Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Tingkatkan Kemampuan Literasi Anak di Desa, Wakil Gubernur NTB Apresiasi Peran Para Relawan

Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Siti Rohmi Djalillah, MPd saat pose bersama Ralawan Literasi di Pandopo Bupati Dompu, Jumat malam 23 Desember 2022.

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr HJ Siti Rohmi Djalillah mengapresiasi peran Relawan Literasi di Nusa Tenggara Barat, khususnya di Bima dan Dompu.  Hal itu disampaikan Wagub saat menerima perwakilan Relawan Literasi di Pandopo Bupati Dompu, Jumat malam 23 Desember 2022.

Hadir dalam pertemuan itu, Kepala Dinas Dikpora NTB, Dr H Aidy Furqan, MPdKepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi NTB, Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, Kabid Dikdas Dinas Dikpora Kabupaten Dompu yang juga , Ketua PGRI Dompu, serta Manager Program INOVASI NTB, Sri Widuri. Selain  itu, Manager Program Gemar Literasi Kabupaten Bima, Dr Syarif.

Wagub juga menyerahkan sertifikat dari Dinas Dikpora NTB kepada Relawan Literasi yang hadir, yakni kepada Eni Muliati dari  TBM Salaja Baca Jorato Kabupaten Bima, Ahmad dari Forum RELASI NTB/Uma Lenge Mengajar Kabupaten Bima,  Nurrahmi – Relawan Literasi Desa Sondo Kabupaten Bima, Bunyamin dari Klub Baca Tapak Seribu Kabupaten Dompu, Maryanti – TBM O’o Mantika Kabupaten Dompu, serta  Sekretaris Desa Sari Kabupaten Bima.

Pada pertemuan tersebut, masing-masing Relawan Literasi memaparkan tentang kegiatan dan peran yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan literasi anak. Silaturrahmi yang dipandu Annisa dari STKIP Taman Siswa Bima itu berlangsung hangat.

“Ibu Wagub, tanpa diketahui atau sudah diketahui, mereka sudah melakukan banyak hal di desanya masing-masing. Mereka menjadi relawan untuk membantu anak-anak yang berkaitan dengan literasi dasar, Ini dilakukan karena ingin membantu pemerintah,” terangnya kepada Wagub NTB.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Wagub bahkan menyimak dengan baik tiap pemaparan yang disampaikan masing-masing relawan literasi. Misalnya disampaikan Bunyamin dari Klub Baca Tapak Seribu Kabupaten Dompu. Disampaikannya sudah bereksistensi sejak 2016 dan sudah banyak membantu anak-anak di Pekat. Apalagi di Pekat menjadi daerah transmigrasi dan masyarakatnya dari berbagai latar belakang suku dan agama.

Bahkan Bunyamin juga menghadirkan anak dan orang tuanya yang menjadi dampingan program literasi, yakni Patiyah dan anaknya. Mereka ikut merasakan program yang dilakukan oleh  Klub Baca Tapak Seribu Kabupaten Dompu.

Bunyamin menyampaikan, ketika Program INOVASI hadir, makin memperkuat pemahaman mereka tentang bagaimana mendampingi anak. Salah satunya dengan alat mengukur kemampuan siswa dan mengelompokkannya berdasarkan kemampuan. Dengan alat ukur itu, maka masing-masing anak akan mendapatkan dampingan sesuai dengan tingkat kemampuannya.

Bahkan Bunyamin juga telah berkontribusi untuk buku bacaan literasi secara Nasional. Kendala perkembangan kemampuan anak dalam literasi dasar selama ini, tidak sesuainya buku bacaan yang tersedia dengan level kemampuan mereka.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ahmad dari Forum RELASI NTB/Uma Lenge Mengajar Kabupaten Bima, menyampaikan, data saat ini jumlah relawan literasi di NTB sebanyak  2.162 orang dengan 10.230 siswa dampingan. “Dengan total 101 lembaga, 15 LPTK, 4 Desa, dan 82 CSO berdasarkan data per Desember 2022,” ungkapnya.

Wagub NTB saat memberikan piagam penghargaan kepada Relawan Literasi.

Eni Muliati dari  TBM Salaja Baca Jorato Desa Sari, Kecamatan Sape dan   Nurrahmi – Relawan Literasi Desa Sondo, Kecamatan Monta Kabupaten Bima, memaparkan kondisi anak-anak di desanya yang banyak ditinggal orang tua menjadi buruh migran ke luar negeri. Anak-anak itu menjadi fokus perhatian Relawan Literasi untuk didampingi.

Wakil Gubernur NTB, Dr HJ Siti Rohmi Djalillah menyampaikan ra bangga dan terimakasihnya kepada Relawan Literasi yang secara sukarela membantu kemampuan literasi anak-anak desa. “Saya berharap teman-teman tetap bekerja dengan ikhlas, karena namanya relawan biasanya bekerja dengan panggilan hati,” ujarnya.

“Saya ucapkan banyak terimakasih kepada relawan literasi yang ada di NTB, khususnya Bima dan Dompu,” tambahnya. IAN

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Program INOVASI Fase II, memfasilitasi kegiatan refleksi hasil ujicoba instrumen supervisi pembelajaran yang berfokus pada siswa. Kegiatan refleksi ini diikuti oleh Pengawas...

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Siti Rohmi Djalillah, MPd menyatakan kekagumannya pada komitmen Pemerintah Desa (Pemdes) Sari yang peduli dengan pengembangan literasi...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Rupanya, implementasi  Teaching at the Right Level (TaRL)  dan ujicoba Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Kabupaten Bima menjadi sorotan Nasional. Pasalnya, Kabupaten...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Tim Monev Program INOVASI berkunjung SDN 01 Sari Desa Sari, Kecamatan Sape dan ke Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sari, Rabu 2 November 2022....

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Program INOVASI yang merupakan kemitraan antara Pemerintah Australia dengan Pemerintah Indonesia dibidang pendidikan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi secara inklusif.Tim INOVASI...