Connect with us

Ketik yang Anda cari

Opini

Napak Tilas Anies Baswedan Calon Presiden  RI Yang Visioner

Anies Baswedan/ Foto Ist

Oleh : Munir Husen

Anggota DPRD Periode 2004-2009 PKS

Dinamika politik, kontestasi pemilihan Presiden saat ini sangat dinamis, partai politik dan gabungan partai politik memiliki calon presiden masing-masing, yang akan diusung pada pemilihan presiden 2024.

Partai Nasdem adalah partai pertama mengumumkan calon presiden dengan mengusung Anies Baswedan menjadi calon Presiden RI. Salah satu alasan Surya Paloh memilih Anies Baswedan sebagai calon Presiden karena Gubernur DKI Jakarta dianggap paling terbaik (https://www.eramuslim). Saat ini sudah melepas jabatan sebagai Guberur DKI Jakarta.

Sebelum menjadi Gubernur DKI sepak terjang Anies Baswedan adalah pernah menjadi rektor 2007-2015 termuda di Indonesia umur 38 tahun, kariernya dibidang akademik memang tidak diragukan. Dia lahir dari keluarga akademisi. (https://megapolitan.kompas).

Anies Baswaden pernah menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Indoensia Bersatu Pemeritahan Bapak Joko Widodo pada periode pertama memilki prestasi dengan program Katu Indoensia Pintar (KIP), Masa orientasi siswa dan Meciptakan sekolah aman. (https://nasional.kompas.com).

Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Sandi Ago Uno. Disinilah mulainya karir politik Anies Baswedan lebih dikenal lagi di seantero jagad Negeri ini. Gubernur Anies Baswedan, dekat dengan rakyat Ibu Kota memiliki kebijakan yang pro rakyat membebaskan pajak bumi bangunan  (PBB) bagi keluarga veteran dan pahlawan yang berjasa di Indonesia dan tinggal di Ibu Kota. (https://www.cnnindonesia).

Semua ini menjadi catatan sejarah bagi Anies Baswedan memiliki sifat ketulusan dan keikhlasan ketika menjadi Gubernur DKI, sulit dilupakan oleh masyarakat Ibu Kota. Sekalipun tidak lagi menjabat Gubernur DKI Jakarta, tapi nama baik dan prestasi menjadi modal kerja seterusnya, apalagi media  media cetak, online, eletronik dan media sosial memiliki peran sentral bagi Anies Baswedan.

Itulah miniatur prestasi Anies Baswedan yang memiliki visi dan misi serta gagasan, program kerja yang jelas dan akuntabilitas kinerja yang terukur, tidak ada keraguan rakyat yang sudah mengenal Anis baswedan dengan predikat sebagai calon pemimpin visioner.

Seorang pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan visioner (visioner leadership) yaitu dia memiliki visi yang menjadi penggerak dari cita-cita yang ingin diwujudkan. karena pada dasarnya seorang pemimpin yang memiliki gaya visioner ini adalah orang yang senantiasa melihat potensi-potensi yang terdapat pad organisasi yang memang tidak terlihat oleh orang lain secara langsung. (Jurnal Akrab juara Edisi Mei :2022).

Secara Nasional jika diurutkan prestasi Anies Baswedan sejak menjadi Rektor Paramandina, Menteri Pendidikan sampai  menjadi Gubernur DKI jakarta, menjadi pertimbangan utama bagi Parpol yang mengusung Anies Baswedan menjadi calon presiden RI, bahkan di tingkat Internasionalpun Anies Baswedan diakui

Figuritas Anies Baswedan adalah figuritas Pemimpin yang diakui bukan karena Anies Baswedan murah senyum, bukan karena hidungnya mancung tapi Anies Baswedan pemimpin yang merakyat pada saat memimpin Jakarta. Jika sosk Anies Baswedan melanjutkan perjuangan politiknya diruang yang lebih besar dari perjuangan menjadi gubernur adalah keniscayaan.

Lahirnya sosok pemimpin seperti figurnya Anies Baswedan diharapakan oleh rakyat yang betul-betul bisa melindungi rakyat, mengayomi, mengurus kepentingan rakyat serta mewujudkan kesejahteraan dan keadilan bagi raakyat.

Walaupun figuritas Anies Baswedan tidak ideal seperti yang dikatakan oleh Franz Magis Suseno menyatakan, mencari sosok pemimpin betul-betul ideal, mampu berlaku adil dan bersikap amanah ibarat mencari perawan di tempat pelacuran.  (Franz Magis Suseno 1992 :113). Namun mendekati ideal ada pada sosok Anies Baswedan.

Betapa sulitnya mencari sosok pemimpin ini, karena dengan krakter masyarakat yang beragam dan Berbhineka Tunggal Ika ini, memang tidak mudah mencari sosok pemimpin yang bisa merekatkan rakyat yang sekian ratus juta  jiwa. Pilhan sulit ini akan dilakukan pada saatnya di tahun 2024.

Dalam konsep islam, pemimpin bukanlah tukang perintah. Pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang mampu menghadirkan ikatan rasa bahwa ia guru yang mengajarkan banyak hal. Ia sosok dengan pengalaman rohani yang dalam dan bisa menularkannya ke orang-orang disekitarnya. Ia orang yang arif dalam menentukan arah kebijakannya yang harus ditempuh karena dia visioner. (Majalah Saksi : Juni 2004).

