Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Segera Daftarkan Kendaraan, Karena Transaksi Solar Se-NTB Sudah Wajib Pakai QR Code

Penggunaan Kode QR untuk pengisian BBM DI NTB segera diberlakukan.

Mataram, Bimakini.-  Setelah sukses dilaksanakan di Jawa Timur dan Bali, Pertamina Patra Niaga Area Jatimbalinus kembali melaksanakan implementasi secara menyeluruh program Subsidi Tepat untuk pembelian Biosolar dengan menggunakan QR Code.

Hal ini tentunya sangat dinantikan masyarakat setelah sosialisasi program tersebut dilakukan kepada masyarakat di wilayah Nusa Tenggara Barat sejak Agustus 2022.

Jumlah kendaraan yang telah terdaftar hingga 20 Februari 2022 sebanyak 49.840 kendaraan yang terdiri atas 16.364 kendaraan mesin diesel (solar) dan 33.530 kendaraan mesin bensin (pertalite).

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani menyampaikan perluasan pembelian Solar Subsidi dengan menggunakan QR Code di wilayah NTB mulai diterapkan pada 21 Februari 2023.

“Penerapan pembelian Solar JBT (bersubsidi) akan dilaksanakan di 10 Kota/Kabupaten se- Nusa Tenggara Barat, untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat untuk segera mendaftarkan kendaraannya,” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pada implementasi program Subsidi Tepat ini Pertamina melakukan pemeriksaan dan pencocokan data, termasuk penentuan konsumen mana yang berhak sesuai Perpres 191/2014.

“Program ini bertujuan melindungi hak masyarakat penerima subsidi,” ujar Deden.

Bagi masyarakat yang sudah mendapatkan QR Code atau sudah terdaftar di website Subsidi Tepat, bisa membeli Solar subsidi dengan volume sesuai dengan SK BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020 yakni 60 liter per hari untuk roda 4 pribadi, 80 liter per hari untuk roda 4 angkutan barang dan umum dan untuk angkutan barang dan umum roda 6 atau lebih dibatasi maksimal 200 liter per hari per kendaraan.

Sementara bagi masyarakat yang belum memiliki QR Code atau belum terdaftar akan tetap dilayani pembelian Solar subsidi namun dengan volume yang diatur yakni maksimal 20 liter/hari dan dilakukan pencatatan nomor polisi kendaraan di mesin EDC SPBU.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui 3 cara sebagai berikut:
1. Kapan saja dan dimana saja melalui website subsiditepat.mypertamina.id
2. Aplikasi MyPertamina
3. Bagi yang literasi digitalnya kurang maupun ingin berkonsultasi dapat langsung datang ke Booth Pendaftaran/Helpdesk Subsidi Tepat yang ada di SPBU terdekat.

Pertamina juga menyiagakan petugas di lebih dari 1300 booth pendaftaran yang bisa membantu masyarakat melengkapi data dan dokumen di website. Satu QR Code berlaku untuk satu kendaraan. QR Code dapat dicetak tanpa handphone untuk bertransaksi di SPBU.

Digitalisasi proses distribusi BBM merupakan syarat penugasan penyalur Subsidi oleh BPH Migas dalam Peraturan BPH No.60/61 108 tahun 2021.

“Beberapa manfaat lain antara lain antrian kendaraan berkurang, ketersediaan stok lebih terjamin dan subsidi makin tepat sasaran,” kata Deden

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Untuk mendukung kelancaran penerapan implementasi secara menyeluruh (full cycle) program Subsidi Tepat untuk pembelian jenis BBM tertentu (JBT) solar subsidi ini, Pertamina Patra Niaga Region Jatimbalinus juga melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat serta aparat kepolisian terkait di wilayah NTB.

Program ini direspon baik oleh kedua belah pihak dan menyatakan dukungannya untuk kegiatan implementasi ini berjalan lancar agar subsidi dapat tepat sasaran dan membantu mengurangi kasus – kasus penyalahgunaan BBM subsidi.

Untuk informasi seputar produk dan layanan Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Call Center Pertamina di 135. IAN

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Mulai 1 Januari 2024, pembelian LPG Tabung 3 Kg hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang telah terdata. Pengguna LPG Tabung 3...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Mengawali tahun 2024, Pertamina Patra Niaga kembali menjalankan komitmennya untuk melakukan evaluasi harga jual BBM non subsidi atau jenis bahan bakar...

Ekonomi

Jakarta, Bimakini. – Melanjutkan kerjasama antara PT Pertamina (Persero) dengan Kejaksaan Republik Indonesia dalam memastikan kelancaran Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tertuang dalam Memorandum...

Peristiwa

Lombok Tengah, Bimakini.-  Komitmen dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR), PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) BIL...

Ekonomi

Mataram, Bimakini.- Kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Mina Tenun, di Desa Sukarara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat binaan PT Pertamina Patra Niaga...