Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Momen Hari Jadi ke 207, Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Dompu Meningkat

Momentum usai upacara HUT ke 207 Kabupaten Dompu tahun 2022.

Dompu, Bimakini. – Upaya mewujudkan Kabupaten Dompu yang Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religus (MASHUR), banyak hal yang telah dilakukan Pemerintah dibawah kepemimpinan Bupati Kabupaten Dompu, Kader Jaelani dan H Syahrul Parsan (AKJ – SYAH).

Terutama melalui program unggulan daerah, yakni program Jagung, Porang, Padi, Sapi, dan Ikan (JARA PASAKA) yang dikelola secara cerdas dari hulu hingga ke hilir. Dimulai dari petani, pelaku UMKM, koperasi, Bumdes sampai dengan perusahaan daerah.

Sehingga tercipta sebuah siklus ekonomi kerakyatan yang menguntungkan dengan mempersiapkan sarana dan prasarana yang berbasis agrobisnis yang berkelanjutan.

“Alhamdulillah, walau pandemi COVID-19 yang mewabah sejak tahun 2020, tercatat pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan 4,89 persen atau naik 1,68 persen dari 3,21 persen,” kata Bupati AKJ saat upacara HUT ke 207 Kabupaten Dompu, Senin (11/04/2022) pagi.

Tidak hanya itu, kata Bupati bahwa indeks pembangunan manusia tahun 2020 tercatat sebesar 67,84 poin dan meningkat menjadi 68,45 poin. Sementara pada sektor kesehatan pravelensi stunting tahun 2021 tercatat 14,3 persen, membaik jika dibandingkan dengan pencapaian tahun 2020 sebesar 18,72 persen.

“Sementara pada usia harapan hidup meningkat menjadi 66,99 persen, demikian pula pada sektor pendidikan dan kemampuan daya beli terus tumbuh di tengah kondisi negara belum stabil,” jelasnya.

Disisi infrastruktur, pelayanan dasar, jalan dan jembatan serta jaringan irigasi mengalami peningkatan. Begitu juga penanganan kawasan kumuh pemukiman, penyediaan jaringan air bersih pedesaan dan peningkatan santiasi semakin baik serta penanganan bencana alam.

Terkait lingkungan hidup, pemerintah Kabupaten Dompu tetap berkomitmen menjaga hutan dan gunung dari kerusakan melalui program Dompu berjasa dengan Green Belt di bendungan Tanju dan bendungan Mila.

Untuk pembangunan pelabuhan Nusantara di Kecamatan Kilo saat ini telah memasuki tahap perencanaan penyusunan Amdal untuk kemudian pekerjaan konstruksinya akan di mulai tahun 2023.

Selain melaksanakan pembangunan terebut, pada tahun 2022 Kabupaten Dompu mendapat Dana Alokasi khusus fisik sebesar Rp194 Miliar, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp90-an Miliar.

“Diusia Kabupaten Dompu yang ke 207 tahun kita dapat merayakan dengan berbagai kemajuan dan keberhasilan yang telah kita raih bersama,” terang Bupati Dompu. AZW

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Dompu, Bimakini. – Perum Bulog Bima dan Pemerintah Kabupaten Dompu, bersama BRI Cabang Dompu, Gapoktan serta perwakilan Bumdes menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang...

Ekonomi

Dompu, Bimakini. – Ratusan petani yang tergabung dalam Aliansi Serikat Tani (ASET) Kabupaten Dompu melakukan aksi blokade jalan negara di Desa Madaparama, Kecamatan Woja,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu dibawah kepemimpinan Bupati Kader Jaelani dan H Syahrul Parsan (AKJ – SYAH) kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Upaya mewujudkan Kabupaten Dompu yang mandiri, sejahtera, unggul dan religus (Mashur), Bupati Kabupaten Dompu, Kader Jaelani (AKJ) mengajak dan menekankan pada...

Berita

Dompu, Bimakini. – Bupati Kabupaten Dompu, Kader Jaelani (AKJ) kembali mengajak semua pihak untuk tetap mengedepankan semangat kebersamaan, gotong royong, kekeluargaan, kerjasama, kolaborasi dan...