masih begitu banyak yang harus diwujudkan bersama, dan untuk mewujudkan.

“Menapaktilasi perjalanan kita satu tahun terakhir, banyak suka dan duka yang kita lewati, ada pencapaian yang sedikit melegakan, tetapi di lain pihak masih banyak aspirasi masyarakat yang belum kita penuhi,” katanya.

“Masih banyak bermimpi untuk kota ini, berbagai keterbatasan tidak lantas membuat semangat kita surut, jika kita punya mimpi maka kini saatnya kita bangun dan mewujudkan mimpi itu dengan terus bekerja menunjukkan dedikasi terbaik membangun daerah ini,” tambahnya.

Diantara, penataan lapangan pahlawan, penataan pantai kolo, pembangunan puskesmas kumbe, pembangunan sayap kantor walikota, pembangunan gedung perpustakaan daerah, pembangunan skala kawasan kota baru, renovasi gedung uji kir yang sejak 25 tahun yang lalu tidak bisad dimanfaatkan.

Ada pula program pemberdayaan masyarakat dalam menghadapi pandemi covid-19 yang tengah terjadi, berupa pemberian berbagai bantuan usaha di berbagai bidang.

Dimulai pada tahun 2020 dengan alokasi anggaran sebesar Rp 8 miliar dan dilanjutkan di tahun 2021 sebesar Rp4 miliar, meliput program bantuan usaha di bidang pertanian dalam bentuk usaha ternak dan unggas. Bantuan di bidang peternakan dan perikanan dalam bentuk bantuan alat tangkap dan bantuan pemberdayaan usaha, bantuan pemberdayaan kelompok perempuan, kelompok tenun, usaha kecil dan menengah, kelompok usaha bersama dan bantuan jaring pengaman sosial (JPS).

“Melalui program tersebut diharapkan mampu menciptakan kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi,”  ujarnya. (BE04)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Rapat Fasilitasi Penyelesaian Aset, Personel, Pembiayaan, Sarana dan prasarana serta Dokumen (P3D)  Pemerintah Kabupaten Bima kepada Pemerintah Kota Bima  berlangsung Senin (20/6/2022)...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota Bima mendapatkan penghargaan Pemerintah Daerah yang memiliki komitmen tinggi atas komitmen Penyelesaian Penyusunan Dokumen Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK)...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Menghadapi musim hujan awal Desember 2021 hingga Februari 2022, Pemerintah Kota Bima melakukan apel siaga bencana, Senin (29/11/2021). Ini dilakukan untuk...

Pemerintahan

Jakarta, Bimakini.- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Kedeputian Koordinasi dan Supervisi (Korsup) menyampaikan apresiasi atas capaian skor Monitoring Center for Prevention (MCP) Pemerintah Kota...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Penyerahan puluhan unit motor trail pada jajaran Kepolisian dan TNI oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bima mendapatkan apresiasi dari DPD PAN Kota...