Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Pokdarkamtibmas Bhayangkara Polres Bima Kota Dikukuhkan

Kapolres Bima Kota, AKBP Rohadi, SIK, saat pengukuhan Pokdarmas Bhayangkara Polres Bima Kota, Senin.

Kota Bima, Bimakini.- Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resort Bima Kota Masa Bhakti Tahun 2022-2027 dikukuhkan, Senin (10/10/2022). Pengukuhan berkangsung di Aula Polres Bima Kota.

Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi, S.IK menyampaikan, Polri telah membentuk Kelompok Sadar Kamtibmas yang telah dituangkan dalam aturan keputusan Kapolri tentang Pengukuhan dan pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas dengan visi menjadi sahabat dan menjalin kemitraan antara masyarakat dan Polri.

“Dalam peningkatan kesadaran hukum dan mencegah tangkal gangguan kamtibmas dengan hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan penyuluhan dalam peningkatan kesadaran kamtibmas,” ujarnya.

Lanjut Kapolres, disamping itu juga dapat membangun komunikasi dengan efektif, intensif dengan masyarakat, kelompok atau komunitas. Membangun dan mengembangkan kemitraan segenap komunitas dalam memelihara situasi kamtibmas dan partisipasi masyarakat dalam menumbuhkembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas.

“Sebagai kelompok sadar kamtibmas, bisa membantu program-program kegiatan pemerintah atau Polri untuk bisa menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,” ungkapnya.

AKBP Rohadi pun berharap dengan terbentuknya Pokdarkamtibmas Bhayangkara Polri tersebut dapat mengajak masyarakat lain dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

Walaupun polri memiliki babinkamtibmas, dan TNI memiliki Babinsa ungkapnya, maka dari itu dengan terbentuknya Pokdarkamtibmas dapat membantu polri untuk menggalang masyarakat menuju kebaikan, tidak hanya berpangku pada tugas babinkamtibmas dan babinsa saja.

“Makin banyak masyarakat yang sadar hukum tentunya akan berpengaruh pada kondusivitas wilayah hukum Polres Bima Kota, semata demi kepentingan masyarakat, jadilah pendamping babinkamtibas dan babinsa yang berada disetiap desa dan kelurahan di wilayah hukum Polres Bima Kota,” tutupnya.

Dirbinmas Polda NTB Kombespol Desi Ismail, S.IK mengharapkan dengan dilantiknya Pokdarkamtibmas makin menambah kondusifitas Kota Bima. Dapat membantu tugas harkamtibmas di Kota Bima.  “Bisa mengurangi angka kriminalitas, mengantisipasi membantu masyarakat dalam bencana alam, dalam deradikalisaai, dalam kegiatan sosial yang dilakukan oleh Pemerintah daerah, polres, dan TNI,” harapnya.

Pada tingkat Pusat, memang diperintahkan untuk dibentuk Pokdarkamtibmas tiap provinsi dan tiap kabupaten/kota seluruh Indonesia, dan alhamdulillah Kota Bima menjadi Kota yang pertama kali dilantik di wilayah Nusa Tenggara Barat. Ungkap Kombespol Desi Ismail.

“Mudah-mudahan dalam pelaksaanan tugasnya selalu hadir ditengah-tengah masyarakat Kota Bima, diharapkan pula kepada Polres Bima Kota bisa membina, dan Pemerintah Daerah pun diminta untuk membina pokdarkamtibmas yang hari ini telah dibentuk,” harapnya. IAN

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Polres Bima Kota bekerjasama dengan BNNK Bima dan Dinas Perhubungan Kota Bima telah melaksanakan tes urine pada pengemudi bus AKAP sebagai...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim Cobra Alpha Satuan Reserse Narkoba Polres Bima Kota di bawah pimpinan Katim Aipda Wahyudin berhasil mengungkap kasus jual beli narkoba...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim Puma I Polres Bima Kota berhasil mengamankan satu terduga pelaku Daftar Pencarian Orang (DPO) yang terlibat dalam kasus Sabtu, 13...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Menjelang arus balik Lebaran 2024, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Bima (BNNK Bima) dan Kepolisian Resor Kota Bima (Polres Bima Kota) menggelar...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Personel Pos Pengamanan Amahami Ops Ketupat Rinjani 2024 melakukan pengaturan lalu lintas di jalur utama Kota Bima – Sumbawa pada Sabtu...