Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Peringati Hari Oeang, Kemenkeu Satu Bima Gelar Jalan Sehat dan Donor Darah

Kepala KPP Pratama Raba Bima, I Wayan Nuryana (kanan), Kepala KPPN Bima, Doddy Handaryadi (tengah) dan Kepala KPKNL Bima, Hadi Wiyono (kiri).

Kota Bima, Bimakini.- Memeringati Hari Oeng ke-76, Kemenkeu Satu Bima menggelar kegiatan jalan sehat dan donor darah. Kegiatan dipusatkan di Kantor KPPN Raba Bima, Jumat 14 Oktober 2022.

Kegiatan ini kolaborasi  KPPN Bima, KPP Pratama Raba Bima dan KPKNL Bima. Kegiatan ini juga melibatkan instansi lainnya, diantaranya perbankan, BPJS, Pegadaian, BNNK Bima, dan lainnya.

Kepala KPPN Raba Bima, Doddy Handaryadi   menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka Hari Oeang. Ini diperingati oleh seluruh instansi kementerian keuangan, baik itu, KPPN, KPKNL, dan KPP Pratama. “Kebetulan dilingkup Bima, kami mengadakan kegiatan bersama-sama. Tujuannya mengingatkan kembali bagaimana perjuangan pendahulu dalam bentuk kedaulatan mata uang,” terangnya.

Dahulu, kata dia, saat zaman perjuangan atau revoluasi, masih banyak beredar mata uang asing, terutama Belanda. Kedaulatan mata uang itu mulai terwujud pada 30 Oktober 1946.

Dijelaskannya, dengan mengetahui kedaulatan uang, maka diharapkan dapat melanjutken  kedaulatan ini.  Bagaimana uang bisa berdaulat secara ekonomi dan digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Harapan kami sebagai salah satu institusi kementerian keuangan yang menyalurkan APBN, uang yang diperoleh dengan susah payah itu, dapat dipergunakan betul dengan instansi sesuai dengan fungsinya, baik pusat maupun  pemerintah daerah. Terutama di Bima dan Dompu. Uang yang masuk di Bima dapat digunakan semaksimal mungkin, untuk mensejahterakan masyarakat Bima, melalui program pemberdayaan masyarakat, pembangunan sarana dan prasarana fisik. Jangan ada  namanya  uang  “ditabung”, tidak digunakan untuk pembangunan daerah. “Uangnya untuk digunakan, bukan ditabung,” ujarnya.

Kegiatan jalan sehat sebagai salah satu rangkaian Hari Oeang ke 76.

Kepala KPKNL Bima, Hadi Wiyono  mengatakan kegiatan yang dilaksanakan diantaranya jalan sehat, edukasi pemberantasan narkoba, donor darah dan ada kegiatan hingga akhir oktober. “Kegiatan yang dilakukan kolaborasi bersama Kemenkeu Satu Bima yang terdiri dari KPPN, KPKNL dan KPP Pratama,” ujarnya.

Dari sisi KPKNL sebagai  pengelola kekayaan negara,  berharap dari uang yang disalurkan dan dihasilkan dari pajak, dapat digunakan  dengan sebaik-sebaiknya. “Yang sudah dibangun  dapat dipelihara dengan baik, sehingga bisa memberikan kemanfaatan yang maksimal untuk masyarakt dan pemerintah daerah sendiri,” ujarnya.

Sebanyak 41 kantong darah terkumpul dari kegiatan donor darah memeringati Hari Oeang yang digelar Kemenkeu Satu Bima, Jumat.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Raba Bima, , I Wayan Nuryana mengatakan, hari Oeang tahun ini spesial. Karena ini jadi tahun recovery secara nasional dan dari sisi pajak terlihat jelas meningkat  drastis. Begitu juga dengan di Bima, terjadi  kenaikan penerimaan dari sisi pajak yang sangat luar biasa. “Bahkan sudah sempat direvisi target, namun masih bisa dilampaui tahun ini. harapan kita sama-sama mudah-mudahan pertumbuhan ekonomi ini tidak hanya berhenti di tahun 2022, namun 2023 semakin baik, sehingga Indonesia bisa pulih lebih cepat,” pungkasnya. IAN

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Opini

Oleh : Ratna Susilawati, S.Akun (Kepala Subbagian Umum KPPN Bima) “Kerja dimana? KPPN Bima” “KPPN? Dimana itu? Koperasi ya?” “Bukan, Kas Negara dulunya bu…”...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bima, memberikan apresiasi kepada sejumlah satuan kerja (Satker). Pemberian apresiasi itu berupa penghargaan untuk sejumlah kategori....

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Satu Kerja Lingkup Kantor Pelayanan Perbendaharaan negara (KPP) Bima, Kamis 8 Desember 2022 menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Polres Bima Kota, Kamis 8 Desember 2022 menerima dua kategori penghargaan dari KPPN Bima. Penghargaan diterima oleh Kasi Keuangan Polres Bima...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bima mendorong pegawai untuk punya kemampuan menulis. Minimal menulis yang sederhana, namun informasinya mampu ditangkap publik....