Bangsa Indoensia umumnya tidak memilih Pemimpin seperti memilih penyanyi dalam liga vantasi atau sejenisnya, cukup menggerakkan dua ibu jari mengirim SMS atau WA kepada peserta terbanyak SMS atau WA itulah sebagai penang, indikator kemenangan yang bersifat semu.

Sebaliknya, jika dibandingkan dengan napaktilas penyanyi profesional seperti legendaris Bimbo dengan lagu-lagu religi, grup Musik Soeneta yang dikenal dengan raja dangdut itu bukan diproses dengan cara yang mudah, karier musik mereka melalui jenjang yang cukup panjang dan matang, sehingga penyanyi profesional itu menjadi mapan dalam karirnya dan diingat sepanjang zaman.

Demikan halnya sosok Anies Baswedan sosok akademisi termuda umur 38 tahun sudah menjadi rektor Universitas paramadina, bukan universitas ecek-ecek yng tumbuh simsalabim, universitas yang cukup mumpuni. Dalamnya tokoh-tokoh sekaliber Prof. Dr Nurcholis majid (akademisi kawakan), Dr. Sohibul Iman Mantan Ketua partai Kweadilan Sejahtera, Anes Rasyid baswedan, Prof. Dr. Firmansah, Dr.Dra. Prima Naomi MT, dan Prof. Dr. Didik Junaidi Rachbani mantan anggota DPR dari Partai Amanat Nasional. (https://www.gogle.com).

Jika Anies Baswedan akademisi yang bertransformasi dengan ranah politik karena memang memiliki prestasi akademik dan pernah menjabat sebagai Gubernur DKI jakarta oleh tidak partai tidak diragukan.

Tiga (3) Partai Politik Nasdem, Demokrat dan PKS tentu dengan kajian politik yang matang, seperti yang dikatakan oleh Ketua Nasdem Surya Paloh saat ini Anies dipilih karena kecerdasannya yang bisa membawa perubahan. perubahan yang dimaksud adalah seperti bau kayu gaharu yang benar-benar unik dan merata jika dihirup oleh siapa saja, karena wangi kayu gahru sangat mempesona.

Jika rakyat bermimpi menghedaki perubahan, maka memang figuritasnya akan dilihat, trekrokornya bagaimana selama memimin kampus, apakah ada ide dan gagasan akademiknya atau tidak. Demikian halnya pada saat menjabat sebagai Gubernur DKI jakarta. Semua ini menjadi indikator terhadap seorang pemimipin agar terjadi perubahan.

Perubahan yang membuat pendidikan menjadi terjangkau anak orang miskin. Perubahan yang membuat ongkos naik kendaraan makin murah. Perubahan yang membuat PKL tidak digusur. Perubahan yang membuat orang-orang miskin penghuni lingkungan kumuh berjejelan diberi hibah tanah dan tidak dibuldoser tempat tinggalnya. (Mustofa Hasyim Suara Muhammadiyah September 2004).

Perubahan yang diharapkan anak negeri ini memang perubahan yang mampu membuat para penganggur menjadi punya pekerjaan. Perubahan yang membuat harga-harga tinggi menjadi diturun dan sebagainya.

Perubahan yang dimaksud adalah perubahan KAFFAH artinya perubahan yang menyeluruh, suci dan tulus, bukan hanya perubahan fisik semata melainkan juga adalah perubahan mental spiritual yang dilandasi dengan nilai-nilai agama yang kita anut, karena tanpa ada perubahan itu mustahil bisa terjadi perubahan signifikan.

 

Hal ini memberi pelajaran pada kita semua bahwa kekuasaan selalu mempesona dan menggoda baik bagi mereka yang yang menginginkannya maupun mereka telah memperolehnya, oleh karena itu hanya melalui kontrol yang ketat dalam suatu sistim yang demokratis pemegang kekuasaan dapat dijinakkan dan dikendalikan agar tidak menyalah gunakan kekuasaan sehingga menjadi sewenang-wenang. (Agus Hermawan 2000 : vii )…!

Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Bima

Allahul Mutaan

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Opini

Oleh : Munir Husen Dosen Universitas Muhammadiyah Bima   Pembangunan Masjid Agung Al Muwahidin awalnya inisiatif mantan Bupati Bima Drs. H. Zainul Arifin (Abu...

Opini

Oleh : Munir Caleg PKS Dapil III Asakota   Kunjungan Pj. Walikota Bima dengan pejabat OPD 15 Januari 2024 di Istana Wapres diterima oleh...

Opini

Oleh : Munir (Caleg PKS Dapil III Asakota) Pemilu adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden dan Wakil presiden dan DPRD...

Opini

Oleh : Munir Caleg PKS Dapil III Asakota Kelurahan Melayu Kec. Asakota luas wilayahnya 102,03 Ha/M2 jumlah penduduk 5.700 jiwa, tersebar di 15 RT...

Opini

Oleh : Munir Caleg PKS Dapil III Asakota   Pemimpin dan rakyat bagaikan dua sisi matauang, sulit dipisahkan satu dengan lainnya.Tidak ada pemimpin tanpa...