Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Warga Desa Bajo Diduga Keracunan Konsumsi Ikan Mati Terkena Limbah

Warga yang diduga alai keracunan ikan.

Bima, Bimakini.- Seorang warga Desa Lewintana Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, dilarikan ke PKM Soromandi karena alami keracunan. Informasi yang diperoleh, beberapa warga lainnya juga mengalami hal sama, hanya saja cepat meminum air kelapa.

Warga bernama Habibah (50), keracunan setelah mengonsumsi ikan laut yang diambil saat limbah memenuhi perairan Teluk Bima hari ini.

“Iya benar, ada satu orang,” jawab Kepala Desa (Kades) Lewintana Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, Hidayat, saat dikonfirmasi via ponsel.

Hidayat mengaku, mendapatkan informasi dari Ketua Rt 01 di mana warga yang keracunan tersebut tinggal.

“Untuk lebih jelas, bisa langsung hubungi Ketua Rt 01. Soalnya saya juga hanya dapat laporan, belum cek langsung karena sedang sakit, ” jelasnya, Rabu (27/4/2022) sekira pukul 22.00 WITA.

Hidayat berharap, sebagai perwakilan pemerintah di tingkat desa meminta pihak yang berwenang dan terkait dengan persoalan limbah di Teluk Bima, segera memastikan apa sebenarnya.

Jangan sampai ada simpang siur yang lama, sehingga masyarakat tidak diedukasi.  “Untuk sementara ini, saya sudah himbau warga saya untuk tidak konsumsi ikan yang diambil tadi siang,” tandasnya.

Selain itu tambahnya, pemdes sudah berkoordinasi dengan PKM Soromandi untuk menyiagakan ambulance jika ada penambahan warga yang keracunan.

“Ambulance sudah kami siagakan,” pungkasnya sembari mengirimkan foto deretan ambulance.

Dihubungi secara terpisah, Ketua Rt 01 Rw 01 Desa Soromandi, Haris yang dihubungi via ponsel membenarkan hal yang sama.

“Tadi usai salat ashar, warga yang kebetulan ibu saya ini, mulai merasakan pening-pening,” ungkap Haris.

Kemudian gejala semakin bertambah, yakni muntah-muntah tanpa henti sehingga akhirnya dilarikan ke RSUD.

Menurut Haris, korban tidak memiliki riwayat alergi mengonsumsi ikan pari, karena selama ini sudah terbiasa menjadikannya sebagai lauk.

Warga sejak pagi hingga siang, dikagetkan dengan banyaknya ikan pari yang tiba-tiba keluar ke pinggir tepi laut, sehingga berbondong-bondong mengambilnya.

“Ya ramai tadi, pada ngambil semua. Kami sudah biasa konsumsi ikan pari, tapi baru sekarang keracunan karena kita ambil dari air laut yang pas ada limbah tadi,” beber Haris.

Tidak hanya Habibah, ada 10 warga lain di Desa Lewintana yang juga merasakan gejala keracunan yang sama, yakni kepala pening dan pusing-pusing.

“Mungkin karena orang tua saya termasuk lansia, jadi gejalanya lumayan parah,” aku Haris.

Hingga saat ini, Habibah masih dirawat karena masih mengalami muntah-muntah.

Anak Habibah korban keracunan dari Desa Lewintana, siang hari korban diberikan ikan yang dimasak oleh tetangganya. Sekitar pukul 16.30 Wita, korban mengalami muntah muntah dan sakit kepala.

Tak berapa lama, suami korban H Hasan bersama anaknya Junaidi membawa korban ke PKM soromandi dan hingga malam ini masih dirawat intensif di IGD PKM soromandi. Jika kondisi korban terus mengalami penurunan kesehatan, selanjutnya akan  dirujuk ke RSUD Bima

Ada juga pengakuan warga saat ikan di masak terasa beraroma. (BE04)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Fenomena pencemaran laut di teluk Bima pada 24-30 Aril 2022  seluas lebih dari 10 Ha  menjadi atensi Institut Tehnologi Bandung (ITB).  Kamis,...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Fenomena yang terjadi di teluk Bima, tidak hanya menghebohkan, karena baru pertama terjadi. Namun juga memuculkan banyak spekulasi, termasuk kecurigaan adanya...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sejumlah pegiat lingkungan se-Nusa Tenggara Barat, yang tergabung dalam Jaringan Solidaritas Peduli Teluk Bima, Rabu (11/05) sore hingga malam kemarin, menggelar aksi...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Hasil uji yang dilakukan oleh Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Bima terhadap limbah di Teluk Bima, menemukan banyaknya kandungan bakteri. Bakteri itu...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Setiap libur hari raya, sejumlah obyek wisata pantai selalu ramai dikunjungi warga. Namun, karena ada pencemaran laut di teluk Bima, maka sejumlah...