Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

FKUB Sumbawa Rajut Silaturahmi dengan FKUB Kabupaten Bima

Kunjungan silaturahmi FKUB Kabupaten Sumbawa.

Bima, Bimakini.- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sumbawa merajut silaturahmi dengan FKUB Kabupaten Bima, Sabtu (8/10/2022). Selain agenda silaturahmi, kedatangan Ketua FKUB Sumbawa dan rombongan untuk melihat langsung kerukunan beragama di Dusun Tolonggeru, Kecamatan Donggo.

Ketua FKUB Kabupaten Bima, TGH. Suaidin Abdollah MPd merasa bangga dan bahagia atas keluangan waktu FKUB Sumbawa untuk hadir di Bima dalam rangka menyambung silaturahmi.
“Kami sangat bahagia dengan kedatangan keluarga FKUB Sumbawa, apalagi mau menyapa langsung warga Tolonggeru,” ujar TGH. Suaidin di kediamannya.

Disampaikannya, kerukunan antar beragama di Kabupaten Bima sangat baik, lebih khusus masyarakat di Dusun Tolonggeru yang menganut agama Islam, Kristen Protestan dan Khatolik. Mereka hidup damai yang dibalut rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan beragama.
“Motede yang dilakukan sehingga umat Islam, Kristen Protestan dan Khatolik bisa hidup harmonis hanya satu, yakni sering melakukan silaturahmi,” ucapnya.

TGH. Suaidin Abdollah menjelaskan, saat melakukan silaturahmi dengan tokoh agama seperti di Dusun Tolonggeru, kita memberikan pelayanan maksimal dalam hal memberikan pemahaman, mendorong partisipasi dan kerja sama umat beragama,” pungkasnya.
Ketua FKUB Sumbawa, H Umar Hasan, menyampaikan terima kasih yang setinggi – tingginya kepada Ketua FKUB kabupaten Bima dan jajaran karena telah menyambut baik kehadirannya. Yang pertama sebutnya, sudah lama ingin menyambung silaturahmi dengan keluarga besar FKUB Kabupaten Bima.
“Kita sudah lama tak bertemu, Alhamdulillah hari ini dapat bertatap muka untuk merajut silaturahmi,” ucap H Umar Hasan.

Sambungnya, kerukunan antar beragama di Dusun Tolonggeru, Desa Mbawa, Kecamatan Donggo hanya sebuah cerita bagi kami. Nah, hari ini kita akan turun langsung di lapangan, sehingga dapat melihat lebih dekat kerukunan beragama di Tolonggeru.

“Kita ingin sambangi langsung masyarakat Tolonggeru, untuk melihat lebih dekat kerukunan beragama di sana,” tuturnya.

Sama seperti di Kabupaten Bima, beragam agama dianut oleh masyarakat di Sumbawa. Seperti agama Hindu, Budha, Kristen Protestan dan lainnya. Tapi didominasi oleh masyarakat beragama islam.

“Di Kabupaten Sumbawa mayoritas Islam. Yakni tingkat persentase 90 persen,” jelas H Umar Hasan.

Ketua Baznas Kabupaten Bima, Drs. H Jainudin mengatakan, kegiatan ini penting dilakukan, yakni sebagai sarana untuk menjalin hubungan baik antar umat beragama. Disisi lain, kita juga dapat memberikan pemahaman serta pembinaan kepada para Mualaf untuk tetap teguh dengan keyakinan menganut agama Islam.

“Di Kabupaten Bima ada 383 Mualaf, untuk di Kecamatan Donggo kita bina khusus dan baru – baru ini kita berikan bantuan,” singkatnya.
Usai bincang – bincang di kediaman Ketua FKUB Kabupaten Bima di Desa Rasabou, Kecamatan Bolo. Ketua FKUB Kabupaten Sumbawa dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Dusun Tolonggeru, Desa Mbawa, Kecamatan Donggo. (KAR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sumbawa, H Umar Hasan dan rombongan menyempatkan waktu untuk silaturahmi dengan Ketua dan pengurus FKUB...