Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Bawaslu Kabupaten Bima Beberkan Hasil Temuan Selama Vermin Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, SH (berdiri) saat memberi arahan pada staf.

Bima, Bimakini.- Bawaslu Kabupaten Bia beberkan hasil pengawasan melekat terhadap proses pendaftaran dan Verifikasi Administrasi (Vermin) Parpol Calon Peserta Pemilu Serentak Tahun 2024 di KPU Kabupaten Bima. Berdasarkan hasil pengawasan sejak 1 Agustus 2022  tersebut, Bawaslu Kabupaten Bima akan segera menyampaikan rekomendasi sebagai saran perbaikan kepada KPU Kabupaten Bima.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, S.H menjelaskan, pendaftaran Parpol calon peserta Pemilu 2024 berlangsung selama 14 hari, mulai 1 hingga 14 Agustus 2022. Selama proses pendaftaran, tidak ada aktivitas yang dilakukan oleh KPU, kecuali hanya menerima konsultasi Parpol melalui Helpdesk KPU dan menunggu konfirmasi dari KPU RI.

“Selama kurun waktu itu KPU Kabupaten Bima hanya menerima konsultasi dari Parpol sembari menunggu konfirmasi dari KPU RI sebagaiman diungkapkan oleh Ketua dan anggota KPU melalui rapat kordinasi yang dilakukan di kantor Bawaslu Kabupaten Bima,” jelasnya, Senin (22/8/2022).

Lanjutnya, berdasarkan hasil pengawasan terhadap Vermin yang dilakukan KPU sejak 16 Agustus lalu, Bawaslu menemukan beberapa hal. Antara lain kegandaan, ketidaksesuaian identitas, dan sebaran keanggotaan Parpol masih ada yang kurang dari syarat minimal.

Kegandaan itu, urainya, terdapat  ganda di internal Parpol dan ada yang ganda eksternal, yakni ganda dengan Parpol lain. Jenis gandanya pun, beragam, antara lain ada yang ganda identik yakni nama, alamat, pekerjaan, status kawin, usia, tanggal lahir dan NIK-nya sama semua , ada juga ganda yang hanya nama, alamat, dan tanggal lahir sama, namun memiliki NIK yang berbeda, ataupun sebaliknya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sementara terkait ketidaksesuaian identitas, adalah ditemukan adanya nama dan nik yang tidak sesuai antara kartu keanggotaan Parpol yang terdapat dalam SIPOL dengan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB), serta masih ada KTP yang terinput dalam SIPOL yang bukan KTP-elektronik, dan lainnya.

Berdasarkan hasil pengawasan tersebut,  Bawaslu Kabupaten Bima akan menyampaikan saran perbaikan kepada KPU sehingga proses Vermin yang dilakukan dapat dilaksanakan sesuai dengan PKPU 4 2022 dan Surat Keputusan KPU Nomor 260 Tahun 2022.

“Kami akan segera menyampaikan rekomendasi saran perbaikan agar dapat ditindaklanti oleh KPU Kabupaten Bima,” pungkasnya. IAN.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Tim Verifikasi Faktual Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024, Rabu (19/10/2022) mulai turun. Ditandai dengan dilaksanakannya apel pelepasan Tim...

Politik

Bima, Bimakini.- Tahapan verifikasi factual Partai Politik Calon Peserta Pemilu Serentak Tahun 2024, saat ini tengah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima. Terhitung...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum Kota Bima mulai melaksanakan kegiatan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024, Minggu...

Politik

Bima, Bimakini.- Pelaksanaan tes tertulis online melalui system Computer Assisted Test (CAT) calon anggota Panwaslu Kabupaten Bima, gagal dilaksanakan. Sedianya, tes CAT yang dilaksanakan...

Politik

Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Partai Politik (Parpol) di wilayah setempat agar melaksnakan verifikasi sesuai...