Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pemda Dompu Bangun Gerakan Berantas Deman Berdarah

Wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan ST, MT.

Dompu, Bimakini. – Upaya mencegah Deman Berdarah Dengue (DPD), Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu membuat gerakan dengan mengeluarkan instruksi.

Gerakan berupa sebuah intruksi tersebut ditandatangani Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT dengan Nomor: 800/589/DIKES/2023 pada tanggal 06 Februari 2023 tentang Gerakan Pemberantasan Penyakit Demam Berdarah (DBD).

Instruksi itu ditujukan kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah/Kades, Kepala Sekolah SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA/SMK, Direktur Rumah Sakit dan Kepala UPTD Puskesmas se Kabupaten Dompu.

Wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan, ST., MT., menyampaikan bahwa pertimbangan dikeluarkannya instruksi itu adalah meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran penyakit DBD, chikungunya dan penyakit berbasis lingkungan lainnya.

Pemda Dompu menghimbau semua pihak terkait untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran penyakit DBD, dengan melakukan hal-hal diantaranya, melaksanakan penyuluhan insentif kepada masyarakat tentang bahaya penyakit demam berdarah (DBD).

Menghimbau masyarakat agar segera berobat ke Puskesmas atau Rumah Sakit, jika mengalami sakit atau gejala panas/demam, sakit kepala, nyeri otot, mual dan nyeri ulu hati serta timbul bintik-bintik merah dikulit.

Meningkatkan partisipasi masyarakat untuk melaksanakan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara serentak setiap pekan dan berkesinambungan dengan cara 3-M dengan menguras, menutup dan mengubur barang-barang yang bisa menampung air yang dapat dipakai untuk berkembang biak nyamuk.

Upaya lainnya dengan menaburkan bubuk pembasmi jentik (abate), memelihara ikan pemakan jentik jika ada kolam, memakai kelambu dan kawat kasa pada ventilasi, menggunakan obat nyamuk (semprot, bakar dan oles), tidak menggantung pakaian kotor di dalam kamar yang dapat menjadi persembunyian nyamuk dan menghilangkan genangan air di dalam maupun di luar rumah.

“Pelaporan Harian Pasien Demam berdarah (DBD) yang dirawat oleh Rumah Sakit ke Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu” terangnya.

Selain itu, menggerakkan siswa-siswi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dalam membersihkan lingkungan sekolah terutama dalam pelaksanaan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

“Adanya optimaslisasi pelaksanaan Program DOMPU BERJASA (Jum’at Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat), melaksanakan Instruksi ini dengan penuh tanggung jawab dan melaporkan pelaksanaannya kepada Bupati Dompu,” harapnya. ADV

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Wakil Bupati Kabupaten Dompu, H Syahrul Parsan, ST, MT., menjelaskan penting adanya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa. Hal itu...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Wakil Bupati Kabupaten Dompu melantik dan mengambil sumpah untuk 55 orang jabatan pejabat fungsional dan pejabat pengawas di ruang kerja Wabup,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Dompu akan melaksanakan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kabupaten Dompu pada tanggal 10 – 16 bulan Maret...

Berita

Dompu, Bimakini. – Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Dompu memperingati Hari Lahir (Harlah) NU yang ke 1 (satu) abad tingkat Kabupaten Dompu di Ponpes...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Upaya meningkatkan penyelenggaraan pelayanan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan fungsi serta wewenang masing-masing pihak. Pemerintah Daerah...