Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Wartawan Bima Deklarasi Wujudkan Pemilu 2024 Berkualitas

Sosialisasi Pemilu 2024 berbasis komunitas Jurnalis.

Bima, Bimakini.- Wartawan di Bima deklarasi bersama siap mewujudkan Pemilu 2024 yang berkualitas. Memenuhi hak publik untuk mengetahui tentang tahapan pelaksanaan Pemilu serentak mendatang.

Deklarasi dibacakan saat kegiatan Sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis komunitas, khususnya kalangan media, Kamis (27/10/2022). Deklarasi dipandu oleh ketua PWI Kota Bima, Indra Gunawan.

Ketua Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Bima, Ady Supriadin mengatakan, sosialisasi komunitas berbasis jurnalis ini bertujuan untuk membangun peran media massa dalam mengawal Pemilu serentak tahun 2024. Ini sebagai upaya KPU Kabupaten Bima untuk terus memperkuat sinergi antara elemen-elemen penting.

KPU menyadari sebagai penyelenggara tidak bisa sendiri mewujudkan Pemilu yang berintegritas dan berkualitas, namun butuh dukungan elemen lainnya.

Selain komunitas media atau jurnalis, KPU Kabupaten Bima sebelumnya juga sudah menggelar kegiatan yang sama. Kedepannya komunitas lainnya juga akan disasar untuk sosialisasi dan pendidikan pemilih, sehingga ada kolaborasi yang kuat dalam menyukseskan Pemilu 2024 mendatang.

Ady Supriadin menambahkan, satu di antara indikator untuk mengukur keberhasilan dan kegagalan Pemilu, yakni dari partisipasi masyarakat, termasuk peran media massa.
Maka KPU Kabupaten Bima, pada pemilu ini terus mendorong agar terwujudnya tidak hanya kuantitas partisipasi, tapi juga dari segi kualitas.

“Salah satu yang kami terus lakukan yakni memberikan pendidikan pemilu,” terangnya.
Ady menjelaskan, pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu yakni sebagai wujud tanggungjawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Juga sebagai tolak ukur tingkat pemahaman dan keterlibatan masyarakat, dalam agenda kenegaraan.

“Selain itu juga sebagai salah satu indikator legitimasi dan kepercayaan masyarakat, kepada pemimpin atau wakil rakyat terpilih baik di level lokal maupun nasional,” paparnya.

Komisioner KPU Kabupaten Bima, Yudi Candra Nan Arif menyampaikan terima kasih kepada Pers yang selalu mengawal pemilu.

Pers kata dia, memiliki peran penting sebagai pilar keempat demokrasi. Sejarah Pers juga berpengaruh dalam membangun Demokrasi di negeri ini.

“Kekuatan Pers cukup berpengaruh. Sehingga kekuasaan di luar pemerintahan itu adalah kekuatan independen pers,” ungkapnya.
Mengenai pemilu jelas dia, ada empat tahapan yang sedang dijalankan oleh KPU Kabupaten Bima, yaitu tahapan verifikasi faktual parpol, sosialisasi, penataan dapil dan pemuktahiran data pemilih.

“Kalau sosialisasi, kita sudah laksanakan sejak tahapan pemilu dilaunching,” jelasnya.
Anggota Bawaslu Kabupaten Bima Junaidin menjelaskan pentingnya peran media dalam mewujudkan pemilu 2024 yang berkualitas. Diharapkannya ada keberimbangan dalam pemberitaan politik dengan tetap menjaga integritas dan profesionalitas.

Sosialisasi turut menghadirkan narasumber dari Koordinator Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Biro Bima Sofiyan Asy’ari.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Tahapan pemungutan hitung pada Pemilihan Umum (Pemilu) telah usai. Angka partisipasi masyarakat pada penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kota Bima  mencapai 89,88...

Politik

Bima, Bimakini.- Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 resmi dilaunching oleh KPU RI, Minggu (31/3) malam di area Candi Prambanan, Yogyakarta. Hadir Ketua...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini.- Lembaga Pemerataan Pembangunan (LPP)  Dompu, msnduga  ada kecurangan pemilu. Hasil Rapat Pleno Kecamatan tidak sesuai dengan C hasil dan Salinan C hasil...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini.- Calon Anggota DPRD Provinsi NTB Dapil 6, Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu, M Tahir, SAg, MPd, melaporkan dugaan penggelembungan suara di...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Empat terduga  pelaku pembakaran logistik Pemilu di Kecamatan Parado tidak dapat menggunakan hak pilihnya saat Pemungutan Suara Ulang (PSU) Sabtu (24/2/2024). Pasalnya...