Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Praperadilan Diputus PN Dompu, Kasat Resnarkoba : Tersangka Tetap Diproses Hukum

Kasat Resnarkoba Polres Dompu, IPTU Abdul Malik, SH.

Dompu, Bimakini. – Tidak puas dengan penangkapan, penahanan dan penanganan kasus narkoba di Satresnarkoba Polres Dompu, tersangka tindak pidana narkoba inisial NP melalui tim kuasa hukumnya mengajukan permohonan sidang praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Dompu.

Atas permohonan praperadilan kasus narkoba tersebut, hakim Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Dompu, pada 11 April 2022 telah memutus dan mengadili.

Dimana, dalam amar putusan nomor 2/Pid.Pra/2022/PN Dompu. Hakim mengabulkan permohonan pemohon sebagian, dan menolak posita atau petitum termohon untuk seluruhnya.

Selain itu, surat perintah penangkapan nomor SP.Kap/20/II/RES.4.2/2022/Resnarkoba tanggal 22 Februari 2022 terhadap pemohon inisial NP dinyatakan tidak sah.

Memulihkan, hak pemohon dalam kedudukan, dan harkat serta martabatnya khusus surat perintah penangkapan nomor SP.Kap/20/II/RES.4.2/2022/ Resnarkoba tanggal 22 Februari 2022 terhadap pemohon inisial NP dinyatakan tidak sah.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kasat Resnarkoba Polres Dompu, IPTU Abdul Malik, SH, Kamis (14/04/2022) menegaskan bahwa, dalam amar putusan nomor 2/Pid.Pra/2022/PN Dompu. Hakim mengabulkan permohonan pemohon sebagian, dan menolak posita atau petitum termohon untuk seluruhnya.

Dijelaskanya, posita atau petitum termohon (tersangka NP) melalui tim kuasa hukumnya untuk seluruhnya yang ditolak tersebut diantaranya, tentang posita atau petitum bahwa adanya tindakan melawan hukum oleh Satreskrim Polres Dompu dalam penanganan kasus tindak pidana narkoba terhadap tersangka inisial NP. Namun, hal tersebut ditolak hakim Pengadilan Negeri Dompu.

“Selain itu, posita atau petitum terkait rangkaian penahanan yang tidak sah. Keputusan hakim menyatakan bahwa penahanan tersangka NP dinyatakan sah, dan permohonan mereka melalui tim kuasa hukumnya ditolak,” terangnya sambil menunjukan amar putusan praperadilan tersebut.

Untuk permohonan tersangka inisial NP melalui tim kuasa hukumnya terkait dengan penetapan tersangka. Kata Kasat Resnarkoba Dompu, keputusan hakim menyatakan bahwa penetapan tersangka dinyatakan sah, dan permohonan mereka kembali ditolak.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Katanya, terkait petitum pemohon bahwa yang diterima hakim PN Dompu hanyalah masalah surat penangkapan. Tetapi, saat penangkapan, saat penggeledahan ditemukan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu.

Saat itu, terduga pelaku dalam keadaan sakit, mengeluarkan busa dimulut dan pingsan. Sehingga, dengan pertimbangan itu, dan dengan alasan kemanusiaan, saat itu terduga pelaku tidak langsung ditahan. Karena keluarganya meminta agar dibawa ke Rumah Sakit.

“Mereka saat itu berjanji akan koperatif dan hadir menyerahkan diri ke Satreskrim Polres Dompu. Setelah dia sembuh, tau-taunya tidak datang. Sehingga diakukan penangkapan kembali,” jelasnya.

Ditegaskannya, pasca adanya putusan praperadilan kasus narkoba tersebut, tersangka tindak pidana narkoba inisial NP tetap diproses hukum. Saat ini, berkas perkara kasus itu sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Dompu.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Saat ini kami sedang melengkapi berkas perkara kasus itu. Melengkapi berdasarkan petunjuk-petunjuk dari Kejaksaan, tinggal menunggu di P-21 dari Kejaksaan. Tidak ada dalam amar putusan hakim untuk mengeluarkan tersangka dari tahanan, dalam amar putusan tersebut proses penyidikan terhadap perkara pemohon tidak dihentikan,” ucapnya. AZW

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Usai menangkap seorang pria inisial R asal Desa Tolo Kalo, Kecamatan Kempo karena diketahui memiliki 11 gulung narkotika jenis sabu-sabu pada...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Diketahui menguasai 11 gulung plastik klip transparan berisikan kristal bening yang diduga narkotika jenis sabu-sabu, seorang pria inisial R (30) asal...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Upaya menuntaskan penanganan kasus narkoba, penyidik Satresnarkoba Polres Dompu telah melimpahkan barang bukti (BB) sebanyak 109,91 gram sabu-sabu dan 1,36 gram...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Satresnarkoba Polres Dompu kembali menangkap 2 (dua) orang terduga pengendar dan mengamankan sekitar 12,68 Gram narkoba jenis sabu-sabu, Senin (04/07/2022) malam....

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Kedapatan membawa dan menguasai narkoba jenis sabu-sabu, seorang supir angkot inisial AB (22) asal Desa Madaparama ditangkap Satresnarkoba Polres Dompu dijalan...