Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Jaga Kebersihan Lingkungan di Wilayah Lingkar Tambang, PT STM Berkolaborasi dengan Warga

Kebersamaan antara PT Sumbawa Timur Mining dengan warga usai kegiatan bersih-bersih lingkungan di lingkar tambang.

Dompu, Bimakini. – Akhir tahun 2022 ini, PT. Sumbawa Timur Mining (STM) kembali menggelar program community service dalam bentuk kegiatan bersih-bersih desa.

Program yang merupakan kolaborasi antara perusahaan, pemerintah desa, pemuda desa dan masyarakat ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan. Selain itu, sebagai bentuk antisipasi musibah banjir dan penyebaran penyakit DBD. Giat bersih-bersih desa kali ini dilakukan di Desa Adu dan Desa Cempi Jaya Kecamatan Hu’u, Jumat 11 November 2022.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 30 warga dari berbagai lapisan masyarakat tersebut dilakukan kegiatan pembersihan di 2 area utama di 2 Desa. Pertama, di saluran drainase sekitar pemukiman desa Cempi Jaya yang tersumbat akibat menumpuknya sampah dan sedimentasi. Kedua adalah pembersihan sampah di jalan utama serta berbagai ranting dan kayu yang berserakan di pinggir jalan utama Desa Adu atau Jl. Lintas Lakey Hu’u.

Aksi bersih-bersih PT Sumbawa Timur Mining dengan warga.

Department Community Relation PT. Sumbawa Timur Mining, Didit Susiyanto menjelaskan bahwa program ini merupakan inisiatif strategis perusahaan dalam upaya turut serta berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan di salah satu desa lingkar tambang yaitu Desa Adu dan Desa Cempi Jaya.

Katanya, kegiatan bersih-bersih kampung itu merupakan langkah serius yang dilakukan PT. STM untuk turut serta menjaga kebersihan di lingkungan sekitar desa Lingkar Tambang dan tidak hanya di dalam area perusahaan saja. Itu juga merupakan bentuk kolaborasi yang merupakan semangat dari PT. STM yaitu Tumbuh dan Berkembang bersama Masyarakat, dalam upaya meningkatkan kerekatan dan silaturahmi antara perusahaan dan warga sekitar perusahaan.

“Selain itu, kami juga berharap dengan kegiatan ini dapat memotivasi warga sekitar untuk turut serta berperan aktif peduli dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungannya.” jelasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sementara itu, Kepala Desa Adu, Burhanuddin sangat mengapresiasi program community service berupa bersih-bersih desa yang diinisiasi manajemen PT STM dalam upaya membantu menjaga kebersihan desanya.

“Apa yang dilakukan PT STM sangat kami apresiasi. Ini juga sejalan dengan visi misi kami di awal, untuk selalu menjaga kebersihan sekitar, karena kebersihan merupakan yang pertama dilihat dan dinilai,” ucapnya.

Selain kebersihan di sekitar jalan utama Desa Adu, PT. STM juga melakukan kegiatan bersih-bersih di aliran drainase atau selokan pemukiman rumah masyarakat Desa Cempi Jaya. Aliran drainase pemukiman ini turut dibersihkan sehingga tidak menambah jumlah sampah dan sedimen yang masuk kedalam drainase ketika turun hujan, apalagi dalam kodisi saat ini curah hujan cukup tinggi, seperti yang disampaikan oleh Tim Community Relation PT. STM, Mahdon.

Senada disampaikan Kades Cempi Jaya, Syarifuddin. Dia sangat mendukung program PT. STM melalui kegiatan bersih-bersih lingkungan di desa Cempi Jaya melalui kolaborasi antara warga desa dengan PT. STM. Dengan lingkungan yang sehat dan aluran drainase yang bersih, kesehatan kita juga terjaga dan jauh dari penyakit serta bebas dari banjir.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada PT. STM, pemuda dan warga desa Cempi Jaya yang telah turun langsung dalam aksi bersih-bersih desa dan aliran drainase di pemukiman masyarakat pada hari ini,” ujar Syarifuddin.

“Melalui program community service dalam bentuk kegiatan bersih-bersih desa diharapkan agar sinergitas yang terbangun dan terjalin selama ini antara PT. STM dengan masyarakat desa lingkar tambang, bersama-sama kita memelihara dan mewujudkan desa yang asri dan sehat untuk masa depan anak cucu kita,” tutupnya. AZW

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini, – PT Sumbawa Timur Mining (STM) menyerahkan bantuan pemenuhan kebutuhan air bersih warga Desa Marada Kecamatan Hu’u dalam bentuk fasilitas sumur bor...

Berita

Dompu, Bimakini. – PT Sumbawa Timur Mining (PT. STM) bersama dengan Badan SAR Nasional Pos Kabupaten Bima (Basarnas Kab Bima) kembali menggelar kegiatan pelatihan...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Terapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 yang ketat, PT Sumbawa Timur Mining (PT STM) mengerjakan tiga proyek untuk warga lokal di Kecamatan...

Ekonomi

Dompu, Bimakini.- PT Sumbawa Timur Minning  (STM) yang berlokasi di Kecamatan Hu u Kabupaten Dompu, tidak akan membeli lahan. Sebelumnya   warga mendapat kabar akan...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini.- Untuk mendukung Pencegahan  Covid 19 di Dompu, PT Sumbawa Timur Minning (STM) Selasa (14/4)  menyerahkan bantuan. Bantuan diterima oleh Ketua Tim  Gugus...