Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Anak-anak Antusias Ikut Lomba Mewarnai dan Hafal Ayat Pendek HAN 2022 di Dompu

Bunda PAUD Kabupaten Dompu, Hj Lilis Suryani Kader Jaelani saat memantau proses mewarnai anak TK IT Mahmed Bayezid Mangge Asi di aula pendopo Bupati Dompu, Sabtu (30/07/2022) pagi.

Dompu, Bimakini. – Perwakilan anak-anak dari Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TK IT) Mahmed Bayezid, Mangge Asi, Kecamatan Dompu antusias mengikuti lomba mewarnai dan menghafal ayat pendek tingkat pendidikan anak usia dini jalur formal (taman kanak-kanak dan raufhatilul athfal) se Kecamatan Dompu dan Woja pada Sabtu (30/07/2022) pagi.

Kegiatan tersebut digelar Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Dompu bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) dan Dharma Wanita Persatuan Cabang Dompu dalam menyambut Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022 dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” di aula pandopo Bupati Dompu.

Selain anak-anak perwakilan dari TK IT Mahmed Bayezid Mangge Asi, kegiatan tersebut juga dihadiri ratusan anak dari pendidikan anak usia dini jalur formal se Kecamatan Dompu dan Woja. Untuk lomba mewarnai diadakan di aula pendopo Bupati, sementara lomba menghafal ayat pendek dilakukan di gedung PKK Dompu.

Bunda PAUD Kabupaten Dompu, Hj Lilis Suryani Kader Jaelani saat membuka acara lomba mewarnai dan menghafal ayat pendek tersebut meminta agar orang tua dan guru pendamping memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk menentukan dan memilih warna, serta cara mewarnai. Memberikan ruang kepada mereka untuk berekspresi mengeluarkan hasil pikiran untuk kegiatan itu.

“Khsus anak-anak yang mewarnai, biarkan mereka berekspresi sendiri. Jangan diatur-atur, mau warna merah, biru, biarkan mereka berekspresi. Jangan menekan anak untuk memilih warna berdasarkan keinginan orang tua atau guru. Nanti kita lihat saja secara bersama-sama hasilnya,” kata istri Bupati Dompu berkali-kali.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dia berharap kegiatan itu dapat meningkatkan kreativitas anak. Sebab, aktivitas mewarnai dinilai menyenangkan dan dapat membantu perkembangan anak. Karena mewarnai mampu memicu imajinasi anak-anak dan memberi mereka kesempatan untuk mengekspresikan diri.

Terutama keterampilan diperoleh dari kemampuan anak untuk mengolah tangan yang dilakukan secara berulang-ulang sehingga semakin lama anak bisa mengendalikan serta mengarahkan sesuai yang dikehendaki. Kerapian dilihat dari bagaimana anak memberi warna pada tempat-tempat yang telah ditentukan, semakin lama anak akan semakin terampil untuk menggoreskan media pewarnanya karena sudah terbiasa.

Sementara kesabaran diperoleh melalui kegiatan memilih dan menentukan komposisi yang tepat sesuai pendapatnya seberapa banyak warna yang digunakan untuk menentukan komposisi warnanya. Usaha yang dilakukan secara terus-menerus akan melatih kesabaran anak.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas dan ekspresi anak-anak,” harapnya. AZW

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Untuk mewujudkan Kabupaten Dompu yang Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius (MASHUR) sebagaimana visi – misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Dompu,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Dompu mengeluarkan intruksi terkait penertiban Lahan Hak Guna Usaha Eks PT Asia Tunggal Inti (ATI) dan PT...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Dompu memastikan penyaluran BLT BBM dari APBD tahun anggaran 2022 tepat sasaran. Untuk memastikan itu, pada Kamis...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Upaya meningkatkan transparansi dalam mewujudkan prinsip yang tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah dan tepat admistrasi (4T). Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Keberhasilan Pemkab Dompu dalam mengurangi angka kemiskinan cukup membuahkan hasil. Hal tersebut diketahui dari data jumlah penerima Program Keluarga Harapan (PKH)...