Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Dukung Pengembangan Wisata dan Misi NTB Asri dan Lestari, DP Geopark Tambora Gelar NYGE

Nasional Youth Geowisata Educamp (NYGE) di Savana Dorombolo desa Oi Panihi kecamatan Tambora Kabupaten Bima, Jum’at 28-30 Oktober 2022.

Bima, Bimakini.- Ikhtiar untuk terus memajukan potensi wisata yang ada di lingkar Tambora dan misi NTB Asri dan Lestari Pemerintah Provinsi NTB, Dewan pelaksana Geopark Tambora Samota Bisosphe Reserve Pulau Sumbawa bekerjasama dengan perkumpulan pamandu Geowisata Indonesia ( PERPIGI) melaksanakan kegiatan Nasional Youth Geowisata Educamp (NYGE) di Savana Dorombolo desa Oi Panihi kecamatan Tambora Kabupaten Bima, Jum’at 28-30 Oktober 2022.

“Kegiatan Nasional Youth Geowisata Educamp, mendukung program Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, dalam memajukan potensi desa Wisata dan NTB Hijau,”kata General Manager (GM) Geopark Tambora Samota Bisosphe Reserve Pulau Sumbawa Ir. Hadi Santoso, ST.MM.IPM, Minggu (30/10/2022) di desa Oi Panihi Kecamatan Tambora Kabupaten Bima.

Sehingga, masyarakat dan khususnya para pelajar, lebih mengenal potensi alam dan wisata yang dimiliki daerahnya. Karena acara tersebut terdiri dari berbagai kegiatan, seperti upacara Hari Sumpah Pemuda, kemah Eduwisata, pengenalan Geowisata air terjun Oi Panihi, penanaman pohon melalui reboisasi hutan, pengenalan Geopark Tambora dan pengenalan cagar Biosfer Samota.

“Dari rangkian kegiatan, masyarakat setempat, para pelajar yang terdiri dari SMA/SMK se pulau Sumbawa merasa memiliki dan banga serta termotivasi untuk menjaga warisan dunia, yang telah ditetapkan sebagai taman bumi ini,”terang ketua PII Kabupaten Bima tersebut.

Hadi Santoso juga mengapresiasi kekompakan dan bergeliatnya masyarakat Desa Oi Panihi Kecamatan Tambora dalam mempersiapkan dan menyediakan lokasi dan tempat untuk pelaksanaan Nasional Youth Geowisata Educamp (NYGE) dari awal pembukaan acara hingga penutupan acara tersebut. Karena jelas Hadi bahwa kunci kebangkitan pariwisata itu gerakan LOCAL Wisdom.

Tidak ada pariwisata yang bisa maju dan besar tanpa gerakan seirama dari masyarakat setempat. “Terimakasih banyak Bu Kades Nia Kurniati , Pokdarwis, Karang Taruna, PALTAM dan seluruh masyarakat Desa Oi Panihi,”puji pemilik Sentral Muslim Grup ini.

Kepala BKPH Tofopajo Soromandi, Faruk, S.Hut, M.M.inov, mengaku bangga dan mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh General Manager (GM) Geopark Tambora Samota Bisosphe Reserve Pulau Sumbawa Ir. Hadi Santoso, ST.MM.IPM, untuk memajukan potensi wisata di desa Oi Panihi dan mendukung misi NTB Asri dan Lestari, yang didalamnya ada program NTB Hijau dan NTB Zero Waste.

“Kami BKPH Dinas DLHK Provinsi NTB sangan mendukung sekali kegiatan yang digagas Geopark Tambora,”ungkapnya.

Program NTB Hijau dengan melakukan penanaman pohon di sekitar savana Dorombolo dan Air Terjun Oi Panihi, sangat baik untuk mengembalikan fungsi hutan dan melindungi mata air.

Termasuk usai pelaksanaan kegiatan, para peseta dan seluruh panitia, melakukan kegiatan bersih-bersih sampah sisa selama pelaksanaan. Hal ini penting sebab salahsatu penyebab banjir di NTB, adalah banyaknya sampah yang tidak dikelola dengan baik.

Senada dengan BKPH Tofopajo Soromandi, Kapolsek Tambora IPDA Fardansyah, S.H merasa bangga dengan kehadiran para pelajar dan komunitas di wilayahnya.

“Kegiatan ini sangat positif bagi para pelajar dan generadi muda, sebagai pemimpin bangsa dimasa yang akan datang,”jelas Kapolsek Tambora.

Kepala Desa Oi Panihi, Nia Kurniati, SE mengatakan bahwa dalam menyambut dan mensukseskan “National Youth Geowisata Educamp 2022” yang diselenggarakan oleh Dewan Pelaksana Geopark Tambora yg didukung oleh PGWI, PALTAM, Karang Taruna dan Pokdarwis dan lembaga lainnya,

“Kami dari panitia lokal desa Oi Panihi, telah menyiapkan semua hal untuk mendukung kegiatan Nasional ini, demi kelancaran kegiatan dari awal hingga akhir acara. Kami berusaha menjadi tuan rumah yang baik,”kata Kades Perempuan ini.

Termasuk jalan menuju lokasi, petunjuk arah dan dan fasilitas lain untuk seribuan peserta yang hadir di kegiatan ini. Apalagi, ini juga mendukung Program Pemprov. NTB yang dinakhodai oleh Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wagub Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, dalam rangka mewujudkan misi NTB Asri dan Lestari.

Ia berharap, para peserta dapat mempromosikan keindahan Destinasi Wisata Oi Panihi, Savana Dorombolo dan potensi alam, melalui media sosial dan cerita baik yang ada di desa Oi Panihi.

“Kedepan, kami berharap acara serupa dengan didukungan GM Geopark Tambora , dapat kembali dilaksanakan disini. Kami akan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Terimakasih Pak Hadi Santoso,”tutupnya.

Mengusung tema, “Satukan Gerak Pemuda, Lestarikan Alam. Demi Masa Depan Yang Gemilang” , peserta yang mengikuti kegiatan tersebut ada Seribuan orang dari 70 SMA/SMK dan Komunitas se Pulau Sumbawa.

Kegiatan tersebut juga didukung oleh Dinas pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) NTB, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi NTB, Dinas ESDM Provinsi NTB, Pemerintah Kabupaten Bima melalui Pemerintah Desa Oi Panihi, Paltam, Pokdarwis dan Karang Taruna desa Oi Panihi. ARN

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Dewan Pelaksana Geopark Tambora-SAMOTA Biosphere Reserve Pulau Sumbawa bekerjasama dengan PT. Pertamina Patra Niaga (PPN) Cabang Bima melakukan kegiatan Konservasi Teluk Bima...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tepat di penghujung tahun 2021, Dewan Pelaksana Geopark Tambora-SAMOTA Biosphere Reserve Pulau Sumbawa, NTB, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan dua...

NTB

Bima, Bimakini.- Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah meresmikan Sekretariat Dewan Pelaksana Geopark Tambora. Menurutnya, kehadirannya harus mampu memberikan kesejahteraan dan kebermanfaat untuk masyarakat. “Alhamdulillah...

Peristiwa

Bima, Bimakini- Tahun ini dipastikan Geopark Nasional Tambora masuk dalam nominator seleksi kandidat UNESCO Global Geopark (UGGp) submission 2021 yang akan dilakukan oleh Komite...

Peristiwa

Dompu, Bimakini.-  Ketua Pengurus Daerah Ikatan Ahli Geologi (IAGI) NTB, Kusnadi, ST, M.Sc, memberikan materi tentang Geopark Tambora kepada peserta Educamp Bhakti Konservasi dan...