Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pemkab Dompu Kembali Raih Opini WTP dari BPK RI

Bupati Dompu, Kader Jaelani dan Ketua DPRD, Andi Bachtiar berphoto bersama Kepala Perwakilan BPK NTB saat menerima Opini WTP

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu dibawah kepemimpinan Bupati Kader Jaelani dan H Syahrul Parsan (AKJ – SYAH) kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2021 tersebut diserahkan BPK di aula BPK Perwakilan Provinsi NTB, Selasa (10/05/22) dan diterima langsung Bupati Dompu, Kader Jaelani (AKJ) yang didampingi Ketua DPRD, Andi Bachtiar, A.Md.Par.

Kepala BPK Perwakilan NTB, Ade Iwan Ruswana menyampaikan apresiasi disertai ucapan terima kasih kepada seluruh Bupati/Wali Kota dan Ketua DPRD masing yang telah bekerjasama dengan baik dalam mendukung pelaksanaan tugas pemriksaan yang dilaksanakan oleh Tim BPK.

“Kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Daerah dan DPRD penerima Opini WTP yang berlangsung siang hari ini,” ucapnya.

Katanya, dalam pelaksanaan tugas pemeriksaan LKPD tahun 2021, BPK melaksanakan prosedur pemeriksaan diantaranya melalui wawancara, konfirmasi, pemeriksaan dokumen, pemeriksaan fisik atau yang biasa disebut cek fisik serta prosedur alternative lainnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dijelaskanya, mengacu pada visi BPK “Menjadi Lembaga Pemeriksa Terpercaya yang Berperan Aktif dalam Mewujudkan Tata Kelola Keuangan Negara yang Berkualitas dan Bermanfaat untuk Mencapai Tujuan Negara” maka melalui rekomendasi hasil pemeriksaan BPK tersebut, Pemerintah Kabupaten/Kota diharapkan akan membuat dan melaksanakan perbaikan kebijakan yang tepat sasaran.

“Pemerintah Daerah wajib menindaklanjuti sesuai dengan rekomendasi yang diberikan selambat-lambatnya 60 hari setelah LHP diterima,” sebutnya.

“Pimpinan dan anggota DPRD dapat ikut memantau penyelesaian tindak lanjut atas rekomendasi hasil pemeriksaan yang terdapat dalam LHP ini sesuai kewenangannya,” sambungnya.

Atas diraihnya WTP kedelapan kalinya untuk Kabupaten Dompu tersebut, Bupati Dompu, Kader Jaelani (AKJ) menyampaikan apresiasi atas kinerja jajarannya disertai ucapan terima kasih telah menghantarkan Dompu meraih Opini WTP yang kedelapan kali.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Pementah Daerah Kabupaten Dompu, yang telah mampu bekerja sesuai ketentuan peraturan perudang-undangan yang berlaku dalam hal penatakelolaan keuangan negara maupun daerah, sehingga BPK memberikan Opini WTP”, uraiannya.

Lanjut AKJ, atas kemajuan yang diraih dalam tata kelola keuangan dimaksud hendaknya dapat dipertahankan dengan baik dimasa yang akan datang dengan terus bekerja sesuai dengan ketentuan peraturan perudang-undangan yang berlaku.

“Mari kerahkan seluruh potensi yang kita miliki untuk didayagunakan bagi kemajuan dan perubahan Bumi Nggahi Rawi Pahu tercinta ke arah yang jauh lebih baik lagi yang diawali dengan menatakelola keuangan negara sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ajaknya.

Senada disampaikan Ketua DPRD, Andi Bachtiar, A.Md.Par. Dia menyampaikan harapannya agar apa yang menjadi saran, masukan dan rekomendasi dari BPK untuk ditindaklanjuti dapat menjadi perhatian seksama dari kita semua kemudian dengan segera dapat ditindaklanjuti berdasakan kewenangan dan ketentuan yang berlaku.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Hendaknya apa yang menjadi rekomenddasi BPK dalam LHP atas LKPD Tahun 2021 dengan segera dapat ditindaklanjuti,” ucapnya. AZW

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Bupati Dompu, H Kader Jaelani (AKJ) kembali dituntut agar dapat menstabilkan harga jagung petani. Selain itu, Bupati AKJ juga dituntut agar...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Sejumlah ibu-ibu dan mahasiswa di Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu yang tergabung dalam Aliansi Tani Menggugat menggelar aksi blokade jalan negara di...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Bupati Kabupaten Dompu didesak agar segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) tentang pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) terhadap 32 orang...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Bupati Kabupaten Dompu, H. Kader Jaelani (AKJ) resmi melantik eks Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu Firman, S.Pd., sebagai Kepala...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65 Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2023 tingkat Kabupaten Dompu yang dilaksanakan di...