Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Dinsos Dompu Pastikan Penerima BLT BBM dari APBD 2022 Tepat Sasaran

Suasana asistensi data calon penerima BLT BBM yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2022 di Dinsos Kabupaten Dompu, Kamis (06/10/2022).

Dompu, Bimakini. – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Dompu memastikan penyaluran BLT BBM dari APBD tahun anggaran 2022 tepat sasaran. Untuk memastikan itu, pada Kamis 06 Oktober 2022 pagi hingga pada Rabu (12/10/2022) mendatang melakukan asistensi data calon penerima manfaat bantuan tersebut.

Berdasarkan jadwal yang disusun Dinas Sosial Kabupaten Dompu, asistensi data calon penerima bantuan BLT BBM untuk Desa/Kelurahan di Kecamatan Dompu mulai dilakukan pada Kamis (06/10/2022).

Sementara untuk asistensi calon penerima bantuan pada desa-desa di Kecamatan Kempo dilakukan pada Jumat (07/10/2022). Asistensi calon penerima bantuan untuk masyarakat desa di Kecamatan Hu’u dan Kecamatan Kilo dilakukan pada Senin (10/10/2022).

Kemudian untuk Woja dan Pekat dilakukan pada Selasa (11/10/2022). Manggelewa dan Pajo dilakukan asistensi pada Rabu (12/10/2022). Dalam asistensi data tersebut, Dinsos meminta Kepala Desa dan Lurah agar menugaskan operator atau tenaga yang berkompeten dengan membawa data calon penerima bantuan hasil verifikasi, validasi dan pemadan.

Serta membawa data jumlah alokasi penerima bantuan yang telah ditetapkan, serta membawa By Name By Adress (BNBA) yang tidak berdapat dalam data, tetapi memenuhi kriteria sebagai calon penerima.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dompu, Drs Abdul Haris., menyatakan bahwa asistensi tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan transparansi dalam mewujudkan prinsip yang tetap sasaran, tepat waktu, tepat jumlah dan tepat admistrasi.

“Asistensi ini dilakukan untuk memastikan kembali validasi data calon penerima bantuan, memastikan kembali apakah calon penerima ini memenuhi kriteria atau tidak sebelum ditetapkan oleh pemerintah Desa atau Kelurahan sebagai penerima bantuan,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Data, PSKS dan Informasi Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Dompu, Sadarudin SE., menyatakan bahwa proses asistensi tersebut merupakan proses vinalisasi data calon penerima bantuan agar ditetapkan melalui surat keputusan Kepala Desa dan atau Kelurahan sebagai penerima bantuan BLT BBM dari APBD tahun anggaran 2022.

Katanya, besarnya BLT kompensasi dari kenaikan BBM yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2022 tersebut rencananya sebesar Rp 150 ribu rupiah perbulan. Rencananya, bantuan tersebut diberikan selama 3 bulan dari bulan Oktober, November dan Desember. Ada sekitar 11 ribu lebih calon penerima manfaat se Kabupaten Dompu.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dijelaskanya, calon penerima bantuan BLT BBM dari APBD tersebut adalah masyarakat di Desa atau Kelurahan se Kabupaten Dompu yang benar-benar memenuhi syarat. Diantaranya, tidak berstatus sebagai penerima PKH maupun sembako. Tidak berstatus sebagai penerima BLT upah kerja serta BLT Dana Desa, serta tidak berstatus sebagai PNS, TNI dan Polri.

Kemudian, diprioritaskan untuk ojek, pelaku usaha kecil dan menengah, serta bagi nelayan yang Nomor Induk Kependudukan (NIK) calon penerima tersebut harus sepadan dengan data kependudukan Dinas Dukcapil Kabupaten Dompu.

“Kalau data calon penerima sudah di asistensi, maka data-data ini akan diterbitkan dalam sebuah surat keputusan oleh Kepala Desa atau Lurah. Karena mereka yang mengusulkan, kita hanya menyaring,” ucapnya. ADV

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Opini

Oleh Firmansyah, S.Psi., M.MKes. Dompu, Bimakini. – Merilis dari https://hallosehat.com Selasa (22/01/23) menyebut selain orang dewasa, golongan lansia termasuk kelompok usia yang rentan mengalami...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Wakil Bupati Kabupaten Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT., pada apel koordinasi di Lapangan Beringin Pemda Dompu, Selasa (17/01/2023) membeberkan sejumlah...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Upaya mengantisipasi kenakalan remaja dan bahaya lain akibat keluyuran di malam hari, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu berlakukan jam malam. Hal tersebut...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini, – Upaya mencerdaskan pelajar di Bumi Nggahi Rawi Pahu agar bisa bersaing ditingkat regional, nasional hingga Internasional. Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Dompu...

Opini

Dompu, Bimakini. – Alat Permainan Edukasi (APE) memiliki fungsi bagi tumbuh dan kembang anak. Melalui APE berbagai aspek penting seperti perkembangan kognitif, sensomotorik, pengenalan...