Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Bawaslu Dompu Jadikan Kandai Satu Sebagai Kelurahan Anti Politik Uang

Suasana sosialisasi dan launching pengawasan partisipatif dan anti politik uang di Kelurahan Kandai Satu, Kecamatan Dompu, Rabu (28/09/2022).

Dompu, Bimakini. – Bawaslu Kabupaten Dompu melakukan sosialisasi dan launching pengawasan partisipatif dan anti politik uang di Kelurahan Kandai Satu, Kecamatan Dompu, Rabu (28/09/2022) pagi.

Pada kesempatan itu, Bawaslu Kabupaten Dompu menjadikan Kandai Satu sebagai percontohan Kelurahan pengawasan partisipatif dan Kelurahan anti politik uang (APU) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 mendatang.

Selain dihadiri Ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Dompu, kegiatan yang menggandeng komunitas Barisan Pemuda Sambitangga Selatan (Babsata) tersebut juga dihadiri anggota KPU Kabupaten Dompu, Camat Dompu, Lurah Kandai Satu, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh perempuan dan sejumlah masyarakat Kelurahan setempat.

Kegiatan lounching Kelurahan Kandai Satu sebagai Kelurahan pengawasan partisipatif dan Kelurahan anti politik uang (APU) pada Pemilu serentak 2024 itu ditandai dengan pemukulan gendang, pembagaian baju kaos, kemudian dilanjutkan sosialisasi dari Bawaslu soal pengawasan partisipatif dan dampak buruk dari praktek politik uang bagi demokrasi.

Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu, Drs Irwan., menyampaikan bahwa penetapan wilayah Kandai Satu sebagai Kelurahan pengawasan partisipatif dan Kelurahan anti politik uang (APU) karena adanya komitmen bersama antara pemerintah Kelurahan, masyarakat dan Bawaslu untuk secara bersama-sama menolak politik uang.

“Semuanya menerima dan menyambut baik program Bawaslu, apalagi komunitas Babsata sebagai mitra Bawaslu yang bersedia dan secara bersama-sama menolak politik uang,” terangnya.

Dijelaskanya, kegiatan tersebut merupakan rangkaian program dari Bawaslu secara nasional dan diikuti Bawaslu Kabupaten dan Kota se Indonesia. Tujuanya, untuk membentuk kesadaran masyarakat agar berpartisipasi aktif melakukan pengawasan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang dan dengan tegas menolak segala bentuk praktek politik uang.

“Mari secara pelan-pelan, mulai dari sekarang untuk menolak politik uang. Kalau bukan kita, siapa lagi. Ini langkah awal menuju Pemilu yang bebas dari politik uang,” terangnya.

Pada momentum tersebut, Ketua Bawaslu mengharapkan adanya partisipasi aktif masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 nantinya untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama awasi, cegah dan tindak,” ajaknya.

Senada disampaikan Camat Dompu, Syahudin Abi S.Ip, M.AK. Dia mengapresiasi langkah Bawaslu Dompu mencegah terjadinya politik uang dalam pesta demokrasi dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Dia pun mengajak seluruh masyarakat agar dapat mengambil bagian dan ikut menyuarakan tolak politik uang. Sebab, politik uang dapat mencederai pesta demokrasi dan melanggar ketentuan hukum.

“Politik uang sangatlah nyata. Ini langkah awal menuju Pemilu yang bebas politik uang. Kami akan menfasilitasi jika Bawaslu ingin melakukan kegiatan yang sama di Desa/Kelurahan lain di Kecamatan Dompu agar kondisi ideal tersebut bisa terwujud,” urai Camat Dompu.

Menurutnya, jika seorang pemimpin terpilih karena uang, maka setelah terpilih tentu nantinnya akan berfikir akan mengembalikan modal yang dikeluarkan. Akibatnya, mengabaikan tugasnya dalam mensejaterakan rakyat. Korupsi, kolusi dan nepotisme pasti tak terhindarkan.

“Kelurahan Kandai Satu siap dijadikan contoh bagi Desa atau Kelurahan lain agar dalam Pemilu bebas dari politik uang,” cetusnya. AZW

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini.- Lembaga Pemerataan Pembangunan (LPP)  Dompu, msnduga  ada kecurangan pemilu. Hasil Rapat Pleno Kecamatan tidak sesuai dengan C hasil dan Salinan C hasil...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini. – Jajaran Bawaslu Kabupaten Dompu bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dompu menertibkan ratusan...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini. – Tahapan kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2023 dimulai pada 28 November ini. Untuk itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Dompu kembali mengingatkan...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini. – Ketua Panwaslu Kecamatan Dompu, Muhammad Azwar melantik dan mengambil Sumpah/Janji Penggantian Antar Waktu (PAW) Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) Bada Kecamatan Dompu dalam...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini. – Sidang mediasi penyelesaian sengketa proses antara KPU Kabupaten Dompu dengan partai Demokrat yang digelar Bawaslu Kabupaten Dompu, Senin (18/09/2023) selesai. Hasil...