Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemilu Serentak 2024

Gelar Konsolidasi, Bawaslu Dompu Matangkan Pengawasan Tahapan Pemilu 2024

Pembukaan Rapat Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu 2024 di Caffe Laberka, Kelurahan Bali Senin (14/11/2022) sore.

Dompu, Bimakini. – Upaya mematangkan pelaksanaan pengawasan tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Dompu kembali menggelar Rapat Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu 2024 di Caffe Laberka, Kelurahan Bali Senin (14/11/2022) sore.

Rapat Konsolidasi tersebut diikuti oleh anggota Bawaslu Kabupaten Dompu dan jajaran Sekretatariat Bawaslu. Selain itu, juga diikuti Koordinator Devisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Hubungan Masyarakat Panwaslu Kecamatan dan Kepala Kesekretariatan Panwaslu se Kabupaten Dompu.

Pada kesempatan itu, Bawaslu Kabupaten Dompu mengundang beberapa narasumber. Diantaranya, Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhamadiyah Bima, Dr. Taufik Firmanto, SH., LL.M yang menyampaikan materi tentang Fungsi dan Peran Panwaslu dalam Sistem Pemilu di Indonesia.

Selain itu, Wakil Rektor 1 Universitas Muhamadiyah Bima, Syamsuddin SH, MH., yang berbicara tentang Penegakan Hukum dan Teknik Pencegahan Tindak Pidana Pemilu. Serta dari anggota KPU Kabupaten Dompu, Sulastriana, SE yang menyampaikan materi tentang Membangun Sinergitas Penyelenggara dan Stakeholder pada Pemilu 2024.

Kebersamaan Bawaslu Kabupaten Dompu dengan Panwaslu Kecamatan dan Kepala Kesekretariatan Panwaslu se Kabupaten Dompu.

Anggota Bawaslu Kabupaten Dompu, Wahyudin, S.Pd., menyebutkan bahwa tahapan Pemilu 2024 sudah didepan mata. Untuk itu, dalam menjalankan tugas pengawasan dibutuhkan adanya kesolidan antara Panwaslu Kecamatan dengan jajaran Sekretatariat masing-masing.

Katanya, rapat konsolidasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan sumber daya yang cukup sehingga Panwaslu Kecamatan dan Kesekretariatan mampu menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai pengawas sesuai ketentuan dan aturan yang ada.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kegiatan ini bukan hanya sekedar jabat tangan, tepuk tangan dan tanda tangan. Tetapi lebih dari itu, pengetahuan yang didapatkan dalam kegiatan ini disampaikan kepada jajaranya masing-masing dan untuk ditindak lanjuti,” terangnya.

Pada kesempatan itu juga, Koordinator Devisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Dompu ini menegaskan bahwa untuk memetakan dan mendeteksi dini akan kejadian-kejadian yang dapat mengganggu pelaksanaan disetiap tahapan Pemilu.

Dia meminta Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Dompu agar dapat menyusun Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) di masing-masing Kecamatan dengan mengacu pada kejadian-kejadian waktu Pilkada dan Pemilu sebelumnya. IKP tersebut nantinya dapat dijadikan indikator dalam menyusun langkah-langkah pencegahan.

“Terutama menyusun IKP disetiap tahapan. Terutama tahapan pemutakhiran data pemilih, tahapan kampanye, hingga pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara di TPS nantinya,” tutupnya. AZW

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini. – Bawaslu Kabupaten Dompu melalui Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan dalam waktu dekat akan segera merekrut Pangawas Kelurahan/Desa (PKD) yang akan...

Politik

Dompu, Bimakini. – Upaya meningkatkan mutu dan kualitas pengawasan partisipatif dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 mendatang, Bawaslu Kabupaten Dompu menggandeng sejumlah...

Opini

Oleh Suherman. Sabtu, 29 Oktober 2022 bertempat di aula Hotel Tursina, penulis menjadi narasumber pada acara rapat konsolidasi pengawasan tahapan pemilu Bawaslu Kabupaten/Kota dan...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Upaya terwujudnya kualitas dan efektivitas pengawasan pada jajaran Sekretariat dan alumni sekolah kader partisipatif pengawas, Bawaslu Kabupaten Dompu melakukan fasilitasi penguatan...

Politik

Dompu, Bimakini. – Bawaslu Kabupaten Dompu melakukan sosialisasi dan launching pengawasan partisipatif dan anti politik uang di Kelurahan Kandai Satu, Kecamatan Dompu, Rabu (28/09/2022)...