Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Songsong Kurikulum Merdeka, Rapor Pendidikan Kabupaten Bima Harus Hijau

Kepala sekolah/madrasah saat berdiskusi saat Pembekalan Implementasi Kurikulum Merdeka Tahapp 2B, bagi Kepala Sekolah, Kepala Madrasah dan Pengawas di Kabupaten Bima.

Bima, Bimakini.- Menyongsong kebijakan kurikulum merdeka, maka rapor pendidikan di Kabupaten Bima harus hijau. Maka perlu ada langkah bersama untuk menentukan target kedepa.

Selain itu, kata kata Kabid Dikdas Dinas Dikbupora  Kabupaten Bima, Husnul Khatimah mengatakan, perlu ada penentuan target sehingga tahun depan tidak lagi merah. Bahkan bila perlu tidak menunggu tahun depan, namun menggenjotnya saat ini.

“Menyongsong program implementasi kurikulum merdeka, kemampuan literasi siswa SD/MI harus berbasis data. Maka dengan fakta, tidak ada lagi yang dimanipulasi,” ujarnya saat kegiatan Pembekalan Implementasi Kurikulum Merdeka Tahapp 2B, bagi Kepala Sekolah, Kepala Madrasah dan Pengawas di Kabupaten Bima, Selasa.

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi Pemerintah Kabupaten Bima, LPTK dan Inovasi. Pembekalan yang berlangsung di aula Hotel Lambitu tersebut diikuti kepala sekolah di 25 SD dan MI yang mendapat program dampingan Inovasi.

Kata Husnul, Kepala sekolah memiliki peran dan peluang penting dalam membantu guru meningkatkan capaian belajar literasi siswa. Perlunya mengidentifikasi masalah, menentukan target peningkatan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selain menentukan target perubahan kemampuan siswa diakhir tahun ajaran 2022/2023, juga perlu menyepakati program sekolah untuk ditetapkan di tahun pelajaran 2022/2023.

Sementara itu, Kasi Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Bima, Drs H Abdul Haris, MPd mengatakan, perlu ada perubahan-perubahan untuk mengubah kondisi saat ini. termasuk mengubah rapor pendidikan Kabupaten Bima dari merah ke hijau.

Sekolah perlu melakukan pengukuran sendiri tentang indeks kemampuan literasi siswa. Melalui pengukuran itu, diperoleh data riil kondisi siswa.

Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima, Zunaidin, SSos, MM mengatakan, akan segera melakukan replikasi agar sekolah dapat melakukan pengukuran indek pendidikannya. Tujuannya dengan mengetahui data kondisi siswa, maka dapat membuat rencana intervensi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Saya juga meminta agar kepala sekolah yang sudah mendapat pembekalan atau intervensi program dapat mengimbaskannya kepada kepala sekolah lainnya,” harapnya.

Distric Manager INOVASI Pulau Sumbawa, Dr Toha Arifin mengatakan, pembekalan tahap 2 B ini  akan mendukung tahap 2 B untuk guru yang akan dilaksanakan nantinya. Untuk guru pembekalannya untuk menyusun tujuan pembelajaran dan menyusun modul ajar.

“Untuk kepala sekolah, lebih  pada memperdalam perencanaan, terutama dikaitkan dengan rapor mutu atau pendidikan. Juga melakukan fungsi supervisi akademik,” terangnya.

Selain itu, kata dia, melakukan pembenahan terhadap kemampuan literasi siswa. Sekolah-sekolah dampingan juga sudah diminta melakukan assesmen, mengukur indeks mutu pendidikan di sekolah.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pertemuan itu, para kepala sekolah/madarsah dan pengawas mencoba memetakan data kemampuan siswa berdasarkan hasil assesmen sebelumnya.

Sementara itu, Kepala MIS Sari, Kecamatan Sape, Abdul Hafid mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat untuk mendukung kebijakan kurikulum merdeka. Sejauh ini ada tantangan yang dihadapi, terutama kedisplinan siswa datang ke sekolah.

Banyak siswa yang tidak mendapatkan pendidikan langsung dari orang tuanya, karena bekerja di luar negeri. Juga anak-anak kerap ikut orang tua ke ladang saat musim tanam dan panen. “Itu jadi tantangan dan termasuk buku untuk menghadapi kurikulum merdeka,” ujarnya.  IAN

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Tim Monev Program INOVASI berkunjung SDN 01 Sari Desa Sari, Kecamatan Sape dan ke Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sari, Rabu 2 November 2022....

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Program INOVASI yang merupakan kemitraan antara Pemerintah Australia dengan Pemerintah Indonesia dibidang pendidikan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi secara inklusif.Tim INOVASI...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten Bima  mendapat kehormatan untuk berbagi praktek baik di tingkat Nasional. Pemkab Bima dinilai berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan literasi anak, khususnya...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora)  Kabupaten Bima, Zunaiddin, SSos, MSi, berkomitmen untuk mereplikasi  metode pembelajaran TaRL di seluruh sekolah...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Program INOVASI NTB menyosialisasikan tentng Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 347 Tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Sosialiasi dilakukan...