Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Kapolres Bima Instruksikan Polisi Tetap Siaga di Lokasi, Penyebab Kebakaran Diduga Arus Pendek

Suasana di.lokasi pascakebakaran.

Bima, Bimakini.-Begitu mengetahui musibah kebakaran yang melanda Desa Renda, Kecamatan Belo Kabupaten Bima, Sabtu (30/04) kemarin, Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko, SH, S.I.K dan timnya langsung meninjau ke lokasi Sabtu sore kemarin.

Pria humble tersebut langsung menginstruksikan anggotanya, terlebih Polsek Belo yang memiliki wilayah hukum agar tetap siaga di lokasi membantu warga utamanya para korban bencana kebakaran, yang membutuhkan bantuan.

Saat itu Kapolres Bima meninjau bersama Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti, SE dan rombongannya tiba sekitar pukul 17.10.Wita.

‘’Kapolsek Belo dan semua anggotanya untuk selalu bersiap di lokasi kebakaran untuk membantu warga terdampak,’’ tegasnya.
Data sementara yang dirilis Kasi Humas Polres Bima, Iptu Adib Widayaka, meski tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang terjadi sekitar Pukul 15.00 Wita itu, namun 53 rumah dilalap si jago merah.

Rencananya kata Adib, hari ini, Minggu (1/5), dinas terkait Pemkab Bima didampingi pihak kepolisian akan melakukan pengecekan dan pendataan lebih lanjut untuk memastikan total kerugian warga akibat bencana kebakaran tersebut.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kebakaran rumah tersebut belum bisa difinalkan secara rinci total kerugiannya, karena data belum difinalkan oleh dinas sosial Kabupataen Bima, dan hari ini akan di data lebih lanjut,” kata Adib.
Dituturkannya, kuat dugaan kebakaran itu dipicu akibat adanya arus pendek listrik di salah satu rumah warga yang kala itu di tinggal kosong para penghuninya. Sehingga kebakaran tidak terdeteksi dini dan cepat menjalar menghanguskan rumah warga di RT. 011 dan RT 007 Desa Renda itu.

“Sumber api berasal dari rumah saudara. H yasin, akibat dari arus pendek/ konseleting listrik. Saat api telah membesar lalu merambat ke rumah rumah lain. Tidak ada korban jiwa namun beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan secara umum,” papar.

Api baru berhasil dipadamkan sekitar Pukul 17.00 Wita, setelah 4 unit mobil milik Damkar Pemkab Bima dan 1 unit mobil Water Canon milik Polres Bima diterjunkan di lokasi.

Guna menghindari musibah yang sama ke depannya, Kapolres Bima, berharap kepada masyarakat agar memperhatikan prosedur instalasi listrik yang baik dan benar dan memakai jasa pihak PLN. Karena kata Kapolres, instalasi listrik yang tidak sesuai dengan standar PLN akan rawan menyebabkan korsleting.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selain itu, Kapolres juga menekankan, agar Bhabinkamtibmas Desa Renda tetap bersinergi dengan Bhabinsa dan perangkat Desa untuk menyampaikan atau memberikan himbauan Kamtibmas pada masyarakat agar selalu waspada guna terhindar dari terjadinya kebakaran di kemudian hari. IKR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Satu unit rumah di Desa Lanta, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima terbakar, Minggu malam 7 April 2024 Pukul 21.30 Wita. Kebakaran diduga akibat...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sebanyak 13 unit rumah di Desa Sangia, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima terbakar, Sabtu 6 April 2024 sekitar pukul 10.15 Wita. Kebakaran terjadi...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.-  Satu unit rumah  terbakar di Lingkungan Bara Barat RT 14 RW 05 Kelurahan Paruga, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima, Kamis dini...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Dua unit rumah di Desa Belo Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima terbakar, Rabu sore (1/11/2023). Pemilik rumah merupakan adik kakak, masing-masing Rostina (45)...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota Bima memberikan bantuan bagi korban kebakaran di Dusun Ponggu, Desa Monta Baru, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima. Kebakaran itu menyebabkan...