Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Lampu Taman Wisata Kolo Diresmikan, Suasana Malam Makin Indah

Manager UP3 Bima, Jimy Indra Baskara menyerahkan Program TJSL kepada Wali Kota Bima, yang diwakili Asisten 2 Setda, Ir H Ahmad.

Kota Bima, Bimakini.-  Program Tanggungjawab Sosial dan lingkungan (TJSL) PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bima di taman wisata Kolo, diresmikan, Rabu 12 Oktober 2022. Peresmian ditandani dengan menyalakan lampu hias buah naga, lampu hias jalan dan pantai.

Sebelumnya, Manager UP3 Bima, Jimy Indra Baskara menyerahkan Program TJSL kepada Wali Kota Bima, yang diwakili Asisten 2 Setda, Ir H Ahmad. Adanya lampu penerangan itu menambah suasana indah di kawasan wisata Kolo.

Di Taman Wisata Kolo terdapat tanaman buah naga. Setiap pohon buah naga mendapat penerangan lampu. Kedepannya, saat sudah berbuah, dapat menjadi agriwisata, tidak hanya siang, namun juga malam harinya.

Manager UP3 Bima, Jimy Indra Baskara mengatakan, pariwisata merupakan salah satu sektor andalan dalam program pembangunan daerah. Baik itu secara nasional, tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Kota Bima. “Pembangunan pariwisata menjadi salah satu penggerak dan penopang dalam menciptakan  peluang dan kesempatan kerja,” ujarnya.

Lanjut Jimy, karena keindahan potensi alam ini, menjadikan Kolo sebagai salah satu potensi wisata potensial. Maka Dinas Pariwisata membuat kawasan Kolo sebagai obyek wisata andalan. “Mengingat tingginya minat traveling masyarakat dan anak muda sekarang ini,” terangnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Hal ini, kata Jimy, bisa menjadi satu keuntungan untuk perekonomian dan pariwisata daerah. “Tujuan dari Program TJSL ini yaitu memperkuat dan mengembangkan  wirausaha serta  mendorong perekonomian  di sekitar kawasan wisata Kolo. Meningkatkan daya tarik wisata Kota Bima, meningkatkan kunjungan, serta menambah fasilitas penerangan di kawasan wisata Kolo,” jelasnya.

Manfaatnya, kata Jimy, bisa meningkatkan  sektor perekonomian di sekitar kawsan Kolo. Serta penerangan tempat wisata yang lebih baik.  Menjadi salah satu metode dalam melaksanakan  pemasaran di PLN UP3 Bima. “Manfaat bagi masyarakat, dapat lebih produktif lagi dalam mengembangkan wirausaha. Masyarakat memiliki kawasan wisata yang terang, nyaman, dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat,” pungkasnya.

Manager UP3 Bima, Jimy Indra Baskara taman buah naga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Bima, Drs M Nasir, MM mengaku Program TJSL/CSR seperti durian runtuh. Pasalnya, proposal yang sudah lama diajukan, akhirnya terealisasi. “Tapinya berfikir tidak terealisasi, namun akhirnya dari PLN UP3 Bima menghubungi kami dan menyampaikan jika program itu akan segara direalisasikan,” ujarnya.

Pihaknya sangat respek dengan PLN yang telah menyalurkan CSR/ TJSL di obyek wisata Kolo. “Mudah-mudahan kedepan kolaborasi dan sinergitas seperti ini selalu menjadi warna dalam  rangka memajukan pembangunan di Kota Bima ini,” harapnya.

Jelasnya, pariwisata saat ini didorong  untuk menjadi gong untuk setiap sektor pembangunan lainnya. Fokus dari 2022 hingga 2023 pengembangan  wisata sekitar Lawata dan Kolo. “Di Kolo ini rencananya disepanjang jalan akan dipaving block semuanya untuk menjadi ruang yang cukup bagi pengembangan sektor ekonomi kreatif,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pose bersama usai peresmian Program TJSL lampu penerang buah naga dan lampu taman bahari Kolo.

Sementara itu, Wali Kota Bima yang wakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir H Ahmad  menyampaikan selamat atas peresmian CSR PLN UP3 Bima dalam bentuk fasilitas penerangan di Kawasan Wisata Kolo. “Mudah-mudahan program CSR ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Bima, khususnya dalam pengembangan wisata Kolo,” harapnya.

Implikasi yang diharapkan, kata dia, dapat mengembangkan kegiatan ekonomi kreatif di wilayah Kelurahan Kolo. Ini untuk mengamankan potensi daerah dan memberdayakan masyarakat, sehingga tercipta kesejahteraan. “Kami Pemerintah Kota Bima, menyambut baik, berterimakasih dan memberikan apresiasi kepada PLN UP3 Bima yang telah berpartisipasi dalam mendukung berbagai program  pembangunan daerah,” tambahnya.

Hadir juga sejumlah pejabat lainnya, seperti Kepala Dinas Perhubungan, Drs H M Farid, MSi, Kepala Diskominfotik, H Mahfud, MPd, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Camat Asakota, Lurah Kolo, dan lainnya. IAN

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Jajaran Polsek Asakota, Polres Bima Kota, melakukan patroli di obyek wisata di sepanjang Pantai Kolo, Kecamatan Asakota, Senin Senin 1 Januari...

Jalan-jalan

Kota Bima, Bimakini.- Bagi yang menyukai musik Bima dengan berbagai genre, wajib datang di acara Pentas Seni Bazar Shytm Of Bima. Kegiatan akan dilaksanakan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Geliat pariwisata di Kota Bima, Nusa tenggara Barat, terus menggeliat. September 2023, diagendakan, 57 kapal wisata akan berlabuh di Pantai Lawata...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Pegunungan Pundu Nence, Kelurahan Lelamase, Kecamatan Rasanae Timur, Kota Bima, pasti setiap tahunnya saat perayaan 17 Agustus, selalu ramai. Ribuan peserta...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Kegiatan Pesona Rimpu Mantika dengan tema “Rimpu Ma Ambi, Heritage of Bima”, rupanya memberi dampak positif. Terutama pada geliat ekonomi masyarakat,...