Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Lingkar Pinggir Sorot Soal Tuntutan Kades dan Perangkat Desa

Diraktur Lingkar Pinggir, Khairudin Parewa

Bima, Bimakini.- Belum lama ini, Kepala Desa demo menuntut perpanjangan masa jabatan di Jakarta. Hal itu pun mendapat tanggapan beragam dari berbagai pihak.

Menyusul, Perangkat Desa, termasuk di Kabupaten Bima menuntut kejelasan mengenai status kepegawaian mereka.

Kenyataan itu mendapat sorotan dari Direktur Lingkar Pinggir, Khairuddin Parewa. Dia  melihat ada fenomena saling terkait antara tuntutan kepala desa memperpanjang  jabatan, perangkat desa menuntut status dan DPRD juga yang akan menyampaikan tuntutan tersendri.

Seharusnya semua pihak, kata Parews, baik kepala desa dan perangkat desa harus lebih fokus memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bukan sebaliknya sibuk dengan urusan sendiri.

Parewa melihat dari hal tersebut, konteksnya tidak lepas dari Pemilu. Dimana energi rakyat hendak dialihkan dari isu-isu politik nasional. Dimana lembaga-lembaga politik membangun posisi tawar. “Jadi orang menegosiasikan kepentingan itu pada konteks Pemilu. Memang secara politik menegosiasikan kepentingan dalam konteks Pemilu cenderung diakomodir, karena ini soal relasi kepentingan,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Namun satu hal yang dilupakan, kata dia, suasana kebatinan publik. Mereka seolah mengeyampingkan soal kepentingan masyarakat. “Justru secara normatif yang menuntut hak atas persoalan itu adalah rakyat dan para kepala desa dan kaur lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Jika masyarakat tidak mendapatkan pelayanan  yang optimal, maka apa yang menjadi tuntutan kepala desa dan kaur, tidak mendapat dukungan masyarakat. “Ini sama halnya dengan mengkhianati proses demokrasi  dan justru ditertawakan,” terangnya. IAN

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Lingkar Pinggir Bima menggelar diskusi publik, Rabu (10/3) di aulaKantor Desa Kalampa, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima. Diskusi yang mengambil tema Kewenangan dan...