Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Jumlah Pendaftar Sampai Hari Kedua sebanyak 57 Orang

Suasana saat pendaftaran PPK.

KOTA BIMA, Bimakini.- Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum Kota Bima saat ini tengah melaksanakan kegiatan Pembentukan Badan Adhoc tingkat kecamatan yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Tahapan pendaftaran calon anggota PPK dimulai pada tanggal 20 sampai dengan 29 November 2022. Sampai dengan hari kedua pendaftaran, yakni Senin (21/11/2022) pukul 17.00 Wita, jumlah pendaftar sebanyak 57 orang.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima, Yety Safriati menjelaskan, pendaftaran calon anggota PPK berlangsung selama 10 hari. Ia mengajak seluruh masyarakat Kota Bima yang memenuhi kualifikasi untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota PPK.

“Waktu pendaftaran masih ada delapan hari lagi, jangan sampai melewatkan kesempatan ini. Kapan lagi kita bisa mengambil bagian sebagai penyelenggara Pemilu,” tutur Yety.

Lanjut Yety, untuk informasi terkait syarat dan dokumen persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar, bisa diperoleh melalui media sosial KPU Kota Bima, atau bisa juga menghubungi Tim Helpdesk SIAKBA KPU Kota Bima. Atau bagi masyarakat yang mengalami kesulitan melakukan pendaftaran menggunakan SIAKBA, karena terkendala jaringan maupun tidak adanya sarana dan prasarana untuk melakukan pendaftaran, maka pendaftar tersebut boleh langsung ke kantor KPU Kota Bima. Nanti, pendaftaran calon anggota PPK tersebut akan dibantu oleh Tim Helpdesk KPU Kota Bima.

“Tim Helpdesk kami standby dan akan membantu masyarakat yang mengalami kesulitan dalam melakukan pendaftaran melalui SIAKBA. Nanti tinggal berkasnya dibawa, proses penguplodan berkas, akan dibantu oleh Tim Helpdesk,” jelas Yety.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kemudian, untuk masyarakat yang sudah mendaftar, Yety mengingatkan agar terus memantau Akun SIAKBA nya. Karena informasi apapun terkait tahapan pendaftaran maupun tahapan yang lainnya, akan disampaikan melalui SIAKBA juga.

Dicontohkan Yety, misalnya setelah pendaftar berhasil mendaftar, kemudian Operator melakukan Verifikasi Administrasi dan ditemukan ada dokumen persyaratan yang masih kurang, terhadap hal tersebut, operator akan menyampaikan kekurangan melalui Akun SIAKBA pendaftar dan pendaftar akan melengkapi kekurangan itu melalui SIAKBA juga.

“Jadi setelah mendaftar, pendaftar wajib mengecek akunnya untuk memastikan berkas sudah diterima atau tidak. Status berkas sudah diterima, apabila semua dokumen persyaratan dinyatakan ada dan lengkap,” beber Yety.

Lanjut Yety, setelah Berkas Diterima, maka pendaftar sudah bisa mencetak tanda bukti seleksi Badan Adhoc Pemilu 2024 dan tanda terima dokumen persyaratan seleksi Badan Adhoc Pemilu 2024.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Tanda bukti seleksi dan tanda terima dokumen persyaratan seleksi dicetak oleh pendaftar dari Akun SIAKBA Pendaftar,” tutup Yety. IAN

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.- Tahapan seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk kebutuhan Pemilu 2024 hari ini, Minggu (20/11) mulai dibuka secara serentak nasional. Termasuk KPU Kabupaten...

Politik

KOTA BIMA, Bimakini.- Dalam rangka pembentukan Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum Kota Bima mengundang seluruh...

Politik

Bima, Bimakini.- Tahapan Pemilu 2024 saat ini hamper semua mulai menggunakan aplikasi digital untuk menunjang dan memudahkan tugas penyelenggara. Salah satunya dalam proses perekrutan...

Politik

Bima, Bimakini.- Sebanyak 93 anggota Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) dan 573 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dinyatakan lulus seleksi akhir oleh Komisi Pemilihan Umum...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Hasil pengawasan oleh Panwaslu Kota Bima, tidak menemukan adanya masalah dalam proses seleksi PPK dan PPS oleh KPU Kota Bima. Termasuk...