Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

12 Kepala Keluarga di Dompu Terpapar Penyakit Mirip Chikungunya

Petugas Kesehatan saat mengunjungi warga Desa Saneo yang mengalami sakit mirip gejala chikungunya.

Dompu, Bimakini. – Sedikitnya, ada 12 Kepala Keluarga di Desa Saneo, Kecamatan Woja bersamaan terpapar penyakit yang mirip dengan gejala chikungunya seperti demam tinggi, nyeri pada sendi dan sakit kepala.

Menanggapi hal itu, Kabid Penyehatan dan Pengendalian Penyakit Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maria Ulfa, Senin kemarin menyatakan bahwa petugas saat ini belum dapat memastikan itu adalah suspek chikungunya.

“Kemarin memang ada 10 sampai 12 Kepala Keluarga yang mengalami gejala seperti cikungunya,” kata Kabid Penyehatan dan Pengendalian Penyakit Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maria Ulfa Senin (13/6/2022).

Dikatakannya, temuan terhadap 12 Kepala Keluarga itu terjadi di Desa Saneo, Kecamatan Woja pada Minggu (29/5) lalu setelah dilaporkan oleh warga dan petugas kesehatan Desa. Namun setelah dilakukan pengecekan, penyakit tersebut tidak mengarah kepada Chikungunya hanya gejalanya yang mirip.

“Gejalanya kan tiba-tiba kaku, nyeri sendi demam juga, tapi di Saneo tidak seperti itu, tapi mirip gelajanya. Kita tidak berani katakan itu Chikungunya karena yang harus diagnosa adalah dokter,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Dompu Barat, Mujakir membenarkan adanya temuan itu. Pihaknya pun langsung turun langsung ke lokasi untuk mengecek.

“Saat itu langsung ditangani oleh petugas, Alhamdulillah selama dua hari kemudian tidak ada perkembangan tambahan atau sudah sembuh,” tuturnya. AZW

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait