Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Wabup Dompu Beberkan Keberhasilan Pembangunan Pemerintahan AKJ – SYAH

Wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan ST MT saat apel koordinasi.

Dompu, Bimakini. – Wakil Bupati Kabupaten Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT., pada apel koordinasi di Lapangan Beringin Pemda Dompu, Selasa (17/01/2023) membeberkan sejumlah keberhasilan pembangunan yang diraih pemerintahan Bupati H Kader Jaelani – H Syahrul Parsan (AKJ – SYAH) selama tahun 2022.

Hal tersebut katanya berkat kekompakan dan kerjasama semua pihak sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu tahun 2022 sudah banyak penghargaan yang diterima.

Katannya, penghargaan itu diantaranya, penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Madya dari Menteri Pemberayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indnonesia, penghargaan sebagai daerah berkomitmen dalam Pemenuhan dan Perlindungan Hak Anak dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Penghargaan 8 kali meraih Opini WTP secara berturut-turut dari Menteri Keuangan Republik Indonesia, penghargaan Menteri Keuangan Republik Indonesia sebagai Daerah Penyalur Dana Desa Tercepat Se-Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Penghargaan Sebagai Daerah Bebas / Eliminasi Malaria dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia, penghargaan Sebagai Daerah Stop Buang Air Besar Sembarangan (STBM Award) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Selain itu, ada penghargaan sebagai Daerah Terbaik Dalam Imunisasi lengkap dari Gubernur Provinsi NTB, penghargaan Sebagai Daerah Bebas / Eliminasi Malaria dari Gubernur Provinsi NTB. Penghargaan Sebagai Daerah dengan Pemecahan Rekor Muri atas Pengelolan Penyakit Kronis dari BPJS Pusat.

Penghargaan Puskesmas dengan Input Pelaporan Program Gizi dan KIA Tertinggi (Puskesmas Kempo) dari Gubernur Provinsi NTB, pnghargaan sebagai Daerah Terprogresif Dalam Penurunan Stunting Terintegratif dari Gubernur NTB.

Juara I Lomba Pelayanan Kesehatan Jiwa Se-Provinsi NTB (Puskesman Dompu Barat) dari Gubernur Provinsi NTB, dan penghargaan Sebagai Daerah Berkomitmen terhadap Pelayanan Kepada Peserta JKN (Puskesmas Kempo) dari Kepala BPJS Bima.

Kemudian mengantarkan Desa Dorokobo Kecamatan Kempo Meraih Juara I Tingkat Nasional sebagai Desa STBM, mengantarkan sanitarian terbaik tingkat nasional dalam upaya mengubah prilaku masyarakat yang saniter dan mendorong percepatan STBM.

Menghantarkan Natural Leader Terbaik Tingkat Nasional Dalam Upaya Mengubah Perilaku Masyarakat dan Mendorong Percepatan STBM. Juga penghargaan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dari “C” ke “B” untuk Dinas DPM-PTSP dan Dinas Dukcapil dari Kementerian PAN-RBB.

Sementara angka kemiskinan Kabupaten Dompu turun 0,2% dari 12,6 pada tahun 2021 menjadi 12,4 dan berada pada peringkat 3 dari 10 Kabupaten/Kota Se-Provinsi NTB. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Dompu meningkat 0,7 poin dari 68,45 pada tahun 2021 menjadi 69,15 dan berada di peringkat 5 dari 10 Kabupaten/Kota Se-Provinsi NTB dan angka Harapan Hidup di Kabupaten Dompu juga mengalami kenaikan 66,96 di tahun 2021 menjadi 67,36 ditahun 2022.

Wakil Bupati berharap agar di tahun-tahun mendatang penghargaan demi penghargaan dari pemerintah atasan dapat diraih, tingkatkan dan dipertahankan. Karena penghargaan semacam ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah atasan atas prestasi dan kinerja kepada pemerintah daerah.

“Apresiasi kepada OPD yang telah menunjukan prestasi dan berharap agar apa yang sudah dicapai bisa ditingkatkan lagi minimal dipertahankan dan kepada OPD yang belum menunjukan prestasi agar semakin memacu diri untuk meraih prestasi dengan belajar pada OPD yang telah mampu menunjukan prestasi,” harapnya. ADV

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Sejumlah ibu-ibu dan mahasiswa di Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu yang tergabung dalam Aliansi Tani Menggugat menggelar aksi blokade jalan negara di...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Bupati Kabupaten Dompu didesak agar segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) tentang pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) terhadap 32 orang...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Bupati Kabupaten Dompu, H. Kader Jaelani (AKJ) resmi melantik eks Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu Firman, S.Pd., sebagai Kepala...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65 Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2023 tingkat Kabupaten Dompu yang dilaksanakan di...

Opini

Oleh Firmansyah, S.Psi., M.MKes Remaja adalah kelompok usia yang sering menarik perhatian banyak pihak untuk mendiskusikannya. Sering bermasalah di banyak aktivitasnya membuat orang tua...