Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

PT STM Dituding Biang Kerok Ricuhnya Warga Desa Daha dan Hu’u

Kapolres Dompu turun tangan amankan situasi kericuhan antara warga Desa Daha dan Hu’u.

Dompu, Bimakini. – PT Sumbawa Timur Mining (STM) dituding sebagai biang kerok ricuhnya warga Desa Daha dan Desa Hu’u, Kecamatan Hu’u pada Selasa (27/09/2022).

Tudingan tersebut disampaikan aktivis mahasiswa, Caca Handika. Apalagi kericuhan itu berawal dari aksi pemblokiran jalan oleh warga karena merasa tidak puas dengan perekrutan tenaga kerja oleh PT STM.

Menurut dia, tidak bisa pungkiri bahwa jika ada tambang, disitu ada penderitaan warga, ada kerusakan lingkungan, dan bahkan ada pertumpahan darah. Dampak negatif industri pertambangan terhadap lingkungan hidup dan masyarakat berlangsung dari hulur ke hilir, peran pemerintah dinilai tidak signifikan terutama dalam mengawasi.

“Mari kita refleksi kembali, mungkin kita semua masih ingat peristiwa Bima berdarah ketika masyarakat Sape – Lambu melakukan aksi penolakan tambang dan meminta SK 188 tentang Izin Usaha Pertambangan (IUP) dicabut,” urainya.

“Disitu terjadi pertumpahan darah, kantor Bupati Bima dibakar dan bahkan menelan korban jiwa. Tentu kita tidak ingin terjadi hal yang sama dengan masyarakat Dompu, sebab mereka punya karakter yang sama. Maka segera bersikap usir PT STM dari tanah Dompu,” tegas Caca Handika.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Saat berlangsungnya aksi pemblokiran jalan, personel Polres Dompu yang mengamankan aksi telah melewati beberapa tahapan. Terutama dengan melakukan penggalangan dan komunikasi yang baik dengan warga. Namun tidak membuahkan hasil, sehingga dilakukan upaya paksa untuk membuka kembali jalan raya yang diblokir.

Saat dilakukan upaya paksa, massa sempat melakukan perlawanan dengan melakukan pelemparan terhadap personel Polres Dompu. Akibatnya, salah satu anggota Polres Dompu alami luka robek dibagian kepala karena lemparan massa.

Aksi warga Desa Daha yang melukai anggota Polres Dompu tersebut menimbulkan kemarahan warga Desa Hu’u, sebab anggota Polri yang menjadi korban pelemparan tersebut merupakan warga asli Desa Hu’u.

Akhirnya kedua warga Desa sempat bersitegang dan bentrok mengakibatkan beberapa warga dari kedua desa terluka. Namun, insiden tersebut tidak berlangsung lama berkat kesigapan dan kerja keras personel Polres Dompu yang berupaya menengahi kedua kubu yang bertikai.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, SIK., yang turun tangan mengamankan situasi membenarkan adanya insiden itu. Setelah dilakukan mediasi dengan beberapa tokoh masyarakat dan pemuda dari kedua Desa situasi pun berangsur pulih dan kondusif.

“Awalnya memang ada pemblokiran jalan atas ketidakpuasan warga Desa Daha dalam perekrutan tenaga kerja oleh salah satu PT dan kemudian merembet pada kisruh warga Desa Hu’u dan Daha, namun semuanya tidak berlangsung lama dan bisa teratasi, kini situasi sudah kembali kondusif,” ungkap Kapolres. AZW

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Olahraga & Kesehatan

Dompu, Bimakini. – Setelah melakukan bakti sosial pada Desa – desa di Kecamatan Hu’u, kini PT Sumbawa Timur Mining (PT STM) bersama warga Desa...

Ekonomi

Dompu, Bimakini. – Sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Pusat Aliansi Mahasiswa Peduli Indonesia (DPP AMPI) melakukan aksi demonstrasi di depan gedung Sequis Tower, Kebayoran Baru,...

Ekonomi

Dompu, Bimakini. – Akhir-akhir ini, isu penolakan tambang PT Sumbawa Timur Mining (STM) yang beroperasi di Desa Hu’u, Kecamatan Hu’u ramai digencarkan para aktivis....

Ekonomi

Dompu, Bimakini. – PT Sumbawa Timur Mining (STM) pemegang izin pertambangan di Desa Hu’u, Kecamatan Hu’u tetap memprioritaskan tenaga kerja lokal yang berkompeten sebagai...

Ekonomi

Dompu, Bimakini.- Keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) di Kabupaten Dompu sangat urgen dan penting. Untuk menyiapkan tenaga kerja muda di Kabupaten Dompu. Hal itu...