Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

7 Cara Menghilangkan Debu Bandel di Rumah

(Foto oleh Matilda Wormwood: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-wanita-kamar-bersih-4099467/)

Debu yang menempel di permukaan lantai rumah, perabotan yang mengisi rumah, hingga mencemari udara yang dihirup oleh seluruh anggota keluarga, tentu, menjadi sebuah permasalahan yang mengancam kesehatan.

Banyak cara menghilangkan debu yang bisa Anda praktikkan di rumah, tetapi memastikan debu tidak kembali butuh usaha yang ekstra. Berikut beberapa cara yang bisa Anda praktikkan untuk memastikan debu yang membandel menghilang dan tidak kembali dalam waktu yang lama.

Coba 7 Cara Menghilangkan Debu di Rumah
Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memastikan debu halus menghilang dan tidak kembali mengotori lantai, permukaan barang, hingga udara di rumah Anda. Untuk mewujudkan hal itu, Anda bisa mengikuti tips di bawah ini!

1.     Ganti Bedcover Seminggu Sekali
Tungau debu betah tinggal pada benda-benda, seperti sarung bantal, sprei, hingga kasur di dalam kamar. Alasan ini membuat beberapa orang menambahkan bed cover sebagai pelapis di atas sprei untuk menambah perlindungan dari tungau debu tersebut. Namun, Anda juga harus mengingat bahwa menambah lapisan tidak akan banyak berarti jika Anda tidak mengganti kain-kain pelapis kasur dengan rutin, setidaknya seminggu sekali.

2.     Mencuci Bantal
Mencuci sarung bantal serta penutup kasur lainnya masih membuat tempat tidur Anda terpapar oleh debu halus. Namun, jika Anda bertindak lebih jauh dengan cara rajin mencuci bantal, maka Anda bisa mulai tidur dengan tenang. Cuci bantal dengan mesin cuci atau tangan sambil menambahkan deterjen berbahan lembut. Jika, Anda terlalu sibuk, Anda bisa membawanya ke dry cleaner langganan Anda.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

3.     Merapikan Lemari Pakaian
Serat yang lepas dari kain pakaian cenderung memicu timbulnya debu. Untuk mengatasinya, sebelum menaruh pakaian di lemari, bungkus dulu pakaian dengan plastik, kotak, atau tas pembungkus pakaian. Hal ini berguna untuk menjaga agar debu tidak berterbangan setiap kali Anda membuka lemari.

4.     Memasang Keset
Setiap orang yang masuk ke dalam rumah Anda membawa kotoran baik dari pakaian yang dikenakannya, maupun dari permukaan kaki sekalipun sudah tersembunyi di balik kaos kaki dan alas kaki.

Untuk mencegah kotoran dan debu masuk ke dalam rumah, Anda harus menyediakan keset di depan pintu rumah. Anda juga bisa memakai keset di depan pintu ruangan lainnya untuk berjaga-jaga.

Pilihlah karpet yang dilapisi bulu di atasnya untuk menangkap debu agar tidak kembali berhamburan ke lantai rumah dan pastikan Anda memvakum dan mencucinya secara rutin agar debu tidak menumpuk.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

5.     Hindari Meletakkan Banyak Barang di Lantai
Tumpukan barang di lantai, mulai dari perabotan besar seperti lemari atau rak hingga perabotan kecil seperti mainan anak, pakaian, majalan, dan buku menyumbangkan banyak debu di lantai rumah Anda.

Sekalipun sudah membersihkannya, debu bisa saja bersembunyi pada celah yang tidak tercapai oleh sapu atau vakum. Oleh karena itu, singkirkan barang yang tidak sering digunakan dari lantai rumah Anda.

6.     Mengepel Lantai
Mengepel lantai juga merupakan cara terbaik untuk memastikan debu yang dapat mengganggu pernapasan dan bikin bersin tersingkir dari lantai rumah dan tidak kembali dalam waktu yang lama. Mengepel lantai bahkan bisa menyingkirkan hingga 90% debu di dalam rumah.

7.     Menyingkirkan Karpet
Hindari menggunakan lantai dari karpet di rumah Anda. Alih-alih karpet, gunakan lantai yang terbuat dari material vinyl, ubin, linoleum, atau kayu yang keras untuk menghindari munculnya debu.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Namun, jika Anda sudah terlanjur memakai lantai yang berbahan karpet atau melapisi sebagian besar lantai di rumah dengan karpet, maka Anda perlu membersihkan lantai dengan penyedot debu yang berfungsi optimal untuk memerangkap partikel terkecil sekalipun.

Salah satu penyedot debu yang bisa Anda andalkan untuk kebersihan rumah Anda adalah produk penyedot debu dari Dyson. Penyedot debu Dyson dilengkapi dengan mesin filter bersistem 6 lapis yang mampu menangkap partikel seukuran 0,3 mikron dengan efisiensi hingga 99,7%.

Anda bisa membeli penyedot debu Dyson di toko elektronik konvensional atau melalui gerai online resmi di e-commerce terpercaya, seperti Blibli. Di Blibli, Anda tidak hanya bisa menemukan barang original dari produsen Dyson resmi, tetapi juga keuntungan seperti pengiriman yang cepat, gratis ongkir, dan banyak promo lainnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

  Kota Bima, Bimakini.com.- Warga Desa Padamara Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu, Taufik (43), Minggu (12/5) sekitar pukul 19.00 WITA menjadi korban amukan warga di...