Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Angka Pernikahan di KUA Bolo Menurun

Kepala KUA Bolo, H Abubakar

Bima, Bimakini.-  Angka pernikahan di Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima sejak Oktober hingga November Tahun 2022 menurun drastis. Indikator menurunnya grafik pernikahan di KUA Bolo karena masuk musim cocok tanam.

“Sejak bulan Oktober masyarakat sibuk ke sawah untuk cocok tanam. Hal itu menjadi indikator turunnya angka pernikahan,” ujar Kepala KUA Bolo, H Abubakar, Selasa (29/11/2022).

Kata H Abubakar, seperti di bulan sebelumnya, grafik pernikahan tembus di angka 50 hingga 80 pasang pengantin. Di bulan Oktober hanya 44 pasang pengantin dan bulan November sebanyak 42 pasang pengantin.
“Tercatat sebanyak 86 pasang pengantin terdata untuk bulan Oktober dan November. Termasuk yang belum dilakukan akad,” ucapnya.

Dari 44 pasang pengantin yang dinikahkan di bulan Oktober, sebanyak 9 pasang pengantin dilakukan ijab kabul di luar KUA. Begitu pun pada bulan November, sebanyak 12 pasang pengantin ijab kabul di luar KUA.
“Untuk bulan Oktober dan November, sebanyak 21 pasang pengantin diakad di luar KUA,” terangnya.

Ditambahkannya, bagi pasangan pengantin yang diakad di KUA mendapatkan keringan atau digratiskan biaya nikah. Sedangkan di luar KUA dibebankan biaya sebesar Rp. 600 ribu.
“Biaya Nikah sebesar Rp. 600 ribu disetor langsung oleh calon pengantin atau wali di Kantor Pos. Jadi, tidak ada perantara karena uang tersebut ditransfer langsung lewat Kantor Pos,” tutup H Abubakar. KAR

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Bimbingan Perkawinan Pranikah bagi Calon Pengantin Angkatan 8 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bima 2021 digelar di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Wawo,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tercatat di awal Tahun 2021 grafik pernikahan di wilayah Kecamatan Bolo menurun drastis. Indikatornya, selain karena dampak Covid19, masuk musim panen. “Grafik...