Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Heboh! Pelaksanaan Asik Bang BNPT dan FKPT NTB

Tiga nominasi festival Asik Bang BNPT di NTB saat menerima hadiah.

Mataram, Bimakini.- Pelaksanaan Asik Bang (Aksi Musik Anak Bangsa) yang menjadi program Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) bidang Media Massa, Hukum dan Humas NTB berlangsung heboh, 13 Juli 2022, di Bale Rasa Lombok.

Hebohnya acara yang diikuti 12 peserta dari berbagai kalangan tersebut, karena masing-masing peserta membawa suporter, lengkap dengan yel-yel dan bendera yang bertuliskan BNPT dan FKPT. Ditambah lagi, masing-masing peserta Asik Bang yang berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum ini memiliki ciri dan karakter masing-masing.

Dari 12 peserta yang tampil dalam festival tersebut, tiga juri, dimana salah satunya merupakan juri nasional dan musisi nasional era 90-an, Oppy Andaresta dan juri daerah, Tri Pitaka, seorang musisi dan guru vokal di NTB serta Supri Karyadi dari FKPT NTB menentukan tiga nominasi terbaik dalam laga tersebut.

Ketiga grup yang berhak maju ke penilaian tingkat nasional, diantaranya Triflo, Biru Jingga dan Violet Peregord. Atas berhasilnya ketiga nominasi ini berhak mendapatkan hadiah masing-masing Rp 1,5 juta ditambah piagan.

Atas terselenggaranya festival Asik Bang di NTB, juri Nasional, Oppy Andaresta, merasa puas dan bangga kepada seluruh peserta di NTB. Katanya, peserta dari NTB ini beraneka ragam, suku, agama dan ras.

Misalnya saja Triflo, kelompok penyanyi yang terdiri dari tiga vokalis merupakan peserta campuran asal daerah Adonara NTT bersama vokalis asal Lombok NTB. Walaupun berbeda agama dan suku mereka bisa bersatu.

Begitu juga dengan Violet Peregord, peserta yang usianya baru 13 tahun ini merupakan putri keturunan dengan ayah asal Amerika dan Ibu asal Lombok. Dia lahir di Amerika dan sekarang tinggal di Lombok.

“Ini menunjukkan bahwa dengan musik dapat mempersatukan bangsa. Adanya perbedaan diantara kita jangan sampai membuat kita terpecah belah. Sesuai dengan semboyan Bangsa Indonesia, yaitu Bhineka Tunggal Ika, kita berbeda-beda tetapi tetap satu. Kalian ini keren banget,” kata Oppy disambut dengan tepuk tangan meriah ketika dimintai komentar oleh MC, Mbak Nida, di tengah-tengah jeda para peserta tampil.

Begitu juga dengan juri daerah, Tri Pitaka, musisi dan guru vokal ini memberikan apreasi yang cukup tingga terhadap seluruh peserta. “Semua mantap. Bagi peserta yang masuk nominasi untuk menjadi perwakilan NTB di jenjang nasional hendaknya lebih mempersiapkan diri. Berlatih lagi sehingga bisa tampil lebih maksimal,” ungkapnya.

Di NTB, kata Ketua Bidang Media Masa, Hukum dan Humas FKPT NTB, Rachman Hakim, penampilan peserta festival yang membawakan lagu wajib Salam Indonesia Harmoni yang dikarang Kepala BNPT, Komjen Pol Dr Boy Rafli, merupakan hasil seleksi dari puluhan peserta yang mendaftar melalui link yang sudah disediakan panitia.

“Sampai masa berakhirnya pendaftaran, masih cukup banyak calon peserta yang mau daftar. Ini menunjukkan bahwa kegiatan ini mendapat sambutan yang cukup baik di tengah-tengah masyarakat. Apalagi moment seperti ini sudah lama tidak dilaksanakan sejalan dengan pandemi Covid-19,” katanya.

Sesuai keinginan dari peserta dan para elemen masyarakat kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Kami berharap tahun depan dapat dilaksanakan lagi,” kata Kaisar, vokalis Triflo seraya menambahkan, dirinya yang akan mewakili NTB di Festival Asik Bang tingkat nasional akan lebih mempersiapkan diri lebih matang. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima melalui Surat Keputusan KPU Kota Bima Nomor: 109/PL.02.2.BA/4/2024 menetapkan, jumlah syarat minimal dukungan bakal Pasangan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.-  Pembentukan Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta Wali...

Politik

Mataram, Bimakini.- DPD PDI Perjuangan angkat bicara terkait mundurnya H. Lalu Budi Suryata sebagai Sekretaris DPD PDI Perjuangan NTB dan sekaligus sebagai kader Partai...

Peristiwa

Dompu, Bimakini – Setelah bentrokan terjadi antara massa aksi dari Aliansi Tani Menggugat yang menuntut kenaikan harga jagung dengan aparat Kepolisian di Kecamatan Manggelewa...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Setekah mendapat surat tugas sebagai Calon Wakil Wali Kota Bima pada Pilakda 2024, Ketua DPD Golkar Kota Bima, Alfian Indrawirawan, menyebut...