Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Halaqah Nasional Fiqh Peradaban Digelar di Darul Falah

Mataram, Bimakini.- Satu Abad Nahdaltul Ulama berkiprah di tanah air, Pengurus Besar Nahdaltul Ulama bekerjasama dengan Kementerian Agama Republik Indonesia mengadakan Halaqah Nasional Fiqh Peradaban dengan tema Fiqh Siyasan dan Negara Bangsa, di Pondok Pesantren NU Darul Falah Kota Mataram, Kamis (8/12/2022).

“Ini adalah salah satu Halaqah Nasional dari 200 lebih halaqah yang selenggarakan oleh PBNU dan nanti hasilnya akan dirangkum dan menjadi acuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ‘’ kata KH Mahbub Maafi, Ketua Lembaga Bathsul Masail PBNU, saat membuka acara tesebut.

Halaqah Nasional ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang sesuai dengan prinsip-prinsip yang digariskan oleh Islam. Diantaranya, al‘adalah (keadilan), al-hurriyyah (kebebasan), al-musawah (kesetaraan), as-syura (permusyawaratan) dan raqabatul ummah (kontrol sosial).

“Prinsip ini juga bukan hanya dapat diterapkan dalam sistem ketatanegaraan akan tetapi bisa juga untuk hal-hal lain,’’ jelasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sementara Pimpinan Pondok Pesantren NU Darul Falah Kota Mataram, TGH Muammar Arafat, SH MH, selaku penyelenggara halaqah, mengungkapkan apresiasi yang tinggi untuk PBNU yang telah memilih Pondok Pesantren yang didirikan oleh TGH Abhar Muhyiddin itu menjadi tuan rumah penyelenggaraan halaqah peradaban.

“Sangat bangga rasanya kita yang hadir ini, menjadi bagian dari orang yang ikut membangun (konsep) peradaban,’’ tegas TGH Muammar Arafat yang saat ini juga menjabat Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Mataram.

Diharapkan para jamiyah NU di NTB dan para santri terus aktif dalam membangun peradaban baru. ‘’Keterlibatan semua elemen dalam membangun peradaban menentukan konstruksi peradaban selanjutnya,’’ kata TGH Muammar.

Ikut hadir saat pembukaan, para pimpinan pondok pondok pesantren se-Pulau Lombok, Rais Syuriah PCNU Kota Mataram TGH Ahmad Madani, Rois Syuriah PCNU Lombok Barat TGH Muzhar Bukhari, Dandim 1606, Arif Rahman dan pejabat lainnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Halaqah berlangsung selama sehari dari pagi sampai sore, dengan empat orang nara sumber, yaitu KH. Mahbub Maafi (Ketua LBM PBNU), Dr. Harfin Zuhdi (Doden UIN Mataram), Habib Mujtaba bin Syahab (Sekretaris Majelis Muwassolah) dan TGH. Zafrul Fauzan Tabrani, Lc (Pengasuh Ponpes Darul Falah).

Peserta halaqah sebanyak 200 orang dengan berbagai latar belakang organisasi dan pesantren dan Alumni Pondok Pesantren diantaranya, Pengurus PCNU Se-Pulau Lombok, Pimpinan Pondok Pesantren Se Pulau Lombok, Alumni dari Pesantren dan Perguruan Tinggi di Nusa Tenggara Barat dan luar daerah serta Alumni Timur Tengah dan Pimpinan Ormas Islam di NTB. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini-Guna mencegah dan memberantas penyakit yang tengah mewabah, Demam Bendarah Dengue (DBD), Polsek Tambora Polres Bima Polda NTB melaksanakan Gotong-royong di Desa Kawinda...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Personel Polsek Monta Polres Bima berhasil mengamankan seorang terduga pelaku pencurian di Desa Sondo Kecamatan Monta Kabupaten Bima Senin,30/01/23 malam kemarin. Kapolres Bima...

Opini

Oleh : Munir Husen Anggota DPRD Periode 2004-2009 PKS Dinamika politik, kontestasi pemilihan Presiden saat ini sangat dinamis, partai politik dan gabungan partai politik...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Sejumlah pegawai dengan seragam dinas terlihat menghadiri acara silaturrahmi kebangsaan  Bakal Calon Presiden RI, Anies Rasyid Baswedan di lapangan Serasuba, Selasa...