Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Ikuti PeSONas 2022, Pengurus SOIna NTB Silaturahmi ke Dikbud, Dinsos dan Dispora NTB.

Pengurus SOIna NTB saat berkunjung ke Dinas Sosial NTB.

Mataram, Bimakini.- Ketua Special Olympics Indonesia (SOIna) Provinsi NTB, H. Andy Hadianto SH, Senin (13/6/2022), melakukan kunjungan silaturahmi ke Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB. Kunjungan ini terkait rencana keberangkatan Kontingen SOIna NTB ke Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) Tahun 2022 yang akan diadakan di Semarang, Jawa Tengah, 3-8 Juli 2022.

Dalam kesempatan silaturahmi itu, Andy Hadianto menjelaskan bahwa PeSONas merupakan program sekaligus gerakan kemanusiaan yang berjuang mewujudkan kesamaan harkat dan martabat manusia bagi insan bertalenta khusus, seperti penyandang disabilitas intelektual.

“Melalui PeSONas, diharapkan bisa memotivasi anak-anak bertalenta khusus agar tetap bersemangat meraih cita-citanya, meningkatkan rasa percaya diri serta bisa mengembangkan bakat dan minatnya,” jelas Andy Hadianto.

“Agenda ini adalah bentuk kepedulian agar tidak ada lagi diskriminasi dan pembedaan antara mereka yang normal dan berkebutuhan khusus. Kegiatan ini mengusung tema Akulah Bintang,” tambahnya.

Secara panjang lebar Andy Hadianto memaparkan, PeSONas adalah ajang dimana anak-anak bertalenta khusus mendapat tempat untuk mengembangkan diri, antara lain di bidang olah raga. Karena baginya, anak bertalenta khusus bukanlah anak cacat. Mereka tidak butuh dikasihani, namun mereka butuh ruang yang seluas-luasnya untuk mengembangkan diri secara maksimal.

Dia menjelaskan, SOIna didirikan tahun 1989 sebagai bagian dari gerakan Special Olympiade Internasional yang fokus pada olahraga beserta program pendukungnya. Kegiatan ini dimulai pada tahun 1968, diprakarsai oleh Euniche Kennedy Schriver. Rencananya, para atlet berprestasi di Pesonas akan diikutsertakan dalam acara Special Olympic 2023 yang akan digelar di Berlin, Jerman.

PeSONas menjadi ajang pesta anak-anak bertalenta khusus yang aman, nyaman, guyub, rukun dan bahagia. Bertema Akulah Bintang,” PeSONas 2022 diperkirakan akan diikuti oleh 2000 atlet dari 34 provinsi dan akan berlaga di 12 cabang olahraga. Antara lain atletik, bulutangkis, tenis meja, sepakbola, renang, bola basket, bocce, futsal, senam ritmik, bola tangan, bola voli dan tari daerah.

Selain itu, PeSONas juga menggelar kegiatan non olahraga, seperti Kongres Nasional Keluarga & Pemuda SOIna, program pelatihan kepemimpinan para atlet, jaringan dukungan keluarga, seni budaya dan revolusi inklusi.

NTB sendiri seperti dikatakan Sekretaris SOIna NTB, Hari Gunawan, akan mengikuti 6 cabang olahraga di PeSONas 2022, yaitu atletik, futsal, renang, bocce, bulutangkis, tenis meja dan nomor seni tari kreasi serta mengikuti seminar keluarga tentang olahraga disabilitas mental.

“Jumlah atlet, pelatih dan official PeSONas NTB sebanyak 56 orang. Harapan medali dari cabor atletik, bocce dan bulutangkis, karena dalam lomba kompetisi nasional virtual atlet NTB banyak mendapatkan prestasi. Tentunya doa dari masyarakat NTB untuk kesuksesan kontingen SOIna NTB,” harap Hari Gunawan. PUR

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi NTB, Drs. H. Surya Bahari, M.MPd., melepas peserta Pertukaran Pemuda antar Provinsi (PPAP) Tahun 2022, di...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Seluruh Aparatur sipil negara (ASN) dan Anggota Polri lingkup bayar KPPN Bima dipersilakan untuk mengecek rekening masing-masing. Selain gaji induk bulan Juli...

Peristiwa

Mataram, Bimakini.- Komisi V DPR RI menggelar Kunjungan Kerja Spesifik terkait pembangunan Bendungan Mujur di Lombok Tengah, Kamis (30/06). Kunker spesifik akan berlangsung hingga...

NTB

Mataram, Bimakini.- Kafilah 10 Kabupaten/Kota se NTB mengikuti pawai ta’aruf MTQ Provinsi NTB ke-29 di Lombok Timur, Kamis (30/6/2022). Mengambil start mulai dari Terminal...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Sebanyak 38 penggiat seni Islami mengikuti Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Lembaga Kesenian Islami. Kegiatan yang digelar Dinas Dikpora Kabupaten Bima,...