Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Kapolres Bima Instruksikan Polisi Tetap Siaga di Lokasi, Penyebab Kebakaran Diduga Arus Pendek

Suasana di.lokasi pascakebakaran.

Bima, Bimakini.-Begitu mengetahui musibah kebakaran yang melanda Desa Renda, Kecamatan Belo Kabupaten Bima, Sabtu (30/04) kemarin, Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko, SH, S.I.K dan timnya langsung meninjau ke lokasi Sabtu sore kemarin.

Pria humble tersebut langsung menginstruksikan anggotanya, terlebih Polsek Belo yang memiliki wilayah hukum agar tetap siaga di lokasi membantu warga utamanya para korban bencana kebakaran, yang membutuhkan bantuan.

Saat itu Kapolres Bima meninjau bersama Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti, SE dan rombongannya tiba sekitar pukul 17.10.Wita.

‘’Kapolsek Belo dan semua anggotanya untuk selalu bersiap di lokasi kebakaran untuk membantu warga terdampak,’’ tegasnya.
Data sementara yang dirilis Kasi Humas Polres Bima, Iptu Adib Widayaka, meski tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang terjadi sekitar Pukul 15.00 Wita itu, namun 53 rumah dilalap si jago merah.

Rencananya kata Adib, hari ini, Minggu (1/5), dinas terkait Pemkab Bima didampingi pihak kepolisian akan melakukan pengecekan dan pendataan lebih lanjut untuk memastikan total kerugian warga akibat bencana kebakaran tersebut.

“Kebakaran rumah tersebut belum bisa difinalkan secara rinci total kerugiannya, karena data belum difinalkan oleh dinas sosial Kabupataen Bima, dan hari ini akan di data lebih lanjut,” kata Adib.
Dituturkannya, kuat dugaan kebakaran itu dipicu akibat adanya arus pendek listrik di salah satu rumah warga yang kala itu di tinggal kosong para penghuninya. Sehingga kebakaran tidak terdeteksi dini dan cepat menjalar menghanguskan rumah warga di RT. 011 dan RT 007 Desa Renda itu.

“Sumber api berasal dari rumah saudara. H yasin, akibat dari arus pendek/ konseleting listrik. Saat api telah membesar lalu merambat ke rumah rumah lain. Tidak ada korban jiwa namun beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan secara umum,” papar.

Api baru berhasil dipadamkan sekitar Pukul 17.00 Wita, setelah 4 unit mobil milik Damkar Pemkab Bima dan 1 unit mobil Water Canon milik Polres Bima diterjunkan di lokasi.

Guna menghindari musibah yang sama ke depannya, Kapolres Bima, berharap kepada masyarakat agar memperhatikan prosedur instalasi listrik yang baik dan benar dan memakai jasa pihak PLN. Karena kata Kapolres, instalasi listrik yang tidak sesuai dengan standar PLN akan rawan menyebabkan korsleting.

Selain itu, Kapolres juga menekankan, agar Bhabinkamtibmas Desa Renda tetap bersinergi dengan Bhabinsa dan perangkat Desa untuk menyampaikan atau memberikan himbauan Kamtibmas pada masyarakat agar selalu waspada guna terhindar dari terjadinya kebakaran di kemudian hari. IKR

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Miris, seorang kakek berusia 65 tahun, Warga Desa Sai Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, tewas kala rumahnya dilahap si jago merah Minggu (26/6/22)...

Pemerintahan

Bima, Bimakini – Bupati Bima Hj Indah Damayanti Putri, SE dan Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan M Noer beserta jajaran Dinsos, Tagana, Sat-PolPP...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Bhabinkamtibmas Kelurahan Nitu, Kecamatan Raba, Polsek Rasanae Timur , AIPDA Syamsuddin, S,H bersama Babinsa dan Lurah membantu korban kebakaran. Lima kepala...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa Laju Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima beserta anggota Polsek, Babinsa, Pol-PP dan Korcam PKH mendatangi lokasi korban kebakaran rumah jati 12...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kebakaran menimpa satu unit rumah jati 12 tiang hingga rata dengan tanah di RT 12 RW 04 Dusun Sumber Sari Desa Laju...