Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Tuntut Bupati AKJ – SYAH Stabilkan Harga Jagung, Ratusan Petani Blokade Jalan Negara

Suasana aksi blokade jalan negara di Desa Madaparama, Kecamatan Woja yang menuntut Bupati AKJ – SYAH agar menstabilkan harga komoditas jagung, Kamis (19/05/2022) pagi.

Dompu, Bimakini. – Ratusan petani yang tergabung dalam Aliansi Serikat Tani (ASET) Kabupaten Dompu melakukan aksi blokade jalan negara di Desa Madaparama, Kecamatan Woja, Kamis (19/05/2022) pagi.

Akibatnya, arus lalu lintas macet total. Namun, aksi blokade jalan dan kemacetan tersebut tidak berlangsung lama setelah Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, SIK dan Wakil Bupati, H Syahrul Parsan turun tangan melakukan negosiasi dan menemui massa aksi, sehingga arus lalu lintas pun kembali normal.

Dalam orasinya, para petani menyampaikan bahwa aksi blokade jalan itu terpaksa dilakukan mereka sebagai bentuk protes dan menuntut Bupati Dompu Kader Jaelani dan H Syahrul Parsan (AKJ – SYAH) untuk segera menstabilkan harga komoditas jagung.

Salah satu petani, Idhar dalam orasinya menyatakan bahwa harga jagung saat ini di PT Seger Agro Nusantara Kecamatan Manggelewa hanya Rp3.800 rupiah per Kilogram nya. Harga itu sangat anjlok jika dibandingkan dengan harga sebelumnya yakni Rp5.100 rupiah per Kilogram.

Untuk itu, mereka mendesak Pemda Dompu agar segera menerbitkan payung hukum tentang stabilisasi harga komoditas pertanian. Meminta agar mencabut ijin usaha investor penyerap jagung petani dengan harga jauh dibawah dengan perusahaan lainnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selain itu, massa aksi juga mendesak Pemerintah Daerah agar melakukan sidak terhadap simpang siur alat timbangan dan alat ukuran kadar air jagung yang ada di gudang penyerap jagung petani, serta mendesak Pemerintah untuk segara mengevaluasi pemotongan atau refaksi saat jagung petani digudang.

“Cabut ijin investasi PT Seger Agro Nusantara yang berada di Kecamatan Manggelewa yang diduga sengaja memainkan harga jagung tidak sesuai dengan harga di gudang lain,” tegasnya berulang-ulang.

Usai orasi secara bergantian, massa aksi memberikan kesempatan kepada Wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan untuk menanggapi tuntutan mereka. Wakil Bupati mengaku bahwa pemerintah Daerah Kabupaten Dompu telah berupaya semaksimal mungkin dalam menstabilkan harga komoditas jagung.

Katanya, gudang-gudang lain saat ini masih menyerap jagung petani dengan harga Rp4000 keatas. Soal anjloknya harga jagung di gudang pabrik PT Seger Agro Nusantara Kecamatan Manggelewa, Wakil Bupati menyarankan petani agar tidak menjual jagungnnya di perusahaan tersebut.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kami sudah meminta kepada perusahaan PT Seger Agro Nusantara di Kecamatan Manggelewa agar membeli jagung di atas Rp 4000 ribu rupiah. Tapi mereka tetap membeli jagung dengan harga Rp 3.800 ribu rupiah per Kilogram dengan berbagai alasan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan juga menandatangani pernyataan sikap dan tuntutan massa aksi. Tanda tangan itu sebagai bentuk kesanggupan Pemerintah Daerah dalam merealisasikan tuntutan para petani, terutama menstabilkan harga komoditas jagung dalam jangka waktu 2 x 24 jam. AZW

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial Kabupaten Dompu mengakomodir ribuan warga tidak mampu menjadi peserta BPJS kesehatan gratis yang dibiayai dari Anggaran...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Dompu terus melakukan verifikasi dan validasi data calon penerima Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Sekda Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra, SKM., M.MKes, sekaligus Ketua Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) meminta agar para petani...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu memberikan apresasi terhadap langkah Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dompu yang melakukan koordinasi terkait pendataan awal Registrasi Sosial...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Dompu menyebut bahwa peran perempuan dalam pembangunan bangsa dan negara sangatlah penting....