Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

KPU Kota Bima Umumkan Hasil Tes Tertulis

KOTA BIMA, Bimakini.- Setelah seleksi tes tertulis calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 tingkat Kota Bima tuntas dilaksanakan pada hari, Selasa (6/12/2022), KPU Kota Bima hari ini, Kamis (8/12/2022) mengeluarkan pengumuman Calon Anggota PPK yang dinyatakan lulus Tes Tertulis berbasis komputer. Dari 155 Calon Anggota PPK yang mengikuti seleksi tertulis, terdapat 78 orang yang dinyatakan lulus dan akan mengikuti tahapan seleksi  berikutnya, yaitu tes wawancara. Pengumuman nama calon anggota PPK yang lulus tes tertulis dapat dilihat dan dibaca melalui Media Sosial KPU Kota Bima, dan juga pada papa  pengumuman KPU Kota Bima.

Ketua KPU Kota Bima, Mursalin menjelaskan, jumlah calon anggota PPK yang mendaftar sebanyak 220 orang. Kemudian yang dinyatakan lulus administrasi sebanyak 162 orang. Dari jumlah tersebut lanjut Mursalin, terdapat 7 orang peserta yang tidak hadir pada saat tes tertulis.

“Pelaksanaan tes tertulis telah kami laksanakan pada hari Selasa, tanggal 6 Desember 2022, bertempat di SMKN 2 Kota Bima. Jumlah peserta yang hadir tes tertulis sebanyak 155 orang,” jelas Mursalin.

Lanjut Mursalin, sesuai dengan tahapan pembentukan Badan Adhoc Anggota PPK Pemilu Tahun 2024, setelah dilaksanakan seleksi tertulis, KPU Kabupaten/Kota menetapkan calon Anggota PPK yang lulus seleksi tes tertulis sebanyak tiga kali kebutuhan untuk setiap kecamatan. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan yang tertuang pada Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota.
Untuk Kecamatan Rasanae Timur jumlah calon anggota PPK yang dinyatakan lulus tes tertulis sebanyak 15 orang, Kecamatan Raba sebanyak 16 orang, Kecamatan Mpunda sebanyak 16 orang, Kecamatan Rasanae Barat sebanyak 15 orang dan Kecamatan Asakota sebanyak 16 orang.

Setelah dilakukan penetapan, KPU Kabupaten/Kota mengumumkan nama-nama calon anggota PPK yang lulus tes tertulis, mulai dari tanggal 8 sampai dengan 10 Desember tahun 2022. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan tes wawancara pada tanggal 12 dan 13 Desember 2022, bertempat di Kantor KPU Kota Bima.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Jumlah peserta yang lulus tes tertulis dan diumumkan sebanyak 78 orang. Dari 5 kecamatan yang ada di Kota Bima, tiga kecamatan jumlah calon anggota PPK yang lulus tes tertulis sebanyak 16 orang, dikarenakan nomor urut 15 dan 16 memiliki skor nilai yang sama. Sementara dua kecamatan lainnya, jumlah calon anggota PPK yang lulus tes tertulis sebanyak 15 orang,” bebernya.

Lanjut Mursalin, untuk pelaksanaan tes wawancara dibagi dalam 4 sesi. Dimana sesi pertama, dimulai dari pukul 08.00 wita sampai dengan pukul 12.00 wita. Sesi kedua, dimulai pukul 13.00 wita sampai dengan 15.30 wita. Sesi ketiga dimulai pukul 16.00 Wita sampai dengan pukul 18.00 Wita. Sementara sesi keempat dimulai dari pukul 19.00 wita sampai dengan pukul 22.00 wita.

Bagi calon anggota PPK yang dinyatakan lulus tes tertulis, Mursalin mengingatkan untuk menyiapkan diri untuk mengikuti tahapan seleksi wawancara. “Untuk ketentuan lain-lain, bisa di-update melalui media sosial KPU Kota Bima. Mulai dari facebook, instagram, twitter, dan juga website KPU Kota Bima,” ujarnya.

Terhadap nama-nama calon anggota PPK yang lulus tes tertulis tersebut, Mursalin mengimbau masyarakat untuk memberikan tanggapan dan masukan. Pemberian tanggapan dan masukan telah dimulai sejak tanggal 2 Desember 2022 dan akan berakhir pada tanggal 10 Desember 2022. Pemberian tanggapan bisa langsung ke kantor KPU Kota Bima, atau bisa juga melalui media sosial KPU Kota Bima dan melalui infopemilu.kpu.go.id.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Masukan dan tanggapan masyarakat sangat kami butuhkan. Pemberian tanggapan masyarakat berakhir pada tanggal 10 Desember 2022,” tutup Mursalin. IAN

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.-  Komisi Pemilihan Umum Kota Bima melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS), mulai melaksanakan perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilu 2024....

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Masalah penataan dapil yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima  belum ada keputusan. Sebelumnya KPU mengusulkan tiga opsi untuk pembagian...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Sebanyak 123 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kota Bima, Selasa 24 Januari 2024, di aula Hotel Mutmainah. PPS diharapkan menjalankan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- 421 orang Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kota Bima akan mengikuti seleksi tertulis, yang akan...

Politik

Bima, Bimakini.-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menyambut baik pencabutan Perberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Presiden RI. Dengan pencabutan PPKM, dipastikan sosialisasi...