Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Pengamanan MXGP, Polda NTB Gelar Apel Pergeseran Pasukan

Mataram, Bimakini.- Apel Pergeseran Pasukan Operasi Samota Rinjani 2022, dalam rangka pengamanan even MXGP Samota 24-26 Juni 2022 mendatang, digelar Polda NTB, Selasa (21/6/2022), di Lapangan Polda NTB. Apel pergeseran pasukan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pengamanan.

Kabid Humas Polda NTB, Artanto, menjelaskan event Moto Cross Grand Prix atau MXGP 2022 di Sirkuit Samota, Sumbawa, menjadi atensi tersendiri Polda NTB. Pasalnya, dalam upaya pengamanan MXGP 2022 Samota, Polda NTB akan melakukan pergeseran pasukan.

“Pergeseran pasukan ini dilihat dari aspek personel maupun sarana prasarana Polda NTB dalam rangka melaksanakan tugas pengamanan di Kabupaten Sumbawa,” ungkap Artanto.

Menurut Artanto, pada apel kesiapan pasukan tersebut, Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda NTB, Kombes Pol. Abubakar Tertusi, bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam kesempatan tersebut, Karo Ops memberikan motivasi kepada seluruh personel, agar semakin profesional, modern dan terpercaya.

“Tanamkan terus rasa bangga dimanapun saudara bertugas serta senantiasa bersyukur. Saya berharap sekembali saudara-saudara dari penugasan BKO, seluruh anggota dalam keadaan sehat walafiat. Âmîn,” harapnya.

Dikatakan bahwa kesuksesan pengamanan MXGP Samota 2022, tidak hanya dinilai dari aman dan lancarnya kegiatan tapi juga terkait dengan terjaminnya protokol kesehatan (prokes), mengingat pelaksanaan MXGP Samota digelar masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Untuk menjamin situasi yang aman dan kondusif selama rangkaian pelaksanaan event, telah disiapkan 2000 personel dengan rincian personel Polda NTB sebanyak 1001 personel,” sebut Abubakar.

Selain itu, katanya, personel Polri dari unsur Polres dan Polresta akan diterjunkan sebanyak 736 personel, Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Mabes Polri sebanyak 123 personel dan 140 personel dari unsur TNI.

“Seluruh personel akan diploting pada seluruh lokasi mulai kedatangan, akomodasi hotel, rute perjalanan dan venue dimana event berlangsung sehingga seluruh penonton, official dan rider merasakan keamanan dan kenyamanan,” jelasnya.

Kepada setiap personel, Karo Ops Polda NTB menekankan agar dalam menjalankan tugas diniatkan sebagai ibadah, menyiapkan mental dan fisik yang dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi.

“Berikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, sehingga dapat menampilkan jati diri Polri yang promoter,” tandasnya.

Namun demikian, lanjut Abubakar, kewaspadaan dan kesiapsiagaan juga harus ditingkatkan sebagai antisipasi dini, segala potensi kerawanan yang dimungkinkan terjadi.

“Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis serta berikan pelayanan yang terbaik,” ujarnya.

Menurutnya, kesuksesan even MXGP Samota memiliki fungsi dan tujuan sama dengan event MotoGP Mandalika, dimana muaranya adalah menunjukkan bahwa Indonesia siap dengan penyelenggaraan even bertaraf internasional.

“Khususnya Provinsi NTB mampu dan siap menyelenggarakan event bertaraf internasional di tengah pandemi Covid-19,” tutupnya. PUR

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Miris, seorang kakek berusia 65 tahun, Warga Desa Sai Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, tewas kala rumahnya dilahap si jago merah Minggu (26/6/22)...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Menjelang pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 57 desa yang tersebar di 18 kecamatan di Kabupaten Bima, 6 Juli 2022...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Seorang remaja sindikat spesialis pencuri sepeda motor, asal Desa Lewintana Kecamatan Soromandi, akhirnya berhasil digulung Tim Puma Polres Jumat (24/06/22) kemarin. Aksi...

NTB

Mataram, Bimakini.- Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, menepis informasi tentang isu penyusunan RUU Pemekaran Daerah di Provinsi NTB. “Hari-hari terakhir...

CATATAN KHAS KMA

DIA sebenarnya lebih suka main bola daripada bermusik. Bahkan pernah merasakan sangat sulit sekali. Ketika guru memberinya tugas memukul drum saat duduk di bangku...