Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pelayanan Petugas UGD Puskesmas Dompu Kota Dikeluhkan Warga

Puskesmas Dompu Kota, Kabupaten Dompu.

Dompu, Bimakini. – Pelayanan petugas Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Dompu Kota, Kabupaten Dompu dinilai sangat mengecewakan warga.

Buruknya pelayanan tersebut disampaikan keluarga pasien, Saharudin., warga Kelurahan Bali Satu, Kecamatan Dompu kepada media ini, Jum’at (01/04/2022) pagi.

Dia menceritakan, bahwa pada Jum’at pukul 06.00 pagi, dirinya membawa nenek mertuanya bernama Siti Hadijah (79) di Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Dompu Kota untuk meminta pertolongan akibat luka sobek bagian dagu karena terjatuh saat ke kamar kecil.

Sesampainya di UGD Puskesmas Dompu Kota, Saharudin berharap mendapat pertolongan dari perawat Puskesmas. Tetapi setelah menunggu sekitar satu jam lebih, dia pun mulai bingung karena petugas tidak ada ditempat, padahal UGD diketahuinya dibuka selama 24 jam.

“Setelah sampai disana (UGD Puskesmas Dompu Kota) yang ada hanya petugas yang bukan petugas UGD. Terus saya tanya, mana petugas UGD nya. Kemudian dijawab, iya pak tunggu sebentar kata pegawai Pukesmas,” terang Saharudin menceritakan awal kejadian itu.

“Setelah lama kita menunggu kurang lebih satu jam, petugasnya belum ada kabar. Akhirnya saya melarikan nenek mertua saya ke RSUD Dompu untuk dilakukan tindakan medis. Dirumah sakit, dagu pasien dijahit dua kali. Karna lukanya sangat dalam, dijahit dulu didalam baru jahit bagian luar,” cetusnya.

Atas kejadian itu, dia meminta Bupati Kabupaten Dompu, Kader Jaelani (AKJ) untuk mengevaluasi kinerja dan pelayanan Puskesmas Dompu Kota. Tujuanya, semata-mata agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik dan maksimal.

“Sarana dan prasarana Puskesmas Dompu Kota ini sangat memadai karena baru dibangun dengan menghabiskan biaya banyak, harusnya pelayanan ditingkatkan menjadi jauh lebih baik lagi. Untuk itu, kami meminta Bupati Dompu untuk mengevaluasi kinerja petugas disana,” tegasnya berulang-ulang.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Dompu Kota, H Syarif Efendi., saat dimintai tanggapan atas adanya keluhan warga tersebut menegaskan bahwa, setiap pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas Dompu Kota dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Terutama pelayanan di Unit Gawat Darurat (UGD). Dimana, setiap harinya dia telah menetapkan jadwal dan petugas selama 24 jam mulai dari petugas pagi, sore, hingga petugas malam di UGD Puskesmas setempat.

“Saya pastikan bahwa pelayanan kami sesuai SOP. Soalnya adanya keluhan warga tersebut, nanti petugasnya akan saya evaluasi,” tegasnya. AZW

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait