Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Tingkatkan Kapasitas, Bupati Dompu Ikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan

Bupati Dompu dan Wakil Bupati saat mengikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 via zoom meeting.

Dompu, Bimakini. – Upaya meningkatkan kapasitas dalam mengelola keuangan negara, Bupati Kabupaten Dompu dan Wakil Bupati mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 yang digelar Menteri Keuangan RI melalui zoom meeting, Kamis (22/09/22).

Rakernas dilaksanakan mengacu pada Surat Menteri Keuangan Nomor: UND-3/MK.5/2022 Tanggal 21 September 2022, Perihal: Ralat Undangan Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022, di tandatangani Direktur Jenderal Perbendaharaan.

Pada moment tersebut diserahkan Piagam Penghargaan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, kepada Kementerian / Lembaga Negara, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, yang berprestasi dalam pengelolaan keuangan negara, dengan telah mendapatkan Opini WTP dari BPK, minimal 10 sampai dengan 15 kali berturut.

Di Rakernas ini, Kabupaten Dompu menjadi salah satu dari Kabupaten/Kota yang di undang secara on-line oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia, bersama 377 Kabupaten/Kota se Indonesia.

Bupati Dompu, H. Kader Jaelani, menyatakan bahwa rakernas tersebut merupakan wahana yang baik bagi daerah untuk meningkatkan kapasitasnya dalam hal pengelolaan keuangan negara agar sesuai dengan ketentuan, dan agar tidak menyalahi ketentuan yang berlaku.

“Saya patut bangga dan berbahagia, Kabupaten Dompu dapat di undang hadir dalam kegiatan rakernas dimaksud,” terangnya.

Menurutnya, hadir dalam rakernas yang berskala nasional tersebut akan mendapatkan banyak informasi terkait penatakelolaan keuangan negara sehingga dapat dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dia berharap kedepannya, jajaran Pemda Dompu lebih bersemangat lagi untuk meraih Opini WTP berikutnya, tidak hanya dengan telah menorehkan 8 kali Opini WTP, namun seterusnya Opini WTP ditorehkan.

Katanya, torehan Opini WTP dari BPK menjadi prestasi yang membanggakan bagi daerah dalam pengelolaan keuangan negara, dengan Opini WTP tersebut menjadi pengakuan dari pihak yang berwenang bahwa daerah telah melakukan pengelolaan keuangan negara berdasarkan ketentuan yang berlaku.

“Semoga Opini WTP 8 kali berturut-turut yang telah diraih mampu membangkitkan semangat jajaran Pemda Dompu dan juga pihak terkait untuk terus meningkatkan sinergisitas, kerjasama dan kebersamaannya,” harapnya. ADV

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini – Setelah bentrokan terjadi antara massa aksi dari Aliansi Tani Menggugat yang menuntut kenaikan harga jagung dengan aparat Kepolisian di Kecamatan Manggelewa...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Sejumlah ibu-ibu dan mahasiswa di Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu yang tergabung dalam Aliansi Tani Menggugat menggelar aksi blokade jalan negara di...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Sebanyak 32 bidan pendidik (D4) yang telah dinyatakan lulus seleksi pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Bupati Kabupaten Dompu didesak agar segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) tentang pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) terhadap 32 orang...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Bupati Kabupaten Dompu, H. Kader Jaelani (AKJ) resmi melantik eks Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu Firman, S.Pd., sebagai Kepala...