Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Waspada! Gejala Hepatitis Akut Mulai Serang Anak di Bima

Bima, Bimakini.- Gejala hepatitis akut mulai menyerang anak-anak di Bima. Bahkan Seorang bocah asal Kecamatan Bolo,  Kabupaten Bima, diduga meninggal karena alami Hepatitis akut. Namun untuk kepastiannya, Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, masih menunggu hasil uji laboratorium.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan  Penyakit Dikes Kabupaten Bima, Alamsyah mengatakan,  sejak 1 Mei 2022 sejumlah kasus muncul dan menyerupai hepatitis akut, jika dilihat dari gejala dan tandanya. Yakni mengalami panas hingga di atas 38 derajat, mual, muntah, hingga pingsan.

Satu anak, kata Alamsyah. Sempat dirujuk ke RSUD Kota Bima, namun meninggal. Hanya saja kepastian penyebab kematiannya masih diselidiki atau uji laboratorium. “Pasien sempat dirujuk ke RSUD Bima, namun karena ruangan penuh, sehingga di rujuk lagi ke RSUD Kota Bima,”  ujarnya, Rabu (11/5/2022).

Disampaikannya, terhadap yang mengalami gelaja tersebut sudah diambil tindakan, seperti rujukan. Baik di RSUD Bima, RSUD Sondosia, RSUD Kota Bima, dan RSUD Dompu.

Dikes, kata dia, juga turun langsung ke lapangan untuk memantau kondisi yang ada. Selain itu memberikan penyuluhan bagaimana mengatasinya.

Mengantisipasi hal itu juga, kata Alamsyah, Pemerintah Kabupaten Bima, melakukan rapat koordinasi. (BE04)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